Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Merawat Dan Mengenal Gejala Kerusakan Kompresor AC

WikiKomponen.com – Cara Merawat Dan Mengenal Gejala Kerusakan Kompresor AC. Ciri-ciri kerusakan sebuah AC adalah tidak dinginnya AC. Penyebab kondisi demikian salah satunya adalah kerusakan pada bagian kompresor. Hal ini karena komponen tersebut bertugas untuk mengkompress freon agar kembali dapat mendinginkan ruangan.

Cara Merawat Dan Mengenal Gejala Kerusakan Kompresor AC

Cara Merawat Dan Mengenal Gejala Kerusakan Kompresor AC

Disaat kompresor mengalami kerusakan, AC tidak hanya tidak mampu mendinginkan ruangan, bahkan sebaliknya udara yang tertiup dari indoor unit bahkan bisa menjadi panas. Hal ini terjadi karena fungsi dari freon yang seharusnya didaur ulang melalui proses kompresi agar panas dapat dilepaskan secara cepat di outdoor unit tidak terjadi.

Ads Metta3

Ciri-ciri Dan Gejala Kerusakan Kompresor

Terdapat beberapa tanda-tanda dan gejala sebuah kompresor mengalami kerusakan. Kompresor rusak tidak harus berupa mati totalnya sebuah kompresor, tetapi dapat juga berupa penurunan kinerja kompresor.

Gejala tersebut antara lain:

  • Bunyi Berisik
  • Motor Kompresor Terbakar
  • Kerusakan Klep Atau Katup

Bunyi Berisik

Kompresor dapat mengeluarkan suara yang tidak normal seperti dengung maupun suara berisik apabila terjadi gangguan pada motornya. Gangguan tersebut dapat disebabkan oleh karena terjadi kerusakan pada penggerak kompresor maupun komponen pendukung.

Salah satu komponen pendukung yang menyebabkan bunyi keras ataupun gangguan pada kompresor adalah kapasitor. Kapasitor yang mengalami kerusakan dapat menyebabkan kompresor bergerak tidak normal, sehingga menyebabkan timbulnya bunyi.

Penyebabnya bisa karena pelumasan yang tidak sempurna karena AC jarang dihidupkan ataupun karena terjadi aus pada rotor dan piston.

Motor Terbakar

Ciri-ciri motor kompresor terbakar adalah ampernya saat diukur menunjukkan amper tinggi dari kerja normal. Terbakarnya kompresor dapat disebabkan oleh karena tekanan compressor yang terlalu tinggi, tegangan listrik naik turun atau sering mati mendadak, serta penggunaan yang terus-menerus.

Kerusakan Klep Atau Katup

Katup yang tidak menutup sempurna dapat menyebabkan menurunnya kommpresi. Klep tersebut dapat diperbaiki dengan cara melalukan penyetelan agar buka tutup kembali sempurna. Caranya dengan membersihkan kotoran yang menempel di klep dan penyetelan.

Kompresor merupakan komponen yang paling mahal di dalam sebuah AC pendingin. Karena itu, sebelum mengganti komponen tersebut, pastikan untuk memeriksa dengan seksama agar tidak salah mengganti komponen. Pelajari lebih lanjut tentang cara merawat dan mengenal gejala kerusakan kompresor AC sebelum menangani komponen tersebut.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *