Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Menghindari Bahaya Tersengat Listrik Flyback TV

WikiKomponen.com – Bila anda adalah seorang teknisi elektronik pemula, sebaiknya baca dulu tentang cara menghindari bahaya tersengat listrik Flyback TV sebelum anda memulai memperbaiki televisi.

Cara Menghindari Bahaya Tersengat Listrik Flyback TV

Ternyata seorang teknisi elektronik yang jago dalam amplifier belum tentu bisa memperbaiki TV lho. Hal ini bukan suatu hal yang aneh karena memang terdapat beberapa perbedaan khususnya bagi teknisi yang selama ini belajar melalui jalur otodidak.

TV memiliki beberapa komponen yang berbeda dengan elektronik audio pada umumnya antara lain bagian voltase tingginya.

Ads Metta3

Beberapa komponen yang menerapkan voltase tinggi antara lain tabung dan flyback. Kedua komponen ini menggunakan voltase yang sangat tinggi untuk dapat bekerja. Jadi jangan coba-coba untuk menyentuhnya dengan tangan kosong seperti yang sering anda lakukan pada papan PCB audio.

Komponen Flyback.

Komponen ini mampu menghasilkan listrik hingga ribuan volt. Pastikan mematikan listrik sebelum anda menyentuh jalur yang dilalui oleh komponen tersebut. Menyentuhnya dapat menyebabkan bahaya bahkan kematian. Untuk itu, lupakan untuk mencoba memperbaiki TV sebelum mengetahui hal ini.

Cara Menghindari Bahaya Tersengat Listrik Flyback TV

Komponen Tabung TV

Tabung TV mampu menyimpan listrik dalam jangka waktu lama. Walaupun TV sudah dimatikan berhari-hari atau bahkan berbulan-bulan, tabung ternyata mampu menyimpan listrik yang cukup besar untuk membuat anda terkaget-kaget.

Sebuah tabung TV yang masih dalam keadaan baik mampu menyimpan listrik dari flyback cukup lama. Sehingga jangan berpikir untuk menyentuhnya hanya karena sudah dicabut dari listrik pln.

Cara Membuka Flyback Dari Tabung

Agar pekerjaan lebih leluasa, ada baiknya memang kalau PCB utama dapat dilepaskan terlebih dahulu dari tabung.

Namun sebelum melepaskannya, anda wajib membuang terlebih dahulu listrik yang masih tersimpan di dalam tabung sebelum melepas kait flyback dari lubang tabung.

Caranya dapat dilakukan dengan menggunakan kabel tester. Lepaskan pin kabel tester dari lubang socket tester. Lalu pasanglah pada heatsink yang memiliki lubang pada TV sehingga terpasang dengan cukup kontak.

Sedangkan ujung jarum ditusukkan ke dalam lubang tabung melalui karet penutup flyback. Ingat, lakukan hal ini dalam kondisi listrik sudah dicabut dari PLN.

Jika sudah berhasil menyentuh bagian pin karet penutuh flyback, biasanya anda akan mendengar bunyi letupan kecil dari listrik. Biasanya juga anda dapat merasakan getaran dari letupan arus tersebut di sekitar pegangan jarum prob.

Itu artinya listrik sudah terbuang. Pastikan untuk menyentuhnya lebih jauh menggunakan jarum tester tersebut hingga muatan dalam tabung benar-benar bersih terbuang melalui kabel menuju ground.

Sekarang penutup flyback sudah dapat dilepas dengan cara menekan ke satu sisi agar kait terlepas. Demikianlah cara menghindari bahaya tersengat listrik Flyback TV . Selamat mencoba.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *