Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Membaca Mikrometer Skrup Dan Fungsi Skalanya

WikiKomponen.comCara membaca Mikrometer Skrup dan fungsi skalanya dapat dilihat dalam gambar micrometer sekrup berikut ini. Pengertian mikrometer skrup sendiri menunjukan bahwa alat ukur tersebut mampu mengukur ukuran suatu benda hingga ketelitian mikrometer. Alat tersebut merupakan alat ukur paling presisi yang umum dipergunakan pada pengukuran teknik.

Cara Membaca Mikrometer Skrup Dan Fungsi Skalanya

Bagian Utama Skala Micrometer Skrup

Micrometer Skrup memiliki 2 buah skala yaitu yang berada di badan dan di selubung atau skrup yang bisa diputar. Berikut kegunaan kedua skala tersebut:

  • Skala di badan merupakan skala utama yang menunjukan satuam 1 mm dan o.5mm
  • Skala pada bagian selubung atau skrup yang bisa diputar menunjukan desimal hingga 1/1000 mm
Cara Membaca Mikrometer Skrup Dan Fungsi Skalanya

Cara Membaca Mikrometer Skrup Dan Fungsi Skalanya

Ads Metta3

Cara Membaca Hasil Pengukuran Mikrometer Skrup

  • Dari gambar di atas, kita dapat mengatahui bahwa hasil pengukuran pada skala menunjukan angka 5 lebih. Itu artinya benda yang diukur memiliki ukuran lebih dari 5 mm.
  • Pada skala 0.5 mm menunjukan posisi skrup melebihi garis 0.5mm. Itu berarti ukuran benda yang diukur adalah lebih besar dari 5mm + 0.5 mm= 5.5 mm.
  • Pada skala selongsong atau skrup menunjukan garis tepat pada angka 28 yang berarti 0.28 mm lebih besar dari 0.5mm yang ditunjukan oleh skala 0.5mm.
  • Kedua skala pada badan dan pada selongsong kita tambahkan untuk mendapatkan ukuran sebenarnya yaitu 5.5mm + 0.28mm = 5.78 mm.

Fungsi Mikrometer Skrup

Mikrometer Skrup banyak dipergunakan untuk mengukur benda seperti diameter kawat, ketebalan plat, dan benda yang sangat kecil.

Mikrometer Skrup berfungsi untuk mengukur benda kerja yang memerlukan ketelitian hingga 0.01 mm. Pada mikrometer umumnya, pada selongsong telah memberikan skala garis hingga 0.01mm. Namun, kita sebenarnya dapat memperkirakan ukuran hingga skala hingga 0.005mm.

Pada contoh pengukuran di atas, jika ternyata garis menunjukan antara garis 28 dan 29, maka hasil pengukuran akan kita simpulkan sebagai 5.785 mm. Umumnya pengukuran hingga 3 desimal tersebut banyak dituliskan dalam gambar teknik sebagai toleransi hingga ± 0.005 mm.

Cara membaca mikrometer skrup dan fungsi skalanya hampir mirip dengan pembacaan pada jangka sorong yang sempat kita bahas sebelumnya. Perbedaannya hanya pada alat ini, ketelitiannya lebih baik.

One Response

  1. deb 26/08/2015 Reply

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *