Cara Membedakan AVR Asli OEM Atau KW

WikiKomponen.com – Banyaknya pilihan AVR di pasaran membuat kami team WikiKomponen memilih topik yang agak berbeda kali ini yaitu cara membedakan AVR asli OEM atau KW bahkan palsu ( AVR Genset asli VS palsu )

Cara Membedakan AVR Asli OEM Atau KW

Cara Membedakan AVR Asli OEM Atau KW

Kami membedakan AVR atas 4 jenis berdasarkan label asli palsunya yaitu :

  1. AVR Asli
  2. AVR KW
  3. AVR OEM
  4. AVR Palsu

AVR Asli

Sebuah AVR dapat dikatakan asli apabila perusahaan yang menjual AVR adalah perusahaan yang juga menjual Genset tersebut. Namun menurut beberapa penjual yang kami temui, secara fisik dapat dibedakan dari bentuk fisiknya.

AVR Asli biasanya menempelkan merk tertentu yang menunjukan bahwa AVR tersebut dapat dipergunakan pada merek tertentu.

Sebagai contoh, AVR Stamford di beberapa negara di jual oleh distributornya dengan ciri-ciri casing bagian bawah memiliki huruf timbul atau cetakan permanen. Hal ini sangat mudah dipergunakan sebagai patokan untuk membedakan dengan produk AVR lainnya. Namun, saat ini, ciri ini juga tidak menjamin. Hal ini akan dijelaskan lebih lanjut pada bagian ke 4

Ciri khas lain adalah material yang dipergunakan untuk membuat casing biasanya dilapisi dengan silicon, serta perlengkapan kunci.

AVR KW

Yang dimaksud dengan AVR KW adalah AVR jenis tiruan, jenis rakitan serta replacement parts yang tidak diketahui pasti produksi mana. Ada yang berasal dari Cina, Korea ataupun dari Taiwan. AVR ini merupakan AVR yang paling banyak beredar di pasaran.

Kualitasnya sangat bervariasi mulai dari kualitas yang tidak layak pakai hingga yang memiliki kualitas tinggi. Sehingga satu-satunya cara untuk memilih AVR dengan kualitas yang baik adalah membeli dari pelanggan tetap.

Pastikan bahwa produk tersebut memberikan garansi service jika barang tersebut kemudian mengalami kerusakan ataupun tidak berfungsi dengan baik saat dipasang.

Yang menarik dari jenis AVR ini adalah harganya yang sangat murah mulai dari ratusan ribu hingga jutaan untuk tipe yang sama. Ingat, harga tidak menjamin bahwa produk tersebut baik atau jelek.

AVR OEM

Yang dimaksud dengan AVR OEM adalah AVR umum yang banyak dipergunakan pada berbagai produsen generator. Namun, AVR tersebut biasanya memiliki kualitas yang lebih baik karena produsen telah berani menggunakan produk tersebut pada produk mereka.

Namun, produsen AVR tersebut selain menjual kepada produsen generator, produsen juga menjual komponen AVR tersebut kepada masyarakat maupun perusahaan generator sebagai replacement parts.

AVR jenis ini layak dipertimbangkan mengingat kualitasnya yang lebih baik. Namun, tentu saja harga jual jenis AVR ini juga relatif mahal.

AVR Palsu

Jenis ini merupakan jenis yang harus diwaspadai. Kualitas mungkin tidak terlalu baik, namun penampilan selalu dibuat untuk meniru barang asli.

Bahkan menurut informasi yang kami peroleh, komponen tersebut telah mulai meniru mulai dari casing dengan hurup timbul. Jangan sampai dikelabuhi oleh AVR jenis tersebut.

Berbeda dengan tipe lain, kami menyebut tipe ini sebagai jenis AVR palsu karena cara pemasaran yang berusaha meniru barang asli. Hal ini tentu saja menyalahi aturan dengan menempelkan merek orang lain pada produk secara permanen atau bahkan dijual dengan harga asli yang terbilang mahal.

Walaupun tidak berhasil mendapatkan foto produk palsu tersebut, namun dengan adanya pembahasan tentang ” Cara Membedakan AVR Asli OEM Atau KW ini, diharapkan pembaca paling tidak memiliki bayangan berbagai jenis AVR yang ada di pasaran.

Selalu tanyakan dan dapatkan jaminan dari penjual untuk memberikan garansi. Hindari spekulasi. Hindari melepas segel maupun marking yang diberikan penjual untuk menghindari batalnya garansi. Tidak ada komponen yang dapat diperbaiki pada modul tersebut, sehingga jangan coba untuk memperbaiki sendiri.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *