Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Membersihkan Virus Malware Komputer Dari Browser Internet

WikiKomponen.comCara membersihkan virus malware komputer dari browser internet seperti Firefox, Chrome, maupun Internet Explorer perlu diketahui karena virus dan malware yang sering ditanamkan pada mesin pencari yang kita pergunakan sangat mengganggu pekerjaan.

Umumnya malware demikian hanya mengganti home page kita menjadi dari standar setting kita dari search engine standar menjadi mesin pencari lain. Namun, setelah data yang terkumpul cukup untuk mengetahui kebiasaan surfing kita, maka program tersebut akan mulai menanamkan iklan berdasarkan kebiasaan kita, sehingga setiap kali kita mencari sesuatu di internet, maka iklan pop up yang beruntun akan mulai bermunculan.

Cara Membersihkan Virus Malware Komputer Dari Browser Internet

Cara Membersihkan Virus Malware Komputer Dari Browser Internet

Cara Membersihkan Virus Malware Komputer Dari Browser Internet

Menghapus Program Malware Dari Komputer

Program seperti Websearch dan sebagainya masuk ke komputer karena proses instalasi yang kita lakukan saat menginstalasi program gratisan yang banyak disediakan di Internet. Saat itu, biasanya program tersebut ikut menyusup dalam proses install.

Untuk menghapusnya, kita harus bisa menemukan program tersebut. Biasanya program tersebut dapat dikenali dari nama perusahaan pembuatnya yang tidak lazim dan tidak kita kenal.

Proses uninstall dapat dilakukan melalui Start, control panel dengan masuk ke ” Program And Features “. Lakukan program uninstall terhadap program pengganggu tersebut sebagai langkap pertama.

Mengembalikan Alamat Homepage Ke Default.

Setelah berhasil membersihkan program tersebut. Untuk Firefox, lakukan dengan langkah berikut:

  • Temukan lambang 3 garis di sudut atas kanan.
  • Pilih tombol tersebut lalu klik pada option
  • Pada baris pertama kiri atas, pilih General.
  • Biasanya terdapat alamat web yang akan kita kunjungi ketika membuka Firefox.
  • Gantilah dengan alamat yang dikehendaki.
  • Klik baris kedua dari kiri atas yaitu pada item search
  • Ganti juga default search engine dengan yang anda inginkan
  • Pada bagian bawahnya lagi terdapat berbagai pilihan mesin pencari atau search engine. Periksalah satu persatu mesin pencari tersebut. Jika ditemukan, hapus sekalian dengan mengarahkan ke mesin pencari tersebut.

    Cara Membersihkan Virus Malware Komputer Dari Browser Internet

    Cara Membersihkan Virus Malware Komputer Dari Browser Internet

Lakukan Start Ulang Setelah Pembersihan

Jika sudah melakukan langkah-langkah di atas, maka komputer sudah bebas dari program pengganggu tersebut. Silakan restar komputer lalu lakukan untuk mencoba membuka kembali Firefox.

Biasanya program tersebut juga menginfeksi mesin pencari yang lain. Bukalah satu persatu seperti Google Chrome, Internet Explorer, apapun browser yang terpasang dikomputer. Lakukan hal yang sama dengan mengembalikan mesin pencari dan alamat homepage ke alamat semula atau sesuai yang kita inginkan. Cara membersihkan virus malware komputer dari browser internet lain mungkin sedikit berbeda. Selamat mencoba.

Baca Juga Artikel :

No Responses

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *