Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Memasang Dual Digital Voltmeter Plus Ammeter

WikiKomponen.com – Cara memasang dual digital Voltmeter plus Ammeter ke panel listrik atau sekedar charger aki semakin praktis dengan hadirnya volt meter dan am meter digital. Namun, banyaknya design menyebabkan pemasangan tidak bisa diseragamkan dan cenderung membuat bingung sebagian teknisi.

Namun jika memahami fungsi setiap kabel peralatan tersebut, maka masalah ini hampir bukan lagi menjadi masalah. Tetapi malah dapat menemukan meteran yang paling fleksibel dengan makin banyaknya kabel yang tersedia.

Cara Memasang Dual Digital Voltmeter Plus Ammeter

Terdapat 2 jenis utama Voltmeter digital yang tersedia di pasaran yaitu:

Ads Metta3
  1. Jenis Voltmeter Digital
  2. Jenis Volt Meter + Ammeter ( Amper Meter ) Digital

Jenis Voltmeter Digital

Jenis voltmeter digital berfungsi hanya untuk mengukur voltase atau menunjukan voltase dari suatu peralatan dan hanya voltase saja yang ditunjukan.

Jenis Voltmeter digital yang tersedia di pasaran dapat dibagi dalam 2 model yaitu :

  • Voltmeter 2 Kabel.
  • Voltmeter 3 Kabel.

Voltmeter 2 Kabel

Jenis volt meter ini menggunakan 2 buah kabel sebagai input untuk mengukur voltase. Jenis ini sangat praktis mengingat hanya terdapat 2 buah kabel pada voltmeter. Dengan hadirnya jenis ini, pekerjaan pemasangan voltmeter hampir tidak ada masalah berarti karena hanya perlu menghubungkan kabel merah dan kabel hitam sesuai dengan polaritas ke peralatan. Selesai memasang, voltmeter langsung dapat menunjukan voltase yang bekerja pada peralatan tersebut.

Voltmeter 3 Kabel

Jenis ini biasanya terdiri dari kabel merah, hitam dan satu kabel dengan warna lainnya. Perbedaannya adalah ketika kabel merah dan hitam dipasangkan pada peralatan listrik, voltmeter hanya menyala dan menunjukkan 00 volt. Kedua kabel tersebut sebenarnya hanya kabel untuk menghidupkan lampu kecil yang berfungsi sebagai penerangan pada peralatan voltmeter.

Untuk dapat mengukur tegangan yang sedang bekerja, diperlukan kabel ke 3 . Kabel tersebut harus dihubungkan ke kutup positif peralatan yang akan diukur voltasenya. Jika menggunakan 1 sumber listrik, maka kabel tersebut dapat digabung dengan kabel merah.

Tetapi jika menggunakan 2 buah sumbel listrik, maka kabel tersebut harus dihubungkan ke kutup positif power supply kedua, sehingga menunjukan voltase power supply ke 2 .

Jenis ini memungkinkan untuk mengukur tegangan yang berbeda dengan tegangan supply lampu, sehingga biasanya memiliki range pengukuran yang lebih luas hingga 100VDC.

Hal ini karena keterbatasan daya tahan lampu yang dirancang hanya mampu disupply dengan voltase di bawah 30VDC, sedangkan kemampuan pengukuran sebenarnya dapat lebih dari voltase tersebut.

Jenis Volt Meter + Ammeter ( Amper Meter ) Digital

Cara Memasang Dual Digital Voltmeter Plus Ammeter

Jenis ini merupakan perpaduan 2 pengukuran dalam satu peralatan yaitu pengukuran voltase dan pengukuran amper. Kedua kabel biasanya terpisah dalam 2 buah socket yang terdiri dari 3 kabel kecil dan 2 kabel besar.

Pemasangan kabel kecil adalah untuk pengukuran voltase, sehingga cara pemasangan dapat mengikuti cara di atas. Sedangkan pemasangan kabel besar harus terhubung secara seri dengan sumber listrik.

Cara sederhananya adalah dengan memutus salah satu kabel sebelum ke peralatan, lalu kedua ujung yang diputuskan tersebut dihubungkan ke masing-masing satu kabel dari ammeter.

Soket Kabel Kecil
– Kabel Merah menunjukkan kutup positif (+) Power Suplay 4.5-30VDC
– Kabel Hitam menunjukan kutup negatif (-) Power Suplay 4.5-30VDC
– Kabel Kuning menunjukkan kutup positif (+) Power Supply Beban dalam pengukuran tegangan

Soket Kabel Besar
– Kabel merah dihubungkan ke negatif beban
– Kabel hitam dihubungkan ke negatif Power Suplay.

Video Cara Memasang Digital Voltmeter Ammeter

Agar lebih mudah memahami cara pemasangan, berikut ini terdapat sebuah video sederhana yang mungkin dapat membantu pemahaman secara visual.

Perhatikan beban maksimum yang bisa diukur. Untuk beban yang besar, biasanya akan memerlukan Shunt atau Trafo CT. Demikian sekilas cara memasang dual digital Voltmeter plus Ammeter yang pada umumnya dapat ditemukan di pasaran, semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *