Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Membuat Rangkaian Power Supply Variabel IC LM317 1 Potensio

WikiKomponen.com – Skema sederhana cara membuat rangkaian power supply variabel IC LM317 1 potensio atau adaptor merupakan kelanjutan adaptor dengan regulator tegangan yang sebelumnya pernah dibuat. Terdapat potensio pengatur voltase pada rangkaian tersebut, sehingga penggunaan adaptor tersebut sangat fleksibel baik untuk berbagai penggunaan.

Cara Membuat Rangkaian Power Supply Variabel IC LM317 1 Potensio

Cara Membuat Rangkaian Power Supply Variabel IC LM317 1 Potensio

Seringkali kita memerlukan sebuah adaptor yang memiliki pilihan voltase yang bisa dirobah-robah agar dapat disesuaikan dengan kegunaan atau voltase peralatan yang akan disupply. Namun karena voltase yang seringkali tidak sesuai, sehingga terpaksa harus membeli adaptor baru agar dapat dipergunakan oleh alat tersebut.

Ads Metta3

Dengan pertimbangan tersebut, maka kali ini akan dibahas mengenai cara membuat rangkaian power supply variabel IC LM317 1 potensio berikut ini. Dengan adanya rangkaian ini diharapkan akan banyak menghemat pembuatan berbagai adaptor hanya dengan menggunakan satu saja adaptor untuk berbagai keperluan.

Secara umum, pembuatan power supply variabel dapat dilakukan dengan banyak cara. 3 cara diantarannya yang paling sering dilakukan yaitu dengan menggunakan :

  1. Menggunakan resistor dan selektor.
  2. Menggunakan regulator dan trafo multi tap.
  3. Menggunakan IC 317

Menggunakan Resistor Dan Selektor

Cara ini banyak dipergunakan untuk trafo kecil dengan cara menggunakan resistor sebagai pembatas dan pengatur tegangan. Berbagai nilai resistor dipasang di sebuah selektor untuk mendapakan voltase yang diinginkan. Cara ini terbilang cukup mudah karena dapat dilakukan dengan variable yang cukup banyak tergantung selektor.

Menggunakan Regulator Dan Trafo Multi Tap

Cara ini memiliki kestabilan voltase yang lebih baik. Beberapa regulatorĀ  dipasangkan pada rangkaian untuk mengatur tegangan agar mendapatkan voltase yang sangat stabil.

Cara ini juga sering dilakukan tanpa regulator, namun saat membuat adaptor demikian, biasanya trafo harus sudah dipesan khusus dengan output berbagai voltase yang berbeda sesuai dengan kebutuhan. Setiap output trafo mewakili sebuah voltase yang ingin dicapai.

Menggunakan IC LM317

Cara ini merupakan yang akan kita bahas kali ini. Dengan menggunakan sebuah IC LM317, maka yang diatur merupakan regulator dalam IC tersebut. Keisitimewaan IC LM317 adalah regulasi yang diberikan dapat dirubah dengan cara merubah tahanan melalui pin 1 IC tersebut.

Dengan cara ini, maka output yang terukur akan lebih stabil sekaligus diregulasi sesuai dengan setelan potensio. Untuk lebih jelasnya, silakan ikuti cara membuat rangkaian power supply variabel IC LM317 1 potensio sesuai instruksi di atas.

Cukup satu adaptor untuk semua keperluan. Selamat mencoba.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *