Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Menghitung Biaya Produksi Injeksi Plastik

WikiKomponen.com Cara Menghitung Biaya Produksi Injeksi Plastik. Harga jual setiap produk harus dihitung sebelum diluncurkan ke pasar. Untuk dapat menghitungnya, diperlukan pengetahuan dasar tentang proses produksi sebelum mengetahui faktor apa yang harus disertakan dalam perhitungan harga jual.

Sebelumnya kita sudah melihat penjelasan singkat tentang prinsip kerja mesin injeksi. Dan dalam kesempatan kali ini kita akan mempelajari lebih lanjut tentang komponen apa saja yang disertakan dalam perhitungan harga jual setiap produk injeksi sebelum diluncurkan ke pasar.

Dengan memahami bagian ini, diharapkan akan mampu untuk mengikuti perhitungan secara akurat biaya produksi yang akan dibahas pada bagian lanjutan.

Cara Menghitung Biaya Produksi Injeksi Plastik

Cara Menghitung Biaya Produksi Injeksi Plastik

Ads Metta3

Cara Menghitung Biaya Produksi Injeksi Plastik

Terdapat beberapa komponen dalam perhitungan biaya produksi dan harga jual untuk injeksi plastik. Harga tersebut dapat saja dipergunakan oleh produsen maupun seorang purchaser untuk memperkirakan harga pembelian komponen atau bahkan untuk mendukung perhitungan biaya produk baru yang sedang dirancang oleh bagian R&D.

Komponen Biaya Utama Produk Injeksi

Biaya Cetakan

Biaya cetakan merupakan biaya yang paling besar yang harus dikeluarkan saat melakukan pembelian komponen plastik. Harga cetakan dapat berkisar puluhan juta hingga ratusan juta berdasarkan besar kecilnya cetakan. Namun kali ini kita tidak akan membahas cara menghitung biaya pembuatan cetakan. Cara menghitung biaya produksi injeksi plastik kali ini hanya akan membatasi untuk dapat memperkirakan biaya pada produknya terlebih dahulu. Sedangkan cara perhitungan biaya pembuatan cetakan akan dibahas lebih lanjut pada artikel berikutnya.

Biaya cetakan seperti yang telah disebutkan di atas sangat tergantung pada 2 hal yaitu :

  • Besar kecil produk. Artinya semakin besar suatu produk, maka harga yang dikeluarkan untuk biaya cetakan akan semakin mahal.
  • Jumlah “ Cavity atau Ups “. Artinya semakin banyak hasil yang dihasilkan dalam satu cycle time, semakin mahal harga cetakan. Jumlah Cavity yang akan dibuat harus mempertimbangkan tentang kapasitas produksi komponen tersebut, kebutuhan atau kemampuan cetakan untuk memenuhi kebutuhan produksi, serta efisiensi harga.

    Cara Menghitung Biaya Produksi Injeksi Plastik

    Cetakan 4 Cavity -Cara Menghitung Biaya Produksi Injeksi Plastik

Biaya Cycle Time Atau Biaya Waktu Produksi

Yang dimaksud dengan Cycle Time adalah waktu yang dibutuhkan untuk satu kali tutup buka cetakan. Sebelumnya sudah kita pernah bahas tentang proses produksi mesin injeksi. Saat cetakan dibuka hingga sebelum dibuka kembali itulah yang disebut dengan cycle time.

Semakin panjang cycle time, semakin tinggi pula biaya yang harus dikeluarkan untuk sebuah produk injeksi.

Biaya Material Atau Material Cost

Material cost atau biaya material terdiri dari 2 komponen utama yaitu:

  • Material Produk. Material produk adalah material plastik yang dapat dihitung dengan menimbang berat komponen hasil produksi tersebut.
  • Runner Material. Material tersebut merupakan material yang terdapat pada ujung cetakan yang nantinya akan menjadi sampah atau dapat juga diperhitungkan sebagai bahan daur ulang tergantung perjanjian.
  • Material Rugi Atau Rusak. Biasanya selalu akan terdapat hasil cetakan yang tidak sempurna yang harus didaur ulang. Jumlah kerusakan tersebut akan masuk dalam biaya produksi material.

Biaya Ongkos Kerja

Karyawan yang menangani proses produksi, petugas administrasi pengiriman, petugas packing, operator, hingga seluruh biaya yang berhubungan langsung dengan pengiriman harus dimasukan sebagai biaya produksi. Cara perhitungan untuk biaya tenaga kerja dapat dihitung dengan total orang dan jam kerja yang terlibat dalam proses produksi dibagi dengan jumlah hasil produksi.

Biaya Perawatan Cetakan

Komponen lain yang harus turut diperhitungkan adalah biaya perawatan cetakan. Umumnya yang harus melakukan perhitungan ini adalah pabrik atau pemilik cetakan.

Biaya Pembungkusan Atau Packaging.

Biaya ini timbul saat memerlukan pembelian kardus, plastik, tali serta biaya lain yang berhubungan dengan pembungkusan hasil produksi sebelum dikirim. Untuk kardus, dapat dilakukan perhitungan sekali pakai ataupun pemakaian ulang kardus sesuai dengan perjanjian.

Bukan mustahil bahwa kardus yang dipergunakan untuk membungkus komponen tersebut dapat dipergunakan kembali dengan cara dikembalikan ke pabrik.

Profit Atau Keuntungan

Keuntungan adalah salah satu komponen harga jual yang harus diperhitungkan dalam perhitungan harga jual produk apapun.

Harga Jual Produk.

Dengan mengetahui seluruh komponen di atas, ditambah dengan keuntungan yang ingin dibebankan, maka akan didapatlah harga jual yang tepat.

Dari seluruh komponen biaya di ataslah, harga suatu produk dihitung. Cara menghitung biaya produksi injeksi plastik di atas hanyalah membahas komponen yang akan disertakan. Sedangkan secara terperinci cara menghitungnya akan dibahas pada bagian yang terpisah.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *