Cara Mengatasi Trafo Panas Dan Bergetar Berlebihan

Cara Mengatasi Trafo Panas Dan Bergetar Berlebihan

WikiKomponen.comCara Mengatasi Trafo Panas Dan Bergetar Berlebihan. Penyebab terbakar atau hangusnya trafo bisa saja disebabkan oleh masalah sepele. Salah satunya adalah karena panas dan getaran yang berlebihan pada komponen tersebut.

Cara Mengatasi Trafo Panas Dan Bergetar Berlebihan
Cara Mengatasi Trafo Panas Dan Bergetar Berlebihan

Cara Mengatasi Trafo Panas Dan Bergetar Berlebihan

Terdapat banyak sekali penyebab sebuah trafo panas dan bergetar berlebihan. Apa saja yang menjadi penyebabnya ? Berikut ini beberapa penyebab yang sering menimbulkan masalah tersebut beserta cara mengatasinya.

Beberapa hal utama yang sering mengganggu pada sebuah trafo adalah getaran dan panas yang berlebihan pada trafo saat dipergunakan. Kedua gangguan tersebut tidak dapat diremehkan dan dibiarkan walaupun pada penggunaan untuk hal tertentu tidak banyak mengganggu.

Ads Metta3

Gangguaan yang tidak diatasi dapat menyebabkan trafo rusak atau bahkan hangus terbakar, sehingga biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan menjadi jauh lebih besar.

Trafo Bergetar dan Panas Saat Disupplai Listrik

Penyebab bergetarnya sebuah trafo antara lain:

  • Inti Trafo Atau Core Kurang Rapat.
  • Inti Trafo Tidak Sesuai Ukuran Kapasitas
  • Kualitas Inti Trafo Kurang Bagus
  • Jarak Antara Inti Dan Gulungan Kawat Terlalu Jauh
  • Jumlah Lilitan Per Volt Kurang
  • Inti trafo belum diproses annealing

Inti Trafo Atau Core Yang Kurang Rapat

Pemasangan inti trafo atau core yang kurang rapat akibat pemasangan baut yang kurang baik akan menyebabkan getaran atau dengung saat trafo dipergunakan. Hal ini disebabkan oleh karena adanya medan mangnet yang bekerja saat trafo dialiri listrik. Untuk mengatasi masalah getaran yang demikian dapat dilakukan dengan cara mengunci kembali trafo. JIka core kurang rapat akibat ruang bobin yang terlalu besar, pertimbangkan menambah jumlah inti trafo hingga ruang antara lilitan kawat dan inti sedekat mungkin.

Pastikan bahwa pemasangan baut untuk mengencangkan trafo sudah cukup kencang untuk mencegah getaran tersebut terjadi.

Cara mengatasi trafo panas dan bergetar berlebihan lain dapat dilakukan dengan melapisi trafo dengan laks agar celah antara setiap lempeng inti trafo terikat satu sama lain secara baik.

Inti Trafo Tidak Sesuai Kapasitas

Ukuran inti trafo sangat mempengaruhi kapasitas dan efisiensi dari trafo yang dirancang. Walaupun menggunakan kawat yang lebih besar, tetapi jika melebihi daya maksimum yang mampu ditangani oleh inti trafo, maka trafo tersebut tidak akan mampu menghasilkan daya yang sesuai dengan yang dirancang. Inti trafo tidak sesuai kapasitas menjadi salah satu penyebab kondisi trafo bergetar hebat.

Cara mengatasi trafo panas dan bergetar berlebihan untuk kasus demikian sebaiknya memperhatikan ukuran kawat yang sesuai dengan kapasitas inti trafo. Tidak selalu kawat yang lebih besar memberikan amper yang lebih besar dalam kenyataan atau prakteknya. Penggunaan kawat yang melebihi kemampuan inti trafo dapat menyebabkan trafo panasĀ  dan bergetar

Kualitas Inti Trafo Yang Kurang Bagus

Kualitas inti trafo dapat menurun selama pembuatan. Memukul dan menekuk inti trafo dapat menyebabkan inti trafo kehilangan kualitas hingga 50%. Hal ini hampir mustahil untuk dihindari selama proses produksi. Tetapi dapat diminimalkan efek negatifnya dengan berbagai teknik yang sudah terbukti berhasil seperti proses annealing.

Selain karena kesalahan dalam penanganan dan pembuatan, inti trafo sendiri terdiri dari berbagai macam kualitas. Kualitas inti tersebut jelas sekali mempengaruhi harga serta hasil akhir dari trafo yang dihasilkan. Umumnya produsen trafo akan menghindari menggunakan inti trafo yang rendah kualitasnya serta berharga murah.

Jika inti trafo rusak akibat tekukan, pukulan atau gulungan seperti halnya pada inti toroidal, maka cara yang terbaik untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan annealing terhadap materilial tersebut sebelum dipergunakan.

Jarak Gulungan Dan Inti Trafo Terlalu Besar

Kondisi tersebut banyak terjadi pada pembuatan trafo. Material yang dipergunakan untuk melapisi atau sebagai alas lilitan dibuat sangat tebal, sehingga jarak antara lilitan dan inti terlalu jauh. Hal ini dapat mengurangi efisiensi trafo. Selain menurunnya efisiensi, trafo yang demikian juga cenderung bergetar dan panas.

Jumlah Lilitan Per Volt Kurang

Jumlah lilitan per volt kurang dan tidak sesuai menyebabkan trafo bergetar dan panas. Untuk mengatasi hal demikian, trafo harus dibuka dan digulung ulang dengan perbandingan jumlah lilitan yang tepat.

Memaksakan kawat yang besar ke dalam trafo menyebabkan ruang yang tersedia pada trafo tidak mencukupi untuk jumlah gulungan yang seharusnya. Cara mengatasi trafo panas dan bergetar berlebihan untuk kasus demikian adalah dengan mengganti ukuran kawat trafo dengan ukuran diameter yang lebih kecil agar jumlah gulungan bisa ditambah.

Demikian sekilas tentang masalah trafo yang sering dijumpai. Selama mencoba.

Author: Wikikomponen

28 thoughts on “Cara Mengatasi Trafo Panas Dan Bergetar Berlebihan

  1. mw tny mas..sy pny stavol (output 1000va) utk kulkas+rice cooker kdng jg dispenser..akhir2 ini stavol panas berdengung & kyknya keluar bau sangit..akhirnya sy lepas..penyebab nya krn apa y koq bs panas/dengung pdhl dl2 jg tdk?..mhn pencerahan

    1. Stavol over kapasitas biasanya kalau bau sangit. Bisa terjadi karena sikat arang yang menipis, sehingga kapasitas 1000va menurun. Akibatnya stavol bisa rusak jika segera di ganti.

  2. Saya punya pompa air dc 12v, 5,4 A, saya menggunakan adaptor 12v, 10A, saat pompa dikasih beban air setiap 10 menit adaptor mati otomatis. Apakah ada yang bisa 24 jam?

    1. Adaptor mati setiap 10 menit kemungkinanan adalah mekanisme proteksinya. Saya tidak tahu pasti otomatisnya bekerja berdasarkan timer atau berdasarkan suhu power supply saat panas. Harus cari tahu lebih lanjut. Semua bisa di atur agar lebih lama. Untuk 10A harusnya aman menggerakkan pompo 24 jam. Perhatikan juga keamanann pompa apakah siap jalan 24 jam.

  3. Master mau nanya jika kern seberat 10-13 kg itu kawat primer yang bagus dan seimbang dengan kern itu ukuran berapa mm master mohon pecerahanya

    1. ukuran kawat yang sesuai dengan trafo tidak bisa hanya dilihat dari ukuran kern. Hal ini sudah pernah dibahas pada bagian perancangan trafo sebelumnya. Ada faktor voltase, inti dan jenis perbandingan yang perlu diperhatikan.

    1. trafo 15A bergetar bisa disebabkan oleh berbagai alasan. Beberapa penyebab trafo bergetar antara lain kualitas trafo kurang bagus, pemasangan yang kurang rapi, kelebihan beban, design trafo kurang lilitan, serta banyak hal lainnya.

  4. Master knpa trafo 5a panas bgt bau sangit, setelah sya hubungkan ke elko 10000uf, 50 volt, 4 buah, apa karna elko kebesaran, apa karna input yg sya 18 volt kekecilan dstu tertera 18, 24, 32, volt.

    1. Apakah sudah dihubungkan ke beban? Apakah Elco dipasang setelah dioda? Coba cari referensi tentang cara pemasasangan yang tepat agar lebih jelas.

  5. maaf Boz,mau tanya klu Trafo 10A biasa itu saya colokan ke Arus Listrik tanpa Saya kasih Beban rangkaian apapun/hnya saya colokan Trafonya saja,itu kok saya sentuh besi trafo hangat dan lamapu hangat,pdhal setahu aq bila Trafo kosongan tanpa beban klu dicolokan ke Listrik seharusnya ttp Dingin tanpa hangat,ini malh hangat pdhl blm ada beban output dr rangkaian apapun.mhn pencerahannya/penjelasannya z boz.trma ksh
    Salam Sukses slalu

    1. Setiap trafo ada lostnya. Walaupun tanpa beban, tetap ada sejumlah daya yang hilang karena berubah menjadi panas. Trafo yang panas artinya lostnya lebih besar dari trafo yang hangat atau bahkan dingin saja. Semakin sejuk saat tanpa beban, semakin bagus trafo tersebut. Ini kalau kita tinjau dari segi kerugian dayanya. Bagus tidakmnya trafo dapat ditinjau dari banyak faktor.

  6. Nupang tanya masterr . Trafo 40 amper sya ngedrop apa penyebab nya min . Di saat potensi ful pda ampli dropnya hampir 20fol dari fol 100 tingal 82 di saat di genjott . Makasihh

    1. Voltase trafo drop bisa terjadi karena daya trafo kurang atau efisiensi trafo kurang. Atau bisa karena voltase setelah pembebanan. Jika melihat voltase power supply yang mencatai 100V, dan drop sampai 82 Volt pada volume full masih bagus dan bisa diterima menurut saya. Yang terpenting adalah kondisi voltase stabil dalam arti tidak naik turun drastis saat hentakan bass terjadi. Bagaimana menurut master-master ? Mungkin ada yang berpendapat berbeda silakan.

  7. Mf mas,,menyimpang sedikit dari judul,,
    Saya mau nanya,,berapa ukuran masing2 bahan untuk membuat coil induktor toroid inti besi 200uh 6A??ukuran intinya berapa ukuran kawatnya berapa dan jumlah lilitannya berapa,,

    Saya tunggu jawabannya mas .terimakasih

    1. Untuk mendapatkan nilai induktor yang sesuai dengan yang diinginkan tidak semudah sekedar berapa lilitan. Bahan yang dipergunakan sebagai inti coil sangat mempengaruhi. Permeabilitas inti ferrite, inti besi, diameter gulungan, serta ukuran kawat turut menentukan. Untuk mudahnya, cara yang paling sederhana adalah memiliki inti yang bagus terlebih dahulu. Kemudian lakukan percobaan gulung untuk mengetahui berapa nilai UH yang didapat pada sekian gulungan. Yang mutlak perlu dimiliki adalah LCR meter.

  8. bang trafo saya nggak ada non ct nya gimana masangnya , 0v,110v, 0v,110v, 130v, tolong infonya

    1. Sayang pertanyaannya kurang jelas. Jika maksudnya gak ada CT nya. Untuk mendaptkan ct, maka bisa dilakukan dengan cara menghubungkan 110 dengan 0 jika urutannya 0-110, 0-110.

    1. Biasanya hal ini bisa disebabkan oleh kelebihan beban, bermasalah pada bagian power supply, atau memang trafo bermasalah

  9. Pa kalau panas pada trafo itu umumnya barapa y,saya menggunakan trafo 5ampere,ampli 60 watt,teganganya 18volt,punya saya kok kaya panas berlebihan, itu gimana y pa cara ngatasinya

    1. trafo yang ideal sekitar 40-60c stabil. kalo terlalu tinggi ada kemungkian trafo akan rusak. Kawat memiliki ketahanan suhu paling rendah sekitar 80C untuk tipe UEW

    1. Ganti dengan trafo yang lebih besar atau jika tidak mau bisa turunkan voltasenya ke voltase yang lebih kecil jika terdapat pilihan di trafo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *