Cara Membuat AC Pendingin Hemat Listrik Dengan Peltier

Cara Membuat AC Pendingin Hemat Listrik Dengan Peltier

WikiKomponen.comCara Membuat AC Pendingin Hemat Listrik Dengan Peltier. Ide ini muncul ketika menyadari betapa borosnya penggunaan listrik AC konvensional. Hal ini tidak luput dari energi yang diperlukan untuk mengkompress kembali gas freon yang dipergunakan sebagai media penyerap panas pada sebuah pendingin.Cara Membuat AC Pendingin Hemat Listrik Dengan Peltier

Cara Membuat AC Pendingin Hemat Listrik Dengan Peltier

Perlu diketahui bahwa yang akan dibahas berikut ini hanya merupakan konsep dan bukan sebuah rancangan lengkap. Jadi tidak ada jaminan bahwa konsep tersebut akan mampu menyerap kalori yang cukup dari ruangan.

Namun dilihat dari segi energi yang bisa dihemat, maka konsep tersebut sangat layak untuk dilakukan penelitian lebih lanjut. Silakan dilakukan percobaan.

Ads Metta3

Saya membayangkan saat pertama AC dirancang menggunakan Freon, perancang mungkin berpikir untuk merancang sebuah mesin yang bisa menggunakan freon dalam jumlah yang sedikit dan dapat dipergukan secara berulang-ulang.

Hal ini mungkin karena sebuah mesin yang baik tentu harus memiliki bentuk yang cukup kecil, dan kemudian sangat efisien dalam penggunaan media pendingin secara berulangkali.

Hal inilah yang kemudian menimbulkan ide untuk menggunakan kompresor untuk mengkompress gas freon agar kembali menjadi berujud cair.

Namun, jika media penyerap air dapat dipergunakan pada sebuah AC, tentu saja hal ini akan sangat hemat karena air dapat disediakan dalam jumlah yang tidak terbatas.

Pada rancangan peltier, elemen akan mendinginkan air. Air tersebut kemudian akan dipompa kedalam evaporator untuk mendinginkan ruangan. Setelah suhu evaporator mencapai suhu tertentu, maka air dalam evaporator akan dipompa kembali membentuk sebuah siklus air dingin dan air dengan suhu ruangan dari evaporator.

Jadi dalam hal ini tidak menggunakan freon, tetapi menggunakan air sebagai media penyerap panas dengan memanfaatkan evaporator.

Air sangat mudah di simpan, tidak perlu simpan dalam tabung tertutup, tetapi cukup menggunakan sebuah tangki air. Tidak perlu energi tambahan untuk dimampatkan, cukup dialirkan ke penampung air panas untuk air mandi air panas, atau bahkan hanya ditampung kembali agar terjadi pendinginan natural di dalam tangki. Hal ini  berbeda dengan freon yang harus dijaga agar tidak hilang dan menguap ke udara.

Cara Membuat AC Pendingin Hemat Listrik Dengan Peltier ini mungkin hanya sebuah ide dadakan yang terpikirkan. Namun dari segi penggunaan listrik hanya memerlukan sebuah pompa akuarium dan supply listrik yang kecil ke dalam elemen Peltier.

Kombinasikan dengan solar cell, bukan hal yang diluar angan-angan. Bisa jadi menjadi sebuah sistem yang sangat efisien dalam penggunaan energi. Ceritakan kepada kami bila ada yang berhasil membuatnya.

Ide, saran dan pengalaman berharga bagi yang sudah mencoba tentu akan sangat disukai oleh teman-teman yang sedang mencari ide pengembangan.  Selamat bereksperimen.

Author: Wikikomponen

12 thoughts on “Cara Membuat AC Pendingin Hemat Listrik Dengan Peltier

  1. Otodidak percobaan dan pencarian selama 2bln,,, bermacam² cara yg saya coba dan lakukan ntuk bs menjadikan peltier sbg bahan ac, Saya sudah coba dan berhasil sperti dingin ac tp ruangan kamar saya cm 3×3 dgn menggunakan 5buah peltier dan 5 buah fan prosesor/kipas pendingin komputer +heatsinknya, 12v 0,35a pompa aquarium 12v 2a kias blower ac outdoor 20watt, suplay power 12v 30a dan menggunakan ac outdoor bekas,, jd ac outdoor bekas itu cm dipake kipas blowernya, kondensornya dan box/kotaknya saja sbg wadah,,
    Dan yg saya ingin tanyakan jd berapa watt kah rakitan saya ini,,
    Peltier : dc 12v 6a x 5
    Fan prosesor : dc 12v 0,35a x 5
    Pompa aquarium: dc 12v 2a
    Blower outdoor. :Ac 20a
    Power suply :Ac 12v 30a
    Karna saya tidak punya alat untuk mengukur amperx dan apaka power suplay watt jd di tambahin,,
    Cm hobi rakit merakit,,

    1. Selamat untuk keberhasilan percobaannya. Untuk watt aktual, harus diukur saat peralatana hidup dan menggunakan tang amper untuk mengukur amper yang aktual. Namun secara teoritis, besarnya daya yang dpegunakan dapat dihitung dari Amper x voltase. Caranya hitung VA setiap bagian mulai peltier, fan, pompa, blower dan lain-lain. Kalau dilihat dari power supply yang bapak pergunakan, wattnya tidak akan lebih dari 360VA . atau sekitar 300w

  2. memang setahu aku, peltier mempunyai 2 sisi, yaitu sisi panas dan sisi dingin. perbandingan antar keduanya bukanlah 50:50. cenderung lebih besar panasnya (saya belum tahu pasti perbandingannya). dan ukurannya juga kecil berkisar 4 cm persegi (yang umum). Lain cerita bila perkembangan peltier saat ini sudah lebih canggih. yaitu ada peltier panas dan peltier dingin. serta dimensi luasnya yang tambah besar, serta konsumsi daya yang semakin efisien/kecil.

    http://www.sandielektronik.com/2016/07/tec-atau-pendingin-peltier.html
    menjelaskan bahwa efisiensi peltier atau TEC hanyalah 10-15%, bandingkan dengan pendingin konvensional (mungkin AC yg dimaksud) bisa mencapai 40-60%.

    sedang http://www.tokokomputer007.com/mesin-pendingin-portable-mendinginkan-mesin-atau-membuat-es-lebih-mudah-dan-praktis
    dari uraian pada web tsb diatas, saya menyimpulkan bahwa web tsb mengabarkan kepada saya tentang peltier sebagai mesin pendingin. saya sudah berikan koment, terkait teknologi peltier yang saya ketahui hingga saat ini, mempunhyai dua sisi yg antagonis, panas dan dingin. web tsb, justru menyangkan sebuah video demosntrasi pendingian menggunakan peltier pada sebuah papan logan yang diatasnya di letakkan beberapa buah baut logam. setelah beberapa saat peltier di beri arus, secara pelan namun pasti, baut-baut tersebut, mulai mengembun dan diselimuti dengan bunga es.
    Wowwww … bila kah teknologi peltier sudah secanggih itu ?

  3. Klo menurut sy ide untuk membuat ac dengan pengganti freon dengan menggunakan indor ac sebagai pengatur suhu dan on/off penggunaan .. Out dor ac diganti dengan power sub.. Yg terkonek dengan indor .. Rangkaian dibuat menggunakan 3 buah pelteir dan 2 papan almunium block yg di lubangi untuk saluran air yg terrangkai dengan pompa air .. Saran sy menggunakan 2 rotak pompa bensin karna lebih halus dan awet untuk penggunaan.. Jika suhu belum mencapai titik set temperatur .. Power sub akan menyala dan otomatis akan down saat indor ac sudah mencapai titik sett suhu pada indor😀

  4. Baru mau uji coba mbh, semoga berhasil,
    Cara kerjanya sama persis dengan air cooler, dlm siklus air cooler, air dingin yg berupa air es dari frezer atw dari jell disirkulasi keatas, air dingin di beri hmbatan berupa filter udara yg menyebabkan air mngalir merata di difilter tersebut, shubungan air dingin mengeluarkan butiran embun dingin ada fans yg mengalirkan udara maupun embun tersebut untuk mendinginkan ruangan,,,,
    Gak beda jauh dengan air cooler, hanya media pedinginannya yg brbeda, air cooler harus mengisi air es dri luar,klo pkk peltier cukup mensirkulasi air dengan media pendinginya peltier tersebut….

    1. Betul Pak Wahyudi. Master nih. Dulu pernah coba konstruksi, tapi kesulitan di waterblock untuk peltier. Saat ini waterblock sudah banyak di jual. Mudah-mudahan berbagi informasi hasil uji cobanya di wikikomponen, sehingga banyak yang dapat ide dari percobaan bapak. Secara konsep sih memungkinkan, tapi perlu ada yang betul-betul diaplikasikan hingga jadi. Ditunggu sharing dari siapa saja.

  5. Bisa juga si .. dengan media radiator atau waterblock untuk membuang panas yang di timbulkan oleh peltier sendiri .. semakin kita bisa mendinginkan sisi panas pada peltier maka semakin dingin pula sisi dingin yang di hasilkan .. untuk mengatur suhu bisa menggunakan Thermo control dan harus membuat wadah air yang panas untuk di dinginkan dengan fan sehingga sirkulasi pembuangan panas yang di hasilkan peltier bisa dingin sempurna.. sekian

  6. gak bisa kali gan peltier itu kan dingin sama panasnya enggak sebanding dan pasti sangat boros listrik,bayangin dah gan kalo satu peltier menggunakan arus 6 ampere nah kalo biar bisa nyerep panas ruangan kan harus banyak kan peltiernya juga listriknya buat penggerak kipas untuk pendingin peltier itu sendiri masih mending ac gan yang bisa diatur efisiensinya.

    1. Betul sekali ,Kapasitas Peltier sangat terbatas, mana bisa mendinginkan ruangan dengan dimensi setara kamar, apalagi kalau ruangan tersebut terbuka, sangat mustahil hanya menggunakan 1 – 4 Peltier,Ujung ujungnya lebih boros dari AC, bahkan yg Konvensional sekalipun.

    2. Peltier saat ini banyak dipergunakan untuk ruangan kecil. Namun juga terdapat perusahaan yang menggunakan peltier sebagai cadangan untuk mendinginkan ruangan server. Dalam kenyataannya kemampuan peltier memang sangat terbatas dibandingkan denggan pendingin ruanga konvensional. Hal ini terutama karena ukuran peltier yang sangat kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *