Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Mengatasi MCB Turun Saat Menggunakan Oven Listrik

WikiKomponen.com – Beberapa saat yang lalu ada yang menanyakan perihal cara mengatasi MCB turun saat menggunakan oven listrik karena daya terpasang tidak cukup. MCB listrik jatuh terus gara-gara tidak memperhatikan watt oven saat di beli. Jangan kuatir. Ada jalan keluarnya.

MCB Turun Saat Menggatasi menggunakan Oven Listrik

Cara Mengatasi MCB Turun Saat Menggunakan Oven Listrik

Listrik turun karena daya terpasang tidak mencukupi sering sekali terjadi. Cara Mengatasi MCB Turun Saat Menggunakan Oven Listrik pun sangat beragam.

Ads Metta3

Salah satu cara yang saya anjurkan ini telah kami coba pada oven dan berhasil dengan baik. Oven dengan daya 3000watt ternyata dapat dipergunakan pada listrik rumah yang hanya 4000watt. Tidak perlu lagi mematikan segala macam peralatan listrik lain.

Pada kesempatan ini kita akan membahas berbagai penyebab dan cara mengatasinya. Bahkan Oven listrik dengan daya 3000W bisa dipergunakan di rumah dengan kapasitas 2200W.

Bagaimana caranya? Mari kita lihat 1 per satu penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab MCB Turun

Sebelum melihat lebih lanjut tentang perihal cara mengatasi MCB turun saat menggunakan oven listrik, ada baiknya kita mengetahui bahwa terdapat 4 kemungkinan MCB turun saat menggunakan oven listrik. Kedua penyebab ini adalah:

  1. Daya listrik terpasang tidak cukup atau daya listrik peralatan terlalu besar
  2. Starting atau Tarikan Awal Alat Listrik Terlalu Besar
  3. MCB terpasang tidak maksimal sesuai daya listrik.
  4. Short pada peralatan.

Tips perihal cara mengatasi MCB turun saat menggunakan oven listrik

Apapun alat listrik yang dipasang pada listrik rumah yang tidak mencukupi akan sama saja. Akan menyebabkan MCB turun. Tapi khusus untuk dapat disiasati dengan cara yang cukup sederhanan.

Oven dibuat dengan daya yang besar agar dapat mencapai suhu optimal dalam waktu yang sangat singkat. Caranya adalah membuat elemen dengan ukuran diameter yang lebih besar, sehingga proses pemamasan akan sangat cepat. Dalam hitungan menit, suhu ruangan sudah cukup tinggi sesuai setting untuk membakar makanan, kue dan lain-lain.

Cara termudah tentu saja dengan menambah daya. Namun, menambah daya bukanlah solusi yang tepat jika tidak ingin tagihan listrik membengkak akibat hilangnya tarif subsidi karena menggunakann daya besar.

Kedua adalah memeriksai amper MCB. Bila masih memungkinkan, MCB dapat diganti dengan amper yang lebih besar. Baca juga tentang daya terpasang agar tidak mengganti MCB melebihi daya terpasang rumah anda. MCB merupakan komponen pengaman agar arus tidak melebihi kapasitas terpasang. Cara dengan menggati MCB ini tidak dianjurkan jika MCB terpasang sudah optimal.

Caranya ketiga adalah dengan memesan trafo stepdown dengan voltase output dari 220V ke 200V, 180V dan 160V. Dengan memesan trafo tersebut, maka daya yang mampu dihasilkan akan menurun. Oven mungkin akan lebih lambat beberapa menit untuk mencapai suhu maksimal.

Cara keempat adalah dengan memasang dimmer. Cara ini hanya dapat dilakukan jika anda dapat menemukan dimmer dengan kapasitas minimal 2x lebih besar dari kapastias oven, bila tidak, dimmer akan cenderung hangus.

Ini artinya anda tidak bisa buru-buru memasukan kue kedalam oven, tetapi harus menunggu beberapa menit agar suhu oven mencapai suhu bakar yang dianjurkan. Tetapi setelah mencapai suhu maksimal, oven dapat bekerja seperti halnya oven lainnya pada suhu yang diperlukan. ( hanya saat start saja lebih lambat ).

Perhatian: Cara ini hanya aman digunakan untuk peralatan yang tidak menggunakan motor. Peralatan menggunakan motor akan rusak jika menggunakan cara ini.

Demikian pembahasan singkat cara mengatasi MCB turun saat menggunakan Oven listrik . Selamat mencoba.

Baca Juga Artikel :

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *