Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Mengukur Pin Out Kaki Terminal IC Op Amp 4558

WikiKomponen.com – Cara Mengukur Pin Out Kaki Terminal IC Op Amp 4558. IC Pre-Amp, tone control, aktif crossover, subwoofer serta bass booster ini banyak ditemukan dengan kode JRC4558, NE4558, LM4558 dan beberapa merk lain. IC ini dijual dengan harga yang relatif murah dan sangat mudah ditemukan di pasaran.

Cara Mengukur Pin Out Kaki Terminal IC Op Amp 4558

Jika ada sebuah peralatan Tone control atau bahkan filter audio yang rusak, maka biasanya para pecinta elektronik akan langsung berkesimpulan kerusakan terjadi pada bagian ini. Akibatnya, jalan pintas tercepat adalah dengan mengganti semua IC Op-Amp yang ada dalam rangkaian dengan IC baru.

Hal ini tidaklah aneh karena memang dalam sebuah rangkaian pre amp maupun filter yang disebutkan di atas tidak banyak komponen selain IC, resistor, kapasitor dan beberapa buah transistor. Selain itu tentu saja terdapat juga sebuah power supply yang bertugas mengalirkan arus ke rangkaian tersebut. Selain itu, tentu saja harga IC ini relatif murah, sehingga pengguna biasanya tidak keberatan mengganti IC tanpa perlu mengetahui IC mana yang rusak.

Ads Metta3

Namun, kali ini kita akan lebih mengenal isi dari IC ini, sehingga diharapkan setelah membaca artikel ini, pembaca akan memahami cara mengukurnya selain dengan cara bar-bar seperti yang disebutkan di atas. Sebelum membedah isi IC tersebut, ada baiknya kita mereview ulang berbagai aspek yang berhubungan dengan IC tersebut.

Skema IC 4558

Berikut ini merupakan skema IC 4558 sebagai petunjuk  cara mengukur Pin Out kaki terminal IC Op Amp 4558 secara tepat

Cara Mengukur Pin Out Kaki Terminal IC Op Amp 4558

Fungsi Dan Aplikasi IC Op Amp 4558

Seperti yang dijelaskan di atas, IC 4558 merupakan sebuah IC operation amplifier. Maksud dari penguat operasional atau op amp adalah perangkat linier yang memiliki semua properti yang diperlukan untuk amplifikasi DC dan karena itu digunakan secara ekstensif dalam pengkondisian sinyal, filter atau untuk melakukan operasi matematika seperti menambah, mengurangi, integrasi dan diferensiasi.

Penguat Operasional, atau op-amp untuk jangka pendek, pada dasarnya adalah alat penguat tegangan yang dirancang untuk digunakan dengan komponen feedback yang terdiri dari resistor dan kapasitor antara output dan terminal inputnya.

Komponen umpan balik ini menentukan fungsi yang dihasilkan atau operasional dari penguat dan berdasarkan konfigurasi umpan balik yang berbeda apakah resistif, kapasitif atau keduanya, penguat dapat melakukan berbagai operasi yang berbeda. Karena itulah IC ini disebut sebagai  Operasional Amplifier

IC ini banyak sekali dipergunakan untuk audio antara lain:

  • Tone Control
  • Aktif Crossover
  • Skema Penguat Audio Kecil
  • Skema Rangkaian Subwoofer

Tegangan IC RC 4558

Komponen ini disupplay dengan voltase sebesar 15VDC +/-. Voltase tersebut umumnya diperoleh dengan cara regulasii menggunakan IC regulatar sebelum disalurkan ke rangkaian. Dalam gambar, kita dapat melihat bahwa supply voltase terdapat pada kaki…………

Cara Mengecek IC 4558 Menggunakan Multitester

Cara yang paling mudah adalah mengukur voltase input untuk mensupply IC tersebut. Caranya adalah mengukur voltase tepat pada kaki supply. Bila mengalami kerusakan, maka voltase pada bagian supply voltase akan mengalami drop hingga di bawah 12 Volt. Walaupun demikian, untuk memastikan kerusakan bukan berasal dari power supply, sebaiknya dilakukan juga pengukuran dengan kondisi power supply terlepas dasri rangkaian sebelum masuk ke IC sesuai.

IC tersebut dapat bekerja walaupun voltase supply di bawah 7VDC, sehingga perlu dipastikan bahwa voltase yang terukur bukan karena mengalami drop, tetapi memang power supplynya memiliki voltase kecil.

Kondisi demikian perlu dicurigai terjadi kerusakan pada power supply karena tidak biasanya voltase supply menggunakan voltase kecil yang sebenarnya dapat disupply hingga maksimal 15VDC

Harga Jual IC 4558

IC 4558 dijual dengan harga yang relatif murah.  Umumnya berkisar antara Rp. 1000 hingga Rp. 3000. Umunya IC ini dapat diperoleh di berbagai toko komponen elektronik dengan ciri khas rak komponen yang terpasang di dinding toko. Walaupun demikian, terdapat banyak sekali merk yang dijual. Hal ini bukanlah sebuah masalah. Jadi jangan ragu untuk membeli merk yang berbeda sebagai pengganti.

Merk yang banya terdapat di pasaran dapat ditulis dengan merk LM4558, NE4555, JRC4558, Atau RC4558, UPC4558 dan sebagainya.

Persamaan Atau IC Pengganti IC 4558

IC 4558 dapat diganti dengan IC TL072 atau sejenisnya seperti LM358. IC TL072 ini merupakan versi low noisenya. TL072 dapat bekerja mulai 7VDC hingga maksimal 15VDC. Cara mengukur Pin Out kaki terminal IC Op Amp 4558 hanya dapat dilakukan bila mengetahui pin yang harus di ukur secara tepat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *