Cara Menentukan Nilai Induktor Crossover Speaker Dengan Tabel

Cara Menentukan Nilai Induktor Crossover Speaker Dengan Tabel

WikiKomponen.com – Cara Menentukan Nilai Induktor Crossover Speaker Dengan Tabel lebih mudah dilakukan saat merancang dan memesan coil pembagi suara pasif. Diharapkan dengan menggunakan tabel tersebut, maka proses merancang crossover pasif semakin cepat dan tidak berbelit-belit.

Cara Menentukan Nilai Induktor Crossover Speaker Dengan Tabel

Jika sebelumnya, untuk menentukan induktor untuk crossover, maka yang perlu dilakukan adalah melalui tahapan

  • Menentukan titik potong crossover berdasarkan kemiringan slope titip potong.
  • Menghitung nilai induktor yang diperlukan dengan memasungkan variable seperti titip potong, impedansi speaker, tahanan dalam
  • Merancang coil crossover yang meliputi ukuran kawat, diameter dalam, diameter luar, tinggi coil.

Ketiga tahapan tersebut ternyata cukup memakan waktu. Setiap perubahan nilai titik potong akan mempengaruhi semua faktor rancangan awal mulai dari nilai kapasitor hingga coil itu sendiri.

Ads Metta3
Cara Menentukan Nilai Induktor Crossover Speaker Dengan Tabel
Cara Menentukan Nilai Induktor Crossover Speaker Dengan Tabel

Namun dengan adanya tabel tersebut, merancang crossover menjadi jauh lebih mudah. Nilai yang telah dihitung telah meliputi 3 jenis impedansi speaker yakni 8 ohm, 4 ohm dan 2 ohm. Dengan demikian, akan sangat menghemat waktu untuk perancangan tahap awal.

Cara Penggunaan Tabel Induktor

Untuk menentukan titik potong yang akan dipakai, terlebih dahulu perhatikan kemampuan driver speaker untuk mereproduksi suara padas frekuensi maksimal, dan tweeter pada kemampuan minimal.

Nilai maksimal yang mampu direproduksi oleh sebuah woofer dapat dilihat dari grafik frekuensi respon yang tercantum dalam kardus atau petunjuk saat pembelian speaker.

Putuskan pada frekuensi berapa akan dipotong. Pilihlah posisi dimana suara yang dihasilkan masih dalam keadaan optimal, artinya jangan memotong pada bagian grafik yang sudah sangat menurun dB yang dihasilkan yang berarti speaker sudah hampir tidak mampu menghasilkan suara pada frekuensi tersebut lagi. Frekuensi potong yang terbaik tidak boleh melebihi 1/3 dari titik tertinggi grafik optimal.

Setelah mengetahui posisi titip potong, hal yang perlu diketahui adalah nilai resistensi woofer. Jika woofer 8 ohm, maka pilihlah nilai induktor sesuai dengan titip potong antara kolom 8 ohm dan baris nilai titip potong bereada.

Cara Menentukan Nilai Induktor Crossover Speaker Dengan Tabel sangat bermanfaat terutama bagi perancang pemula yang tidak mau pusing dengan perhitungan yang rumit. Cukup ikuti tabel dan dapatkan speaker pasif dengan crossover bagus yang dirancang sesuai dengan selera.

Author: Wikikomponen

2 thoughts on “Cara Menentukan Nilai Induktor Crossover Speaker Dengan Tabel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *