Cara Kerja Trafo Atau Transformator Inti Besi

WikiKomponen.comCara Kerja Trafo Atau Transformator Inti Besi. Prinsip kerja trafo atau travo memanfaatkan induksi magnetik yang merubah arus listrik pada sisi primer menjadi induksi magnet yang kemudian dirobah kembali menjadi arus listrik pada bagian sekunder.

Cara Kerja Trafo Atau Transformator Inti Besi

Prinsip Kerja Trafo

Ketika arus memasuki gulungan primer trafo, terjadilah medan magnet. Medan magnet tersebut kemudian menginduksi gulungan sekunder trafo yang kembali menimbulkan arus listrik dengan beda voltase sesuai jumlah gulungan yang terdapat pada sisi sekunder.

Cara Kerja Trafo Atau Transformator Inti Besi
Cara Kerja Trafo Atau Transformator Inti Besi

Ini berarti tidak terdapat hubungan langsung antara konduktor gulungan primer dan gulungan sekunder. Semua energi ditransfer melalui induksi medan magnet. Selain jenis trafo yang menggunakan prinsip induksi secara sempurna, terdapat juga jenis trafo yang terdapat hubungan antara primer dan sekunder secara langsung pada bagian konduktornya.

Ads Metta3

Perbedaan antara kedua jenis trafo ini menyebabkan trafo dengan inti besi terbagi menjadi 2 jenis berdasarkan hubungan antara gulungan primer dan sekundernya. Kedua jenis ini adalah :

  • Trafo Isolasi
  • Trafo Auto Atau Auto Trafo

Kedua jenis trafo tersebut memiliki keuntungannya masing-masing jika ditinjau dari segi harga dan keandalannya.

Fungsi Trafo Atau Transformator

Trafo pada dasarnya merupakan sebuah komponen pasif yang bertujuan untuk merubah tegangan. Dari sumber tegangan tertentu, trafo dapat menaikan voltase maupun menurunkan trafo, sehingga dapat dipergunakan oleh beban yang akan di pasanga pada bagian sekunder.

Berdasarkan fungsi trafo tersebut dalam merubah voltase, trafo dapat diketagorikan menjadi 2 macam yaitu :

  • Trafo Step Down. Trafo jenis ini merubah voltase masuk yang lebih tinggi menjadi voltase yang lebih rendah.
  • Trafo Step Up. Trafo step up merubah voltase yang masuk menjadi voltase yang lebih tinggi dari voltase masuk.

Cara kerja trafo atau transformator inti besi ini tidak banyak berbeda dengan trafo jenis lain. Perbedaannya hanya terletak pada frekuensi kerjanya. Pada trafo jenis serbuk besi, prinsipnya juga tetap sama, hanya menggunakan frekuensi kerja yang lebih tinggi.

Author: Wikikomponen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.