Cara Mengetahui Elco Asli Atau Palsu Dan Tip Mengukurnya

Cara Mengetahui Elco Asli Atau Palsu Dan Tip Mengukurnya

WikiKomponen.comCara Mengetahui Elco Asli Atau Palsu Dan Tip Mengukurnya. Membedakan elco asli dapat dari ukurannya, nilai kapasitasnya, serta pengetesan voltasenya. Namun, pemalsu lihai kini mampu mengganti kaleng elco palsu dengan ukuran yang lebih besar dan semirip mungkin dengan ukuran elco asli. Akibatnya semakin sulit untuk membedakan elco asli dan palsu.

Cara Mengetahui Elco Asli Atau Palsu Dan Tip Mengukurnya
Cara Mengetahui Elco Asli Atau Palsu Dan Tip Mengukurnya

Cara Mengetahui Elco Asli Atau Palsu Dan Tip Mengukurnya

Elco yang saat ini banyak dipalsukan adalah elco dengan ukuran besar. Alasannya karena elco jenis ukuran besar ini harganya cukup mahal, sehingga memberikan keuntungan yang lumayan jika dipalsukan. Untuk itu terdapat sedikit perbedaan antara cara mengukur elco kecil dan ukuran besar yang perlu dilakukan.

Umumnya elco kecil jarang dipalsukan. Namun, elco jenis ini lebih banyak dijual jenis rejectnya karena ditiru kurang menguntungkan. Harga elco kecil biasanya sangat murah. Untuk memeriksa elco jenis ini yang paling penting dilakukan adalah fungsi pembuangan elco tersebut.

Ads Metta3

Sedangkan pada elco besar, pembeli harus ekstra hati-hati. Terdapat beberapa tips untuk mengetahui secara pasti suatu elco asli atau palsu. Bahkan cara-cara tersebut sangat dianjurkan untuk dilakukan secara keseluruhan untuk mengetahui dengan pasti keaslihan elco tersebut.

Melihat Ukuran Bodi Elco

Ukuran body elco biasanya lebih tidak terlalu kecil jika dibandingkan dengan ukuran merek lain. Jika menemukan ukuran elco kapasitas besar, tetapi bodinya sangat kecil, maka bisa dipastikan elco tersebut palsu. Untuk memastikannya lakukan pengujian dengan peralatan LCR dan aplikasi langsung.

Mengukur Elco Dengan LCR Meter

LCR meter mampu mengukur nilai kapasitor dengan cukup akurat. Umumnya kapasitor yang beredar di pasaran memiliki toleransi hingga 20%. Biasanya nilai yang terukur tidak lebih rendah maksimal 20% dari nilai yang tertulis pada casingnya. Jika memiliki nilai kapasitas yang lebih dari 20%, maka dapat dipastikan kapasitor tersebut merupakan kapasitor palsu.

Test Aplikasi Kapasitor Elco.

Cara tersebut berguna untuk mengetahui keaslihan voltasenya. Kapasitor palsu sering menggunakan kapasitor yang memiliki voltase lebih rendah untuk dipalsukan. Standard elco yang umum adalah 50 Volt, 63 Volt, 80 Volt, 100 Volt, 160 Volt, 250 Volt dan seterusnya. Umumnya kapasitor yang mempunyai voltase besar lebih mahal dibandingkan dengan yang voltasenya lebih kecil walaupun ukuran kapasitornya sama.

Lakukan percobaan pemasangan langsung ke peralatan dengan voltase yang mendekati voltase yang tertulis pada kapasitor. Misalnya elco 80Volt harus tahan minimal terhadap voltase hingga 60-70 Volt. Jangan menggunakan voltase 50 Volt untuk mengetest, karena bisa jadi elco yang dipergukanan untuk memalsukan elco 80 volt merupakan elco dengan voltase yang 50 volt yang kebetulan masih tahan terhadap voltase kerjanya.

Harga Yang Terlalu Murah

Umumnya elco yang terlalu murah patut dicurigai sebagai elco palsu. Elco murah menyebabkan kita perlu menyiapkan ruang casing lebih luas dan biaya lebih mahal dibandingkan dengan menggunakan elco asli.

Perbandingan antara biaya dengan menggunakan elco palsu dan elco asli cukup signifikan. Bila menggunakan elco palsu akan membuat kita terpaksa menggunakan lebih banyak buah elco dibandingkan jika kita menggunakan elco yang asli.

Minta Laporan Pengetesan Elco

Umumnya elco yang berasal dari pabrik resmi memiliki laporan pengetesan. Laporan tersebut dapat diminta kepada penjual berupa fotokopi. Bahkan beberapa pabrik bersedia memberikan hasil pengetesan atas elco yang dibeli jika anda membelinya dalam jumlah banyak.

Cara mengetahui elco asli atau palsu dan tip mengukurnya sangat membantu saat kualitas produk ingin diutamakan. Lakukan kelima test tersebut di atas secara bersamaan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Baca Juga Artikel :

Author: Wikikomponen

2 thoughts on “Cara Mengetahui Elco Asli Atau Palsu Dan Tip Mengukurnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *