Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Membuat Alat Pemotong Gabus Atau Styrofoam

WikiKomponen.com – Kali ini kita akan membahas cara membuat alat pemotong gabus atau Styrofoam untuk pengerajin bunga, asesories dekorasi bahkan pabrik produsen styrofoam. Kawat senar gitar atau nilklin umumnya paling banyak dipergunakan sebagai mata pisau.

Pada proyek kali ini, kawat yang akan dipergunakan adalah kawat niklin yang banyak dijual karena memiliki hambatan dalam yang lebih besar dibandingkan dengan senar gitar atau kawat lainnya.

Cara Membuat Alat Pemotong Gabus Atau Styrofoam

Pembuata alat ini sangat sederhana dan mudah. Bahkan beberapa projek yang sebelumnya sudah pernah dibuat akan dipergunakan untuk melengkapi proses pembuatan alat potong tersebut. Berikut ini merupakan persiapan sebelum memulai projek ini.

Ads Metta3

Alat Dan Bahan-bahan Yang Diperlukan

  • Kawat niklin berdiameter kecil. Dianjurkan tidak lebih besar dari 0.8 mm. Semakin kecil akan semakin baik.
  • Sebuah trafo dengan voltase maximum 32 Volt.
  • Saklar on/off atau push on akan lebih baik.
  • Tiang penyangga dan papan alas untuk mengikat kawat.
  • Kabel listrik
  • Saklar Rotary atau Rotary Switch

Cara Membuat Alat Pemotong Gabus Atau Styrofoam

Mempersiapkan Dudukan Pemotong Gabus.

Bentuklah pemotong gabus menurut tujuan masing-masing. Dalam hal ini yang ditunjukan gambar adalah pemotong yang dipergunakan untuk membentuk dan memotong secara vertikal. Bila untuk memotong dalam bentuk lembaran dapat dibuat secara horizontal.

Setelah semua sudah terpasang, sambungkan kawat neklin melalui baut pengencang pada kedua ujung. Nantinya kawat ini akan menjadi panas, jadi pastikan dapat terkunci dengan baik dan kencang. Pergunakan bahan yang tidak mudah terbakar untuk mengikat kedua ujung kawat niklin.

Merangkai Power Supply

Hubungkan bagian 0-220 Volt pada trafo melalui sebuah saklar on/off pada salah satu kabel. Cukup satu kabel yang diputus untuk menghubungkan saklar. Sedangkan kabel yang lain akan langsung masuk ke trafo. Pergunakan kabel AC buntung untuk menghubungkan trafo tersebut. Jika tidak tahu cara menggunakannya, sambungkan langsung ke trafo, nantinya sebagai pemutus arus dapat menggunakan pemutus arus pada kabel rol.

Hubungkan sebuah kabel ke kawat niklin langsung ke 0 trafo bagian output, sedangkan ujung yang satu lagi dihubungkan ke saklar rotari bagian tengah. Dari rotari tersebut, buatlah beberapa kabel untuk dihubungkan masing-masing ke 12 volt, 18 volt, 25 volt dan 32 volt trafo.

Lakukan langkah tersebut dalam kondisi listrik terputus atau belum dialiri aliran listrik. Jika sudah selesai, alat pemotong siap diuji coba dan dipergunakan.

Carilah voltase yang menghasilkan panas yang pas untuk memotong. Jangan menggunakan voltase yang terbesar agar elemen atau kawat niklin tidak terlalu panas. Saklar rotari dapat dipergunakan untuk mengatur suhu dari kawat nilklin tersebut hingga mendapatkan suhu yang tepat.

2 Comments

  1. Muzakki 28/07/2019 Reply
    • wikikomponen 08/08/2019

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *