Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Membuat Rangkaian Crossover Aktif 18dB Per Oktaf 2 Way

WikiKomponen.comCara Membuat rangkaian crossover aktif 18dB per oktaf 2 Way atau bi-amp menggunakan IC Op Amp 5532 sebagai penguat filter berikut ini mungkin dapat menjadi rangkaian proyek baru bagi yang suka dengan crossover aktif. Rangkaian tersebut termasuk cukup sederhana, tetapi memerlukan beberap nilai komponen yang presisi untuk mendapatkan kualitas suara yang baik.

Cara Membuat Rangkaian Crossover Aktif 18dB Per Oktaf 2 Way

Rangkaian Crossover Aktif 18dB Per Oktaf 2 Way

Rangkaian crossover aktif yang akan dibikin kali ini merupakan rangkaian 18dB per oktaf dengan titik potong frekuensi pada 300 Hz. Crossover aktif ini akan diperkuat dengan 2 buah amplifier yang identik yang kemudian dihubungkan dengan speaker.

Cara Membuat Rangkaian Crossover Aktif 18dB Per Oktaf 2 Way

Gambar : Cara Membuat Rangkaian Crossover Aktif 18dB Per Oktaf 2 Way

Ads Metta3

Bagian di atas 300 Hz dapat ditangani oleh sebuah speaker 2 way dengan crossover pasif. Sedangkan bagian di bawah 300 Hz akan ditangani oleh sebuah woofer besar atau subwoofer. Rangkaian ini merupakan rangkaian mono, sehingga diperlukan 2 buah PCB untuk membuat rangkaian stereo.

Penentuan Nilai Komponen Resistor Dan Kapasitor

Proyek ini tidak melibatkan perhitungan titik potong frekuensi yang sulit. Untuk melakukan modifikasi terhadap frekuensi potong, cukup melalukan penggantian komponen dengan merubah nilai resistor dan kapasitor.

Untuk mengeser titip potong crossover atau crossover point, cukup dilakukan dengan mengganti nilai komponen yang ditandai * dengan cara:

  • Untuk mengeser titik potong crossover point ke 600 Hz, cukup kalikan nilai resistor dan kapasitor yang ditandai * dalam rangkaian dengan 0.5.
  • Untuk mengeser titip potong crossvoer poin ke 150 Hz, cukup kalikan semua nilai resistor dan kapasitor yang ditandai * dengan 2.
  • Komponen yang tidak ditandai * tidak perlu diganti.

Nilai resistor dan kapasitor boleh menggunakan resistor carbon atau metal film. Namun untuk mendapatkan nilai yang mendekati, sebaiknya mengukurnya dengan tester digital yang lebih presisi. Carilah nilai yang paling mendekati dari beberapa resistor untuk memperoleh nilai resistor yang paling mendekati. Sebaiknya nilai tidak lebih dari 1 % nilai yang diinginkan.

Jika sulit mendapatkan nilai yang tepat, dapat juga dilakukan dengan melakukan paralel atau seri. Cara ini merupakan cara yang paling mudah dilakukan mengingat sulit mendapatkan komponen yang kita harapkan.

Power Supply Untuk Crossover Aktif

Untuk mendapatkan suara yang jernih, sebaiknya menggunakan IC yang memiliki noise yang kecil. Salah satu yang cukup bagus adalah IC Op-Amp NE5532. Boleh memilih tipe lain seperti TL 072 dan sebagainya, tetapi harus ingat untuk mengatur voltase power supply agar sesuai dengan voltase kerja IC.

Level control sebaiknya tidak dirubah-rubah setelah mendapatkan settingan yang sesuai. Untuk menghindari tergeser secara tidak sengaja, sebaiknya ditempatkan di dalam casing atau tempatkan dengan posisi yang lebih sulit untuk diputar orang lain. Jika perlu, pergunakan trimpot.

Cara membuat rangkaian crossover aktif 18dB per oktaf 2 way cukup mudah karena variasi komponen yang tidak terlalu banyak. Selamat mencoba.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *