Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Kerja Speaker Dalam Menghasilkan Suara

WikiKomponen.com РBagaimana cara kerja speaker dalam menghasilkan suara ? Sebuah woofer terdiri dari komponen magnet, membran, coil magnetik, tutup coil, dan rangka sebagai bagian utama. Untuk dapat menghasilkan suara, coil magnetik  harus dialiri arus, sehingga menghasilkan gerakan yang menghasilkan suara pada membran speaker.

Cara Kerja Speaker Dalam Menghasilkan Suara

Cara Kerja Speaker Dalam Menghasilkan Suara

Cara Kerja Speaker Dalam Menghasilkan Suara

Prinsip Kerja Speaker.

Dua buah magnet yang memiliki kutup yang sama akan menghasilkan gaya yang saling mendorong. Sedangkan bila kutup yang berbeda akan saling menarik. Speaker memanfaatkan sifat magnet yang saling menarik dan saling mendorong untuk menghasilkan suara.

Ads Metta3

Kutub magnet yang terpasang pada rangka sebuah speaker memiliki polaritas yang sudah menetap, sehingga tidak bisa dirubah-rubah. Namun, dalam speaker tersebut dipasang sebuah magnetik coil yang setiap saat dapat dialiri arus listrik yang merubah coil menjadi sebuah magnet sementara yang memiliki kutup tertentu.

Jika arus dialirkan ke dalam coil, maka akan tercipta magnet sesuai dengan kutup magnet yang telah diatur, sehingga membran yang memegang coil tersebut ikut bergerak sesuai dengan sifat dari magnet.

Cara Kerja Speaker Dalam Menghasilkan Suara

Cara Kerja Speaker Dalam Menghasilkan Suara

Cara Kerja Speaker

Sebuah coil magnetik akan ditempatkan ditengah medan magnet dengan terlebih dahulu merekatkan pada membran. Saat speaker tersebut dialiri listrik, maka coil tersebut akan berubah menjadi magnet dengan kutup yang berbeda dan bergerak maju dengan cepat, sehingga menghasilkan suara. Setelah arus diputus, maka coil atau spool speaker akan kembali ke posisi semula untuk kembali digerakan dengan mengalirkan sinyal listrik.

Speaker harus memiliki magnet yang cukup besar untuk dapat menghasilkan dorongan yang kuat. Dengan dorongan yang sangat kuat, akan menghasilkan suara yang lebih kencang.

Bagian-Bagian Speaker

Secara terperinci, sebuah speaker umumnya terdiri dari bagian-bagian :

  • Lempeng Magnet
  • As Penuntun Coil Magnetik
  • Coil Magnetik.
  • Kabel Arus
  • Terminal Speaker
  • Membran Speaker
  • Dop Atau Tutup Spool.
  • Kerangka
  • Busa Penahan Getaran.

Cara kerja speaker dalam menghasilkan suara sangat tergantung pada magnet dan ukuran membran yang terpasang. Semakin besar ukuran magnet dan membran, maka akan mampu menghasilkan suara yang lebih besar.

Speaker terdiri dari impedansi 4 ohm, 8 ohm, dan 16 ohm. Sedangkan daya output sebuah speaker dinyatakan dalam satuan watt.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *