Cara Membuat Alat Penghemat Pemakaian Listrik Rumah

Cara Membuat Alat Penghemat Pemakaian Listrik Rumah. Dipasaran banyak dijual alat penghemat yang bisa membuat pemakaian listrik irit. Membuat sendiri?

WikiKomponen.comCara Membuat Alat Penghemat Pemakaian Listrik Rumah. Dipasaran banyak dijual alat penghemat yang bisa membuat pemakaian listrik irit. Membuat sendiri? Tentu saja bisa. Anda cukup memahami dulu cara kerja alat penghemat listrik PLN tersebut sebelum memulainya.

Cara Membuat Alat Penghemat Pemakaian Listrik Rumah. Dipasaran banyak dijual alat penghemat yang bisa membuat pemakaian listrik irit. Membuat sendiri?
Cara Membuat Alat Penghemat Pemakaian Listrik Rumah. Dipasaran banyak dijual alat penghemat yang bisa membuat pemakaian listrik irit. Membuat sendiri?

Pro dan kontra mengenai benar tidaknya kemampuan kapasitor sebagai penghemat listrik sebenarnya masih terus berlanjut. Namun perlu diketahui dengan mengefisienkan start awal peralatan , kapasitor jelas sangat berperan.

Hal ini terbukti dengan dipasangnya kapasitor bank di pabrik-pabrik untuk menghemat listrik secara legal. Bahkan PLN sendiri diuntungkan dengan pemasangan tersebut karena penyaluran listrik menjadi lebih efisien karena fluktuasi pemakaian awal pemakaian industri.

Cara Membuat Alat Penghemat Pemakaian Listrik Rumah

Terdapat 2 metode yang dapat dipakai untuk menghemat listrik atau pemakaian pulsa elektrik maupun non elektrik. Metoda yang memungkinkan adalah :

  • Memasang Penghemat Listrik Sebelum Meteran
  • Memasang Peralatan Penghemat Listrik Sesudah Meteran

Namun, harus diperhatikan adalah bahwa cara tersebut harus legal. Jangan sampai menggunakan cara ilegal yang malah dipermasalahkan oleh PLN.

Memasang Peralatan Penghemat Listrik Sebelum Meteran

Umumnya cara menghemat listrik dengan memasang peralatan tambahan sebelum listrik masuk ke jaringan atau ke meteran pencatat adalah ilegal. Sedangkan pemasangan alat apapun setelah melewati meteran biasanya tidak pernah dipermasalahkan. Namun sebagai pengetahuan, perlu kita tahu bahwa cara pemasangan alat penghemat sebelum meteran sebenarnya merupakan cara yang paling efisien.

Salah satu cara untuk mengurangi tagihan adalah memperbaiki voltase masuk ke meteran, sehingga daya listrik yang terpasang maksimal sesuai dengan daya pada MCB. Cara kedua adalah merobah puncak gelombang atau kurva cosinus arus listrik. Salah satu cara adalah pemasangan trafo sebelum memasuki jaringan listrik rumah. Hal ini tampaknya banyak dilakukan oleh pabrik dan industri. Namun apakah legal masih harus diperhatikan jika pemasangan dilakukan dirumah atau perumahan.

Cara tersebut dapat dilakukan dengan pemasangan kapasitor dan coil sekaligus pada jaringan sebelum memasuki meteran. Namun seperti yang telah disebutkan, kedua cara tersebut harus dipelajari lebih lanjut apakah melanggar peraturan PLN.

Pemasangan Penghemat Listrik Setelah Meteran

Untuk pemasangan alat penghemat listrik setelah meteran dianggap sebagai cara yang paling aman dan diperbolehkan. Umumnya sebuah alat penghemat listrik hanya memerlukan sejumlah kapasitor atau sebuah kapasitor AC yang berfungsi sebagai kapasitor bank.

Kapasitor tersebut berfungsi sebagai buffer listrik yang siap ditarik setiap saat terjadi tarikan mendadak, sehingga beban tidak terjadi pada meteran, tetapi terjadi terlebih dahulu pada kapasitor bank tersebut.

Cara Membuat Alat Penghemat Pemakaian Listrik Rumah ini biasanya menggunakan kapasitor yang disusun secara paralel dengan jaringan listrik. Pada kesempatan lain juga telah kita ketahui bahwa salah satu cara menghemat listrik adalah menggunakan starting. Cobalah menggabungkan starting dan kapasitor untuk membentuk alat penghemat yang lebih baik. Selamat mencoba.

Author: Wikikomponen

3 thoughts on “Cara Membuat Alat Penghemat Pemakaian Listrik Rumah

  1. Bang kalau, boleh minta dong rangkai cara pembuatan Power bank nya dan daftar komponen nya..

    1. Iya. Sudah tidak dicantumkan agar tidak dikatakan mengambil skema penghemmat listrik tertentu.. Tapi umumnya hanya kapasitor sebagai komponen utama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.