Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Kerja Pemanas Air Tenaga Surya Atau Matahari

WikiKomponen.com – Cara kerja pemanas air tenaga surya atau matahari merek Ariston, Sanken, Yamaha, pada dasarnya memiliki persamaan. Jenis kolketor mempengaruhi harga murah hingga yang terbaik. Namun tidak banyak berbeda dari segi cara kerjanya.

Cara Kerja Pemanas Air Tenaga Surya Atau Matahari

Pemanas air tenaga surya terdiri dari sebuah panel kolektor dengan sebuah tangki yang terhubung melalui dua pipa assesories.

Kolektor dilengkapi dengan kaca vacum yang berfungsi sebagai perangkap panas sinar matahari. Sedangkan di dalam tabung tersusun rangkaian pipa tembaga yang berfungsi sebagai penyerap panas tabung.

Ads Metta3

Tangki sendiri berperan sebagai sebuah thermos yang mengisolasi panas agar tidak menurun secara cepat.

Pada kondisi cerah, panel kolektor akan terus menerus memerangkap sinar matahari ke dalam tabung dengan sistem rumah kaca. Kemudian panas tersebut akan dialirkan melalui absorber menuju pipa-pipa tembaga yang berisi air. Di sini terjadi perpindahan panas ke air didalam pipa secara konveksi.

Cara Kerja Pemanas Air Tenaga Surya - Gambar Pemanas air matahari

Cara Kerja Pemanas Air Tenaga Surya

Prinsip Kerja Pemanas Air

Saat air di dalam panel kolektor mengalami pemanasan, air akan bergerak ke sisi atas dan masuk ke dalam tangki tampung. Sedangkan pada waktu yang bersamaan, air tangki bersuhu rendah akan terdorong ke dalam panel kolektor.

Siklus ini akan berulang terus menerus selama memanaskan air. Pergerakan ini terjadi secara alami karena adanya perbedaan suhu air. Namun demikian, terdapat aturan pemasangan yang diterapkan oleh setiap pabrik pembuatnya agar prinsip kerja tersebut dapat berjalan tanpa bantuan pompa luar.

Aturan Pemasangan Kolektor.

Pemasangan posisi kolektor harus diarahkan untuk mendapatkan matahari dalam rentang waktu yang paling panjang. Umumnya pemasangan kolektor menggunakan sudut 45ยบ menghadap Timur dan Barat searah gerakan matahari.

Bahkan terdapat beberapa tipe yang memiliki motor untuk terus merubah sudut kolektor. Dengan demikian, sudut yang dibentuk oleh kolektor akan tetap pada posisi optimal.

Aturan pemasangan terbaik agar dapat disesuaikan dengan spesifikasi yang diberikan oleh pabrik setiap pembuatnya. Cara kerja pemanas air tenaga surya atau matahari yang menggunakan prinsip konveksi ini dapat turut mengurangi penggunaan daya, sehingga merupakan sumber tenaga pemanas air yang paling ramah lingkungan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *