Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Memasang Kapasitor X2 Untuk Mencegah Spark

WikiKomponen.com – Cara memasang kapasitor X2 untuk mencegah Spark percikan api saklar peralatan listrik atau suara duk atau jeduk amplifier yang berpotensi merusak speaker.

Peralatan yang menggunakan saklar on off untuk menghidupkan dan mematikan aliran listrik umumnya akan menimbukkan percikan api saat pertama dihidupkan atau dimatikan. Hal ini terutama terjadi pada saklar yang dipasang dengan voltase atau daya yang cukup besar.

Untuk mencegah hal ini terjadi, maka pada bagian ini sering kali dipasang dengan kapasitor jenis AC untuk mencegah terjadinya percikan.

Walaupun berbagai jenis kapasitor AC dapat dipergunakan, namun tipe kapasitor yang sebaiknya dipergunakan adalah tipe X2 karena jenis ini lebih tahan lama dipergunakan untuk meredam percikan api dibandingkan dengan kapasitor jenis lainya.

Ads Metta3

Cara Memasang Kapasitor X2 Untuk Mencegah Spark

Pemasangan kapasitor pada rangkaian ini dipasang secara paralel terhadap kaki salar on off. Dengan demikian, sebagian besar percikan akan mampu diredam.

Cara Memasang Kapasitor X2 Untuk Mencegah Spark

Cara Memasang Kapasitor X2 Untuk Mencegah Spark

Pada peralatan audio, hal ini dapat dipakai untuk mengurangi suara jeduk atau tendangan bas tiba-tiba terhadap cone speaker. Jika dibiarkan terus-menerus, maka ada kemungkinan akan merusak speaker terutama pada posisi amplifier disetel pada posisi power terbuka.

Khusus untuk suara jeduk pada speaker sendiri terdapat berbagai cara yang lebih baik untuk mencegah suara tersebut. Namun dalam kesempatan ini kita tidak akan membahas berbagai metoda seperti speaker protektor atau komponen lainnya.

Walaupun demikian, pemakaian kapasitor X2 pada bagian saklar sangat membantu untuk mengurangi bunyi dug tersebut hingga ke level yang dapat ditoleransi.

Cara ini dianggap solusi paling murah dan paling cepat tanpa memerlukan catudaya tambahan ataupun komponen yang kompleks. Cukup pasang sebuah kapasitor, maka masalah tersebut dapat langsung teratasi.

Ciri-Ciri Kapasitor X2

Kapasitor X2 umumnya berbentuk kotak seperti pada gambar di atas. Pada bagian printing, umumnya tertulis X2 capacitor. Dari segi warna, kapasitor dapat saja berwarna merah, kuning, hitam, hijau atau biru. Hal ini bukanlah masalah.

Gambar di atas merupakan gambar cara memasang kapasitor X2 untuk mencegah Spark pada saat saklar pertama kali dihidupkan. Semoga bermanfaat.

One Response

  1. sugi anto 01/10/2017 Reply

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *