Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Mengatasi Trafo Panas Dan Bergetar Berlebihan

WikiKomponen.comCara Mengatasi Trafo Panas Dan Bergetar Berlebihan. Penyebab terbakar atau hangusnya trafo bisa saja disebabkan oleh masalah sepele. Salah satunya adalah karena panas dan getaran yang berlebihan pada komponen tersebut.

Cara Mengatasi Trafo Panas Dan Bergetar Berlebihan

Cara Mengatasi Trafo Panas Dan Bergetar Berlebihan

Cara Mengatasi Trafo Panas Dan Bergetar Berlebihan

Terdapat banyak sekali penyebab sebuah trafo panas dan bergetar berlebihan. Apa saja yang menjadi penyebabnya ? Berikut ini beberapa penyebab yang sering menimbulkan masalah tersebut beserta cara mengatasinya.

Ads Metta3

Beberapa hal utama yang sering mengganggu pada sebuah trafo adalah getaran dan panas yang berlebihan pada trafo saat dipergunakan. Kedua gangguan tersebut tidak dapat diremehkan dan dibiarkan walaupun pada penggunaan untuk hal tertentu tidak banyak mengganggu.

Gangguaan yang tidak diatasi dapat menyebabkan trafo rusak atau bahkan hangus terbakar, sehingga biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan menjadi jauh lebih besar.

Trafo Bergetar dan Panas Saat Disupplai Listrik

Penyebab bergetarnya sebuah trafo antara lain:

  • Inti Trafo Atau Core Kurang Rapat.
  • Inti Trafo Tidak Sesuai Ukuran Kapasitas
  • Kualitas Inti Trafo Kurang Bagus
  • Jarak Antara Inti Dan Gulungan Kawat Terlalu Jauh
  • Jumlah Lilitan Per Volt Kurang
  • Inti trafo belum diproses annealing

Inti Trafo Atau Core Yang Kurang Rapat

Pemasangan inti trafo atau core yang kurang rapat akibat pemasangan baut yang kurang baik akan menyebabkan getaran atau dengung saat trafo dipergunakan. Hal ini disebabkan oleh karena adanya medan mangnet yang bekerja saat trafo dialiri listrik. Untuk mengatasi masalah getaran yang demikian dapat dilakukan dengan cara mengunci kembali trafo. JIka core kurang rapat akibat ruang bobin yang terlalu besar, pertimbangkan menambah jumlah inti trafo hingga ruang antara lilitan kawat dan inti sedekat mungkin.

Pastikan bahwa pemasangan baut untuk mengencangkan trafo sudah cukup kencang untuk mencegah getaran tersebut terjadi.

Cara mengatasi trafo panas dan bergetar berlebihan lain dapat dilakukan dengan melapisi trafo dengan laks agar celah antara setiap lempeng inti trafo terikat satu sama lain secara baik.

Inti Trafo Tidak Sesuai Kapasitas

Ukuran inti trafo sangat mempengaruhi kapasitas dan efisiensi dari trafo yang dirancang. Walaupun menggunakan kawat yang lebih besar, tetapi jika melebihi daya maksimum yang mampu ditangani oleh inti trafo, maka trafo tersebut tidak akan mampu menghasilkan daya yang sesuai dengan yang dirancang. Inti trafo tidak sesuai kapasitas menjadi salah satu penyebab kondisi trafo bergetar hebat.

Cara mengatasi trafo panas dan bergetar berlebihan untuk kasus demikian sebaiknya memperhatikan ukuran kawat yang sesuai dengan kapasitas inti trafo. Tidak selalu kawat yang lebih besar memberikan amper yang lebih besar dalam kenyataan atau prakteknya. Penggunaan kawat yang melebihi kemampuan inti trafo dapat menyebabkan trafo panasĀ  dan bergetar

Kualitas Inti Trafo Yang Kurang Bagus

Kualitas inti trafo dapat menurun selama pembuatan. Memukul dan menekuk inti trafo dapat menyebabkan inti trafo kehilangan kualitas hingga 50%. Hal ini hampir mustahil untuk dihindari selama proses produksi. Tetapi dapat diminimalkan efek negatifnya dengan berbagai teknik yang sudah terbukti berhasil seperti proses annealing.

Selain karena kesalahan dalam penanganan dan pembuatan, inti trafo sendiri terdiri dari berbagai macam kualitas. Kualitas inti tersebut jelas sekali mempengaruhi harga serta hasil akhir dari trafo yang dihasilkan. Umumnya produsen trafo akan menghindari menggunakan inti trafo yang rendah kualitasnya serta berharga murah.

Jika inti trafo rusak akibat tekukan, pukulan atau gulungan seperti halnya pada inti toroidal, maka cara yang terbaik untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan annealing terhadap materilial tersebut sebelum dipergunakan.

Jarak Gulungan Dan Inti Trafo Terlalu Besar

Kondisi tersebut banyak terjadi pada pembuatan trafo. Material yang dipergunakan untuk melapisi atau sebagai alas lilitan dibuat sangat tebal, sehingga jarak antara lilitan dan inti terlalu jauh. Hal ini dapat mengurangi efisiensi trafo. Selain menurunnya efisiensi, trafo yang demikian juga cenderung bergetar dan panas.

Jumlah Lilitan Per Volt Kurang

Jumlah lilitan per volt kurang dan tidak sesuai menyebabkan trafo bergetar dan panas. Untuk mengatasi hal demikian, trafo harus dibuka dan digulung ulang dengan perbandingan jumlah lilitan yang tepat.

Memaksakan kawat yang besar ke dalam trafo menyebabkan ruang yang tersedia pada trafo tidak mencukupi untuk jumlah gulungan yang seharusnya. Cara mengatasi trafo panas dan bergetar berlebihan untuk kasus demikian adalah dengan mengganti ukuran kawat trafo dengan ukuran diameter yang lebih kecil agar jumlah gulungan bisa ditambah.

Demikian sekilas tentang masalah trafo yang sering dijumpai. Selama mencoba.

16 Comments

  1. agus 15/10/2018 Reply
    • wikikomponen 16/10/2018
  2. febry 15/10/2017 Reply
    • wikikomponen 15/10/2017
  3. Angga saputra 17/08/2017 Reply
    • wikikomponen 22/08/2017
  4. shan 05/05/2017 Reply
    • wikikomponen 07/05/2017
  5. Ius 28/10/2016 Reply
    • wikikomponen 13/12/2016
  6. Arizon 12/07/2016 Reply
  7. khoirul anam 08/06/2016 Reply
    • wikikomponen 18/06/2016
  8. wahyu 21/04/2016 Reply
  9. ilman 31/03/2016 Reply
    • wikikomponen 02/04/2016

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *