Cara Memeriksa Kondisi Speaker Saat Suara Pecah

WikiKomponen.com – Apa penyebab suara speaker sember atau pecah? Jangan terburu-buru memvonis kerusakan ada pada speaker saat suara speaker terdengar sember. Berikut ini merupakan tips cara memeriksa kondisi speaker saat suara pecah atau sember untuk memastikan apa penyebab terjadinya kondisi demikian.

Cara Memeriksa Kondisi Speaker Saat Suara Pecah

Cara Memeriksa Kondisi Speaker Saat Suara Pecah

Cara Memeriksa Kondisi Speaker Saat Suara Pecah

Sering ditanyakan oleh para penggemar audio, apakah speaker rusak, sehingga terdengar suara sember atau pecah saat amplifier dibesarkan. Jawabannya tidak selalu. Bahkan lebih sering bukan penyebab keresek atau sember bukan berasal dari speaker itu sendiri.

Ads Metta3

Beberapa penyebab suara speaker terdengar aneh antara lain:

Kerusakan Bagian Power Supply

  • Kerusakan bagian power supply. Bagian ini merupakan penyebab utama dan paling sering. Kerusakan mulai dari dioda, elco, hingga kabel power supply dapat menyebabkan suara speaker menjadi aneh atau tidak normal. Untuk memastikan, cara yang paling gampang adalah dengan melakukan ujicoba. Pergunakan power supply yang baru untuk menguji amplifier, bila tidak punya cadangan, terpaksa coba diganti, terutama bagian elco.
  • Daya trafo terlalu kecil. Daya yang terlalu kecil menyebabkan trafo tidak mampu menggerakkan memberan speaker. Akibatnya terjadi distorsi. Daun speaker sudah berbalik arah sebelum mencapai titik optimal.

Kerusakan Amplifier

  • Kerusakan amplifier. Bocornya arus DC ke dalam speaker juga dapat menyebabkan speaker berdengung atau bahkan terdengar aneh. Periksa kembali kerusakan komponen transistor final untuk memastikan hal tersebut.

Storing

  • Storing. Pemasangan grounding yang kurang baik juga dapat menyebabkan dengung atau noise. Temukan cara membuat filter untuk menghilangkan noise pada peralatan elektronik pada pembahasan tentang dengung pada peralatan audio

Kerusakan Potensio

Kerusakan pada bagian ini dapat menyebabkan suara kresek hingga speaker yang berbunyi seperti sember. Pastikan untuk mengecek bagian ini dengan cara memutar dalam keadaan hidup untuk memeriksa perubahan suara speaker.

Kerusakan Speaker

  • Kerusakan Speaker. Kerusakan ini bisa disebabkan oleh rusaknya speaker akibat tendangan bass selama pemakaian. Sobeknya bagian conus speaker atau terlepasnya lem yang menghubungkan spool speaker ke daun speaker, serta kabel penghubung yang menempel pada bagian daun. Penyebab lain adalah bergesernya posisi spool, sehingga tidak center atau tidak tepat di tengah. Hal ini dapat diperbaiki dengan cara mengatur ulang posisi spool.

Memeriksa Kondisi Speaker

Khusus untuk kasus yang terakhir dapat dipastikan dengan cara berikut:

  • Matikan amplifier, kemudian tekan-tekan berulang kali bagian tengah speaker untuk memanstikan spool tidak beradu dengan magnet. Perhatikan suaranya. Jika terjadi suara gesekan, maka hal tersebut harus segera diperbaiki sebelum gerakan spool tersebut benar-benar terhambat.
  • Perhatikan posisi dudukan spool dengan magnet dan lem pada daun speaker. Pastikan masih menempel dengan sempurna, sehingga pada tendangan maksimal posisi spool tidak tertarik ke salah satu arah.
  • Sobeknya Daun Speaker. Ganti daun speaker. Daun speaker banyak dijual online maupun toko elektronik.

One Response

  1. HAMID 04/06/2018 Reply

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *