Cara Mengatur dan Menurunkan Voltase Arus DC

Menurunkan Tegangan Arus DC atau VDC Menggunakan Resistor dan Zener

Bila anda bertanya kepada orang-orang elektronika, bagaimana cara mengatur dan menurunkan voltase arus DC menggunakan resistor, zener, IC, transistor atau IGBT, agar sesuai dengan kebutuhan, maka jawabannya biasanya sangat beragam, tetapi secara umum sebenarnya skemanya hampir sama.

Berikut ini merupakan beberapa Cara Mengatur dan Menurunkan Voltase Arus DC yang dihasilkan agar sesuai dengan kebutuhan kita, misalnya 15VDC ke 12VDC atau 11VDC, 9VDC, 8VDC, 5VDC, 3VDC dsb.

  • Menurunkan Tegangan Arus DC atau VDC menggunakan Resistor
  • Menurunkan tegangan Volt DC menggunakan resistor dan dioda zener
  • Menurunkan tegangan menggunakan IC Regulator

Menurunkan Tegangan Arus DC atau VDC Menggunakan Resistor

Banyak yang mengatakan resistor tidak mampu menurunkan tegangan karena hanya bersifat menurunkan arus saja. Itu tidaklah tepat. Resistor mampu untuk menurunkan tegangan dengan sangat mudah.

Ads Metta3
Cara Mengatur dan Menurunkan Voltase Arus DC

Yang perlu diketahui adalah menurunkan tegangan dengan resistor dapat dilakukan apabila beban yang akan dipasang tidak terlalu besar. Sebuah resistor yang dipasang secara seri akan mampu menurunkan voltase sesuai dengan selera.

Pilihlah nilai resistor yang sesuai agar diperoleh penurunan voltase yang memadai untuk keperluan. Misalkan untuk pemasangan lampu LED, pemasangan Voltmeter charger aki, serta berbagai aplikasi yang tidak memerlukan arus yang terlalu besar.

Cobalah menggunakan berbagai nilai resistor hingga diperoleh voltase yang dikehendaki.

Menggunakan Resistor dan Dioda Zener

Cara ini merupakan cara legal atau cara yang lebih aman. Rangkaian ini tidak hanya menurunkan tegangan, tetapi sebagai regulator agar voltase sesuai dengan voltase zener terpasang.

Pergunakan nilai zener yang sesuai untuk memperoleh voltase yang sesuai dengan yang dibutuhkan.

Menurunkan Tegangan Arus DC atau VDC Menggunakan Resistor dan Zener

Menurunkan tegangan menggunakan IC Regulator

Gambar skema pemasangan regulator bagian Menurunkan tegangan menggunakan IC Regulator

Menggunakan IGBT

IGBT merupakan salah satu pilihan terbaik untuk dijadikan pengatur voltase arus DC. IGBT mampu mengatur arus voltase secara linear, sehingga sangat presisi,

Saat ini, banyak sekali rangkaian IGBT yang bisa ditemukan di google. Bahkan banyak toko elektronik yang menjual regulator jenis ini. Hal ini tentu saja sangat membantu.

Bagi pemula, tidak perlu lagi banyak berpikir untuk merancang menggunakan PCB titik atau membuat PCB. Cukup beli unit yang sudah jadi berupa kit.

Author: Wikikomponen

4 thoughts on “Cara Mengatur dan Menurunkan Voltase Arus DC

  1. Saya akan membuat Power Supply menggunakan trafo..
    rencananya output nya maks 24 volt dengan arus 80 Ampere.
    apakah menyediakan trafo dengan kemmapuan arus 80A…. tks

    1. Kami sendiri tidak menjual komponen elektronik. Tapi bapak bisa menghubungi produsennya yang menjual secara online . Silakan cari di google dengan pencarian produsen trafo di
      tanggerang

  2. Mau tanya kl bikin powee suply pake trafo 10a 18volt dikasih dioda brigde+elko 2buah 10000uf/80volt yg diparalel. Keluaran jd 22volt sedang yg sy butuhkan cm 15-16volt kira2 as pa yg perlu dirubah? Trmksh

    1. Jika menggunakan kapasitor, sebaiknya trafo mmenggunakan 15 volt saja. Tapi jika tidak ada piiliann, dan beban cukup besar, 22volt biasanya akan menurun setelah dibebankan dengan beban. Perhatikan apakah perbedaan beberapa volt sensitif untuk peralatan yang akan dipakai. Jika tidak silakan dipakai. Cara lain yaitu dengan menggunakan pengatur voltase. Cara sederhananya dengan menggunakan dimmer 500w sudah bisa menurunkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *