Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Membuat Charger Aki Otomatis Cas Accu maupun Aki Kering

WikiKomponen.com – Setelah sebelumnya membahas tentang cara membuat charger aki sederhana berkualitas baik, kali ini kita tambahkan sedikit tentang cara membuat charger aki otomatis cas accu maupun aki kering. Charger ini nantinya akan mampu berhenti sendiri setelah aki penuh.

Namun demikian, rangkaian chargernya sendiri tidak akan dibahas karena sudah pernah dibahas sebelumnya pada pembahasan terdahulu.

Cara Membuat Charger Aki Otomatis Cas Accu Maupun Aki Kering

Pembuatan charger aki otomatis ini hanya perlu menambahkan sebuah rakitan relay yang sudah dirancang untuk menangani trafo hingga 10A. Nantinya kit ini dapat dimodifikasi bila akan dipergunakan untuk arus di atas 10A. Kit ini dikenal dengan sebutan ” Battery Automatic Charging Protection Controller “

Ads Metta3

Jangan bingung dengan nama modulnya. Modul ini banyak dijual secara online dengan sebutan ” Modul Charger Accu Control Automatis Aki 12V ” . Jika masih kesulitan, bisa beli di toko elektronik setempat.

Bahan Dan Komponen untuk Membuat Charger Aki Otomatis

Sebenarnya bahan yang diperlukan sudah pernah dibahas pada artikel sebelumnya tentang cara membuat charger aki 12V. Namun kita akan mengulang sedikit secara singkat mengenai bahan-banyannya.

Transformator atau Trafo 12V ( 12 Volt ) Minimal 5A dan Input 220V ( 220 Volt )

Trafo atau transformer atau sering disebut juga dengan transformator sebaiknya tidak terlalu kecil. Pilihlah minimal 5A agar dapat mengecas aki dengan kecepatan yang baik. Boleh pilih yang jenis 0 ataupun CT. Namun dianjurkan menggunakan jenis yang 0. Agar tidak terjadi drop, pesanlah trafo dengan cadangan voltase 13V atau 14 Volt.

Dioda Penyearah Jenis Bridge 5A hingga 35A untuk Charger Aki

Dioda penyearah jenis Bridge 5A hingga 35A atau rectifier sering disebut dengan berbagai istilah baik itu dioda bridge, kiprok, dioda kotak, sisir atau apapun. Dioda yang dipilih tergantung trafo yang dipergunakan. Namun karena anjuran menggunakan trafo jenis 0, maka dioda yang dipilih otomatis akan menggunakan dioda Bridge.

Rangkaian Otomatis Pemutus Arus

Rangkaian inilah yang nantinya bertugas mengalirkan dan memutus arus ke aki di bagian depan atau input listrik PLN.

Gambar Modul Rangkaian Charger Aki Otomatis

Cara Membuat Charger Aki Otomatis Cas Accu Maupun Aki Kering

Modul Charger Aki Otomatis

Cara Pemasangan / Gambar Modul Rangkaian Charger Aki Otomatis

Sebelum menggunakan rakitan tersebut, ada baiknya pelajari dulu cara kerja dan cara penggunaan rakitan tersebut agar rakitan tidak rusak. Berikut cara pemasangan modul rangkaian charger aki otomatis

Bagian Input Ke Charger

Salah satu kabel input dari PLN sebelum masuk ke charger terlebih dahulu dihubungkan melalui modul. Dari modul arus listrik akan disalurkan melalui rangkaian tersebut ke charger aki. Yang lain tidak ada yang dirobah.

Dalam hal ini, modul tersebut berfungsi sebagai sebuah saklar yang akan otomatis menghidupkan dan mematikan aliran listrik PLN ke charger.

Bagian Input Ke Sensor Charger

Sinyal hidup dan matinya saklar tersebut diatur oleh bagian input dari aki. Voltase aki akan terus dimonitor selama aki di charge. Jika voltase aki telah mencapai voltase tertentu yang menunjukan aki sudah penuh, maka saklar tersebut akan bekerja melalui relay yang terpasang sebesar 10A.

Dari aki, hubungkan 2 buah kabel + dan – ke modul sesuai dengan polaritas. Kedua kabel tersebut akan menjadi sinyal voltase yang mengindikasikan aki sudah penuh sekitar 13 hingga 14 volt.

Besarnya arus yang ditangani sangat tergantung pada relay tersebut. Dengan relay sebesar 10A sebenernya sudah mencukupi untuk dapat dipakai pada aki hingga kapasitas charger di atas 100A dengan sangat aman. Jika masih kurang besar, dapat juga relay diganti dengan relay yang lebih besar.

Penyetelan sensitifitas sensor dapat dilakukan melalui 2 buah potensio yang tersedia. Rakitan yang sangat mudah dipergunakan.

Cara Pemasangan Volt Meter Ke Charger Aki Otomatis

Voltmeter cukup dihubungkan sesuai polaritas ke output voltmeter seperti yang terlihat dalam gambar. Untuk penggunaan voltmeter dengan 3 buah kabel, kedua kabel pengukuran dan kabel supplay dihubungkan menjadi satu. Silakan pelajari kembali cara pemasangan voltmeter.

Demikian sekilas tentang cara membuat charger aki otomatis cas accu maupun aki kering. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *