Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Menghemat Batere Pada HP Android

WikiKomponen.comCara Menghemat Batere Pada HP Android. Kecepatan perkembangan software dan hardware jauh melampaui kecepatan perkembangan teknologi batere. Itu sebabnya, sebagian fiture canggih bahkan belum dapat diterapkan pada peralatan portabel yang menuntut tempat yang kecil dengan kapasitas penyimpanan yang besar. Itulah sebabnya HP yang saat ini dapat ditemukan di pasaran sering kali membuat batere hanya mampu bertahan hanya beberapa jam.

Cara Menghemat Batere Pada HP Android

Cara Menghemat Batere Pada HP Android

Cara Menghemat Batere Pada HP Android

Untuk dapat menghemat pemakaian batere pada HP, sebenarnya tidak ada software yang benar-benar berfungsi. Kalaupun ada, peranan software tersebut hanya membantu mengatur memberikan opsi untuk mematikan sebagian software saja. Tanpa menggunakan bantuan software tertentu pun kita dapat melakukan penghematan terhadap batere dengan mengatur ulang semua fungsi pada HP.

Ads Metta3

Berikut ini beberapa tips yang dapat benar-benar menghemat penggunaan batere hingga dapat bertahan lebih lama.

Mengatur Ulang Brightness Layar.

Tingkat cahaya pada layar dapat dilayar dengan menggeser sebuah slider pada layar. Aturlah pada tingkat brightness yang cukup nyaman untuk mata. Kemudian nyalakan fitur otomatis untuk membantuk kita menurunkan atau menaikan tingkat kecerahan layar dalam kondisi yang berbeda.

Tingkat kecerahan menduduki posisi tertinggi dalam mengkonsumsi tenaga batere. Cobalah untuk menyetel tingkat kecerahan hingga posisi tertinggi hingga terendah untuk membandingkan penggunaan batere kedua settingan tersebut.

Setting Timeout Layar.

Semua peralatan HP berbasis Android memiliki opsi settingan tersebut. Bahkan yang berbasis windows dan lainnya. Cobalah menghidupkan opsi tersebut. Sering kali opsi tersebut tidak dihidupkan, sehingga saat meninggalkan HP di meja, layar akan tetap menyala hingga kita kembali. Hal ini tentu saja dapat menguras batere. Idealnya, display time out dapat diset pada 1 menit. Padukan dengan menyalakan opsi pendeteksi mata. Opsi tersebut memiliki kemampuan untuk mendeteksi keberadaan mata kita saat kita menatap layar. Sehingga layar tidak berubah gelap selama kita masih menatap layar, dan segera redup dalam waktu 1 menit atau sesuai settingan jika tidak lagi menatap layar.

Pergunakan Wifi.

Saat ini penggunaan data semakin meningkat seiring dengan perkembangan komunikasi via Facebook, whatsup, BBM, Line, dan sebagainya. Semua software yang disebutkan di atas dapat berfungsi hanya dengan mengandalkan Wifi tanpa memerlukan signal jaringan.

Jika terdapat Wifi, dianjurkan menggunakan Wifi untuk penggunaan data. Penggunaan data melalui jaringan sangat menguras batere dalam kondisi signal kurang bagus atau jaringan tidak ada. Jika jaringan memang sedang dalam keadaan jelek, matikan jaringan.

Hapus Program Game Yang Terus Menerus Memberikan Notifikasi.

Ada beberapa game yang terus menerus memberikan nofikasi karena berjalan di belakang layar. Untuk mematikannya, matikan mode background dengan menggunakan software penghemat batere atau dapat juga dilakukan dengan manual melalui file manager. Jika tidak diperlukan, sebaiknya di Uninstall.

Mematikan Opsi GPS Dapat Menghemat Batere

Kendati tidak menggunakan pulsa, GPS ternyata sangat menguras batere. Matikan jika tidak dipergunakan. Tutuplah aplikasi ini secara tuntas. Jangan biarkan berjalan dibelakang layar atau tetap berada dalam posisi hidup. Untuk memastikannya, dapat menekan tombol tengah pada Samsung Galaxy S4. Jika masih terlihat dalam tumpukan software yang terbuka, cobalah untuk matikan dengan mengeser layar ke sebelah kanan dengan jari. Jika terlalu banyak, dapat juga lakukan restart

Hidupkan Opsi Mode Penghematan Batere

Opsi tersebut disiapkan sebagai opsi bawaan dari pesawat berbasis Android. Pergunakan mode tersebut dapat membantu menghemat listrik. Cara menghemat batere pada HP Android dapat dipadukan secara bersamaan. Selalu matikan opsi yang tidak diperlukan.

Baca Juga Artikel :

No Responses

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *