Cara Mengetahui Polaritas Adaptor Atau Power Supply

Cara Mengetahui Polaritas Adaptor Atau Power Supply

WikiKomponen.comCara Mengetahui Polaritas Adaptor Atau Power Supply. Sebuah catu daya DC untuk laptop, playstation, modem, ataupun alat elektronik lainnya sangat memerlukan supply yang sesuai baik dari segi voltase, ampere, jenis plug serta polaritasnya untuk dapat dipergunakan.

Namun, pemasangan polaritas yang salah pada sebuah alat elektronik akan langsung merusak rangkaian elektronik serta berbahaya, kecuali pada peralatan tertentu yang menggunakan pengaman polaritas.

Untuk menghindari hal tersebut terjadi pada peralatan elektronik, maka terdapat beberapa cara yang dapat dipergunakan untuk mengetahui polaritasnya.

Cara Mengetahui Polaritas Adaptor Atau Power Supply

Terdapat beberapa cara untuk mengetahui polaritas sebuah power supply atau adaptor. Cara tersebut antara lain dengan :

  • Menggunakan Multitester
  • Melihat Indikator Pada Adaptor

Menggunakan Multitester.

Pada peralatan adaptor ataupun power supply , tentu bukan masalah jika menggunakan multitester untuk mengukur adaptor tersebut. Caranya adalah dengan menempatkan probe merah pada bagian tengah jack DC, kemudian probe hitam di bagian pinggir jack adaptor.

Jika jarum multi tester bergerak menuju ke arah positif tertentu, maka polarita sudah sesuai dengan penempatan probe yakni tengah positif dan pinggir negatif.

Sebaliknya jika jarum tester malah bergerak menujuh ke arah minus, segera lepaskan pengukuran. Polaritas yang seharusnya adalah bagian tengah negatif, dan bagian pinggir positif.

Melihat Indikator Pada Adaptor.

Setiap adaptor yang memenuhi standar akan menempatkan sebuah label yang menunjukan polaritas dari koneksi adaptor. Dengan mengetahui tanda dan arti dari tanda tersebut, maka kita dapat mengetahui polaritas alat atau adaptor tersebut dengan pasti.

Cara Mengetahui Polaritas Adaptor Atau Power Supply
Cara Mengetahui Polaritas Adaptor Atau Power Supply

Pada kasus adaptor atau power supply yang rusak, adalah mustahil untuk mengukur menggunakan multi tester, sehingga mengetahui tanda pada adaptor tersebut merupakan satu-satunya cara untuk mengetahui polaritas yang seharusnya, sehingga kita akan dengan mudah menemukan adapator pengganti yang dapat dipergunakan.

Jika cara mengetahui polaritas adaptor atau power supply seperti di atas tidak memungkinkan, maka cara lain adalah menemukan indikator pada peralatan. Peralatan biasanya juga mencantumkan polaritas serta koneksi yang seharusnya dipergunakan pada adaptor.

Author: Wikikomponen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.