Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Mengatur dan Menurunkan Voltase Arus DC

Bila anda bertanya kepada orang-orang elektronika, bagaimana cara mengatur dan menurunkan voltase arus DC menggunakan resistor, zener, IC, transistor atau IGBT, agar sesuai dengan kebutuhan, maka jawabannya biasanya sangat beragam, tetapi secara umum sebenarnya skemanya hampir sama.

Berikut ini merupakan beberapa Cara Mengatur dan Menurunkan Voltase Arus DC yang dihasilkan agar sesuai dengan kebutuhan kita, misalnya 15VDC ke 12VDC atau 11VDC, 9VDC, 8VDC, 5VDC, 3VDC dsb.

  • Menurunkan Tegangan Arus DC atau VDC menggunakan Resistor
  • Menurunkan tegangan Volt DC menggunakan resistor dan dioda zener
  • Menurunkan tegangan menggunakan IC Regulator

Menurunkan Tegangan Arus DC atau VDC Menggunakan Resistor

Banyak yang mengatakan resistor tidak mampu menurunkan tegangan karena hanya bersifat menurunkan arus saja. Itu tidaklah tepat. Resistor mampu untuk menurunkan tegangan dengan sangat mudah.

Ads Metta3
Menurunkan Tegangan Arus DC atau VDC Menggunakan Resistor

Yang perlu diketahui adalah menurunkan tegangan dengan resistor dapat dilakukan apabila beban yang akan dipasang tidak terlalu besar. Sebuah resistor yang dipasang secara seri akan mampu menurunkan voltase sesuai dengan selera.

Pilihlah nilai resistor yang sesuai agar diperoleh penurunan voltase yang memadai untuk keperluan. Misalkan untuk pemasangan lampu LED, pemasangan Voltmeter charger aki, serta berbagai aplikasi yang tidak memerlukan arus yang terlalu besar.

Cobalah menggunakan berbagai nilai resistor hingga diperoleh voltase yang dikehendaki.

Menggunakan Resistor dan Dioda Zener

Cara ini merupakan cara legal atau cara yang lebih aman. Rangkaian ini tidak hanya menurunkan tegangan, tetapi sebagai regulator agar voltase sesuai dengan voltase zener terpasang.

Pergunakan nilai zener yang sesuai untuk memperoleh voltase yang sesuai dengan yang dibutuhkan.

Menurunkan Tegangan Arus DC atau VDC Menggunakan Resistor dan Zener

Menurunkan tegangan menggunakan IC Regulator

Gambar skema pemasangan regulator bagian Menurunkan tegangan menggunakan IC Regulator

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *