Cara Membuat Rangkaian Power Supply CT Simetris

WikiKomponen.comCara Membuat Rangkaian Power Supply CT Simetris. Power supply untuk jenis trafo CT yang simetris banyak dipergunakan pada power amplifier untuk menghasilkan daya yang maksimal. Jenis rangkaian demikian dapat dikenali dari outputnya yang mempunyai polaritas berlawanan atau disebut catu daya plus min atau positif dan negatif dengan sebuah ground.

Cara Membuat Rangkaian Power Supply CT Simetris

Fungsi Power Supply

Power supply berfungsi sebagai listrik untuk peralatan elektronik yang umumnya menggunakan arus DC. Tujuan pembuatan power supply adalah untuk mengubah tegangan arus AC menjadi arus DC yang sesuai dengan voltase kerja peralatan elektronik.

Untuk mengubah  tegangan listrik dari arus AC menjadi arus DC digunakan penyearah yang disebut juga dengan dioda atau rectifier.

Ads Metta3

Jenis-jenis Rangkaian Power Supply CT Simetris

Terdapat beberapa cara untuk membuat sebuah power supply CT Simetris. Dan untuk mendapakan power supply simetris, diperlukan sebuah trafo CT agar arus supply dapat maksimal. Berikut ini merupakan 3 diantaranya yang paling sering dipergunakan.

Berikut ini merupakan 3 contoh cara membuat rangkaian power supply CT Simetris yang paling banyak digunakan untuk dengan menggunakan trafo jenis center tap atau CT .

Cara Membuat Rangkaian Power Supply CT Simetris
Cara Membuat Rangkaian Power Supply CT Simetris

Cara Membuat Rangkaian Power Supply CT Simetris2 Cara Membuat Rangkaian Power Supply CT Simetris3Khusus untuk bagian perata yang menggunakan elco 3300uF. Namun untuk keperluan khusus, besarnya nilai elco yang dipergunakan harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Selain rangkaian di atas, kita juga mengenal dioda full bridge CT dengan menggunakan 2 buah dioda. Namun, jenis trafo yang diperlukan menjadi jauh lebih besar dengan kapasitas yang sama.

Komponen Yang Diperlukan Rangkaian CT

Untuk membuat sebuah rangkaian power supply yang lengkap, diperlukan 3 komponen dasar yaitu:

  • Trafo CT
  • Dioda sesuai dengan amper yang diperlukan
  • Kapasitor berupa Elco

Komponen yang dapat ditambahkan berupa IC regulator. Namun, untuk power supply besar, regulator yang terdapat di pasaran lebih sulit ditemukan, sehingga rangkaian untuk arus yang besar biasanya tidak menggunakan regulator.

Cara membuat rangkaian power supply CT simetris ini sangat berguna saat diperlukan power supply untuk power amplifier maupun power supply lainnya. Selamat mencoba.

Baca Juga Artikel:

Author: Wikikomponen

52 thoughts on “Cara Membuat Rangkaian Power Supply CT Simetris

  1. Mas trafo speaker sya short di lilitannya, trafo bawaannya ukuran 12×2 – 0,9A
    Klo sya ganti dengan trafo CT yg 3A jebol ga ya komponennya ?? Krn nyari di toko online yg ukuran 0,9A hampir tidak ada, nyari di toko umumnya jual yg 3A. Mohon pencerahan

    1. Gak masalah asal voltasenya sama. Trafo 0.9A memang jarang tersedia di pasaran. Trafo 1A hingga 3 amper gak masalah.

  2. Mau tanya,saya punya power phantom utk mic condenser,18 V tertulis utk adaptornya,utk kegiatan outdoor sya kebingungan krn power tsb tdk portabel ,akhirnya saya buat parallel dr baterai kotak 2 biji,tapi tdk ada power listrik yg masuk,bagaiamna itu,saya minim tentang kelistrikan

    1. 18V AC atau DC ? Bisa cek di Alatnya. Jika DC seharusnya baterai 9V 2 buah bisa.

    1. Untuk zener agak sulit memperoleh ukuran yang besar hingga 10A. Untuk penyearah bisa mmenggunakan dioda di atas 10A. Biasanya tersedia 25A, 35A, 50A, 60A, 75A 100A dst. Namun bila yang dimaksud adalah untuk regulatorny sebaiknya pikirkan cara lain.

  3. Sy punya kit effect vokal bisa tdk pakai ps ini dsn travo brp ampre yng sesuai krn rangkaian nya perlu 12ct 12

    1. Biasanya untuk pre amplifier, effect vocal, echo, tone control dan sebagainya cukup pakai trafo 1A. Untuk CT atau 0 nya sangat tergantung IC yang dipakai. Biasanya di bagian PCB akan tertera ct12 atau 0-12Volt.

  4. gan saya mau tanya , DIODA APA YANG cocok dan UKURAN berapa untuk power amplifier 2000 Watt ? kalo pakai trafo 40a 60 CT 60 ,elco pakai 100 v 4700 uf

    1. untuk trafo 40A sebaiknya menggunakan dioda di atas rating tersebut. Saat ini telah tersedia ukuran 75A hingga 500A. Jadi harusnya bukan masalah untuk dioda. Berbeda dengan jaman dulu memang agak sulit mendapat dioda ukuran di atas 35A.

  5. Gan mau tanya kenapa power suplay saya pas d masukan ke amflinya ko malah drop,padahal lalo ga d masukan d tes ada tegangan 36vdc..terus malah panas trafonya saxa pake trafo 5a ct

    1. Trafo kalau drop sebenarnya pasti terjadi. Nilai dropnya sampai berapa persen itu yang harus diperhatikan. Kalau dari trafo masuk 32volt AC, keluar 36VDC lalu setelah dibebankan jadi 32 VDC yah gak masalah pak. TApi dari cerita bapak trafo jadi panas, ini kemungkinan karena trafo terlalu kecil untuk beban yang harus ditangani. Saran, ganti pakai trafo lebih besar.

    2. brow mau tanya aku punya diaoda gbu 805 916 apa diaoda tersebut bisa buat rangkaian power suplay amplifier

    3. GBU805 adalah jenis dioda bridge. Memeang untuk power supply. Tapi trafo yang dipergunakan adalah jenis trafo 0 atau non CT

  6. Cara membuat power supply untuk kit hifi cassette amplifier 18 watt ic LA4440 ada CTnya gimana dan amp 18 watt bisa angkat speaker berapa watt d/ inci ya?

  7. Mas bos…sy lg nyoba ganti perangkat speaker aktif sy nih, yg semula dgn spek pabrikan yg sy jg ga terlalu paham yg jelas pakai trafo toroid/donat ada tulisannya 8v, 12v, 19 v dgn speaker 15″, saya ganti kit power pake open air 500 watt dengan 4 set transistor final sanken, tone kontrol parametrik, hasilnya ga ada suara sama sekali…saya coba lagi kali ini tanpa transistor final hasilnya keluar suara tp lirih sekali, saya pasang satu set tr final keluar suara yg sedikit tambah kenceng tp msh trmsk lirih, sy tambah lg tr finalnya mjd 2 set hasilnya ga ada suara sama sekali, apa penyebabnya ya bos?…apa krn trafo bawaan yg terlalu kecil ( 19v ) padahal ada tulisan di kit powernya 24v – 45v, jadi ga ngangkat gt gmn bos? harusnya pakai trafo yg ukuran brp bos? mohon pencerahannya….

    1. Untuk transistor sanken dapat bekerja maksimal dengan voltase minimal 32 volt. Kalau seperti yang bapak sebutkan hanya 19 volt, tentu akan berat sekali. Dropnya akan besar sekali. Jadi wajar kalau semakin ditambah transistor finalnya akan semakin parah. Malah akan merusak trafonya. Carilah trafo yang sesuai untuk dipergunakan.

  8. Mas sy sedang membuat pemotong styrofoam menggunakan trafo 3A (ct), tp kawatnya gak panas2 justru trafonya yg panas. Knp bisa bgitua yah? Mohon bantuannya mas.

    1. Ada beberapa kemungkinan. Diameter kawat terlalu besar, sehingga memakan daya melebihi kemamapuan trafo 3A, khsusunya trafo yang isinya tidak betul-betul 3A. Kemungkianan lain kawatnya salah. Kawat yang dipakai kawat apa? Apakah niklin?

    2. Saya memakai kawat tali gitar no. 1
      Kalau justru trafonya yg panas saat dialiri listrik penjelasannya gimana mas?

  9. Mas mau tanya
    Power 140 watt .
    Apa Bisa nggangkat spk 12″
    Dengan 500 dan 300

    Tolong pencerahannya
    Dan harus pake TR apa

    1. Prinsipnya bisa walaupun menggunakan power 150 Watt. Namun, tentunya tidak akan sebagus jika menggunakan 300 watt karena dayanya yang kecil dan speaker yang digerakan cukup besar.

  10. mau nanyak mas,saya punya mesin power blazzer hyper plus setereo dengan transistor 2SC5200-2SA1943, 6 pasang.klau di buat power yang bagus pakai elco ukuran brapa ya.dan brapa buah elconya,dan trapo yg brapa ampet dan brapa vol,,mhon solusinya.

    1. Umumnya power blazzer yang kita temukan dipasaran menggunakan kapasitor 10.000/80 volt hingga 100 volt sebanyak 4 buah hingga 8 buah. Namun, bagi sebagian orang, bahkan menggunakan hingga 16 buah. Dalam hal audio, hampir tidak ada batasan maksimal seberapa banyak yang harus digunakan. Tapi jika penggunaan elco secara berlebihan tidak memberikan hasil yang banyak berbeda tentu mubazir. Mungkin ada master-master yang mau memberikan tambahan yang silakan.

  11. Mau nanya mas, saya punya spiker aktif 300watt stereo.pakai travo 5a 18watt,pakai elco 4700uf/50v mau saya ganti 10000uf/50v aman ndak bos?dan apa sja yg hrus dganti

    1. Saat supply AC melalui dioda dan kapasitor selalu terjadi kenaikan di Arus DC. Untuk mendapatkan listrik 60 VDC, volt output dari trafo jangan sampai 60 volt AC.

    1. Trafo speaker aktif biasanya menggguankan transistor kecil . Pergunakan trafo 5A dengan voltase sekitar 18 sd 24 volt. Pilihlah trafo dengan voltase sekitar itu, jangan yang volt besar karena akan mubajir. Hasilnya lebih baik kalo trafo volt kecil tapi amper besar,

    1. Untuk power supply, secara umum iya. Namun untuk rangkaian relay, membuat relay kurang lincah atau sensitif. Jadi sangat tergantung tujuannya. Nilai lebih besar juga berarti harga lebih mahal.

  12. mas saya mau tanya. sy punya power amplifier yg catu dayanya 15 ct 15 10A. nah rencana elco dari aslinya sebesar 4700uf/32volt mau sy ganti jdi 10.000 uf/50volt apa aman itu mas…, dan diodanya apa harus di atas 10A. mohon pencerahan.

    1. Aman, tapi mubasir karena voltase yang cukup besar. Dioda sebaiknya cari yang lebih besar untuk persiapan peak load.

  13. Bang saya mau tanya, sya punya PSU yang 2a saya pilih keluaran trafonya yang 9v ct 9v tapi ko saat saya ukur tegangannya setelah DC jadi naik bang? Cara pengukurannya seperti apa dan bagaimana? Negatif dan ground ko beda tegangan ya bang? Yg ground malah lebih besar bang,

  14. Mas saya searching di google tentang rangkain converter ac ke dc menggunkan trafo ct. Tapi kenapa rangkaiannya berbeda antara power supply amplifier dan cas aki padahal trafonya sama yaitu menggunakan trafo ct! Itu kenapa mas? Dan apa bedanya

    1. Trafo Cas aki juga dapat menggunakan trafo ct. Jadi tidak masalah. Perbedaan hanya dirangkaian saja.

  15. mas , saya mw tnya , saya buat charger aki pake trafo 2 ampere tapi dioda penyearah pakai 1 ampere , . yg saya tnyakan outputnya mengikuti trafo atau dioda mas ? thanks

    1. Jika benar 2A, seharusnya dioda tidak akan tahan. Maksumum arus yang bisa lewat adalah 1A

  16. Saya ada speker aktif,kalau dicolokan ke listrik kok elconya meletup,apa mas penyebabnya,tolong bantu mas

    1. biasanya karena sudah lama tidak dipakai. Cobalah untuk ganti dengan elco baru dengan voltase minimal 50volt, kemudian hidupkan kembali.

  17. mas mau tanya..saya punya trafo ct 2A.saya mau buat dua output yg satu 12 v dengan ground dan yg satu 10 v tp tanpa ground..gmn skema rangkaiannya y mas…tlg dibantu y mas???

  18. Mas saya pnya trafo yg output ny 20v dan kit power 350 watt, kira2 bisa gak ya kalo di rakit dan trafo ny kuat gak mas ?

    1. Trafonya berapa Amper atau berapa watt pak. Prinsipnya jika daya trafo cukup besar atau lebih dari 350watt, jika diaplikasikan ke power 350 watt tidak masalah. Soal voltase sesuaikan dengan jenis transistor yang dipergunakan. Biasaya tip 31/32 41/42 masih cukup menggunakan voltase 20 volt ct.

  19. mas saya mau tanya,, saya punya trafo CT 2A, kok saya cek pake tespen output di bagian CT nya menyala?
    normalkah itu?

    1. CT pada trafo 2A sebenarnya merupakan sebuah output juga. Jadi jika ditest pakai test pen harus menyala. CT sebenarnya hanya singkatan dari Center Tap yang artinya titik tersebut tepat berapa di tengah-tengah gulungan total, sehingga besarnya voltase dari ct ke tempat lain dengan indikator angka voltase sama harus seimbang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *