Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Memperbaiki Berbagai Jenis Kerusakan Komponen Blender

WikiKomponen.comCara Memperbaiki Berbagai Jenis Kerusakan Komponen Blender. Musim panas biasanya membuat penjualan alat ini semakin ramai. Demikian juga jasa perbaikan untuk alat blender biasanya mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Namun, ternyata tidak semua jenis kerusakan harus diperbaiki ke tukang servis. Terdapat beberapa kerusakan ringan yang dengan mudah dapat diperbaiki oleh pemilik sendiri.

Cara Memperbaiki Berbagai Jenis Kerusakan Komponen Blender

Cara Memperbaiki Berbagai Jenis Kerusakan Komponen Blender

Cara Memperbaiki Berbagai Jenis Kerusakan Komponen Blender

Terdapat beberapa bagian dari mesin yang sering mengalami kerusakan akibat mengalami aus karena sering dipergunakan. Akibatnya, mesin tersebut tidak dapat bekerja sebagai mana mestinya. Komponen yang sering mengalami kerusakan antara lain :

Kerusakan Kopling

Kopling blender merupakan penerus putaran dari motor ke pisau potong pada gelas blender. Bagian tersebut sangat rawan terhadap kerusakan karena pemasangan yang tidak pas saat menghidupkan. Bagian tersebut dapat aus, terpelintir maupun patah.

Bagian ini dapat dengan mudah ditemukan ditoko penjual sparepart elektronik. Kerusakan pada bagian tersebut dapat dikenali dengan adanya suara yang kasar saat putaran terjadi yang terjadi berulang.

Untuk melepas kopling blender, hal yang perlu diketahui adalah arah putaran baut pada saat melepas berbeda dengan arah baut pada umumnya. Kopling harus dilepas dengan diputar ke arah searah jarum jam.

Rembes Atau Bocor

Untuk gelas yang mengalami kebocoran, biasanya dialami oleh seal karet yang terdapat pada dasar pisau. Bagian tersebut umumnya dijual dengan harga sekitar Rp. 10.000. Tidak perlu mengganti seluruh gelas jika dapat menemukan karet seal di toko elektronik.

Karet yang sering mengalami kebocoran terutama dialami oleh gelas untuk giling cabe. Ukuran karet yang relatif besar membuat gelas tersebut mudah sekali mengalami kebocoran.

Cara memperbaiki berbagai jenis kerusakan komponen blender tidak terlalu sulit. Namun seringkali komponen pengganti sangat sulit ditemukan.

Kerusakan Motor

Sebelum memperbaiki bagian motor, sebaiknya periksa dahulu kabel apakah sudah terhubung atau mengalami putus. Jika memang putus, maka kemungkinan terjadi kerusakan dinamo atau motor blender.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *