Cara Kerja Pemanas Air Daur Ulang Panas Buangan AC

WikiKomponen.comCara kerja pemanas air daur ulang panas buangan AC mulai mendapat tempat di hati masyarakat. Selain hemat energi dan ramah lingkungan, AC menjadi awet karena kerja kompresor semakin ringan.

Cara Kerja Pemanas Air Daur Ulang Panas Buangan AC

Cara kerja pemanas air yang memanfaatkan daur ulang panas buangan dari Heat Exchanger AC tidak banyak perbedaan dengan AC pada umumnya.

Perbedaan utamanya adalah terdapat tambahan unit tangki air yang telah dilengkapi dengan heat exchanger tambahan selain outdoor unit standard.

Ads Metta3
Cara Kerja Pemanas Air Daur Ulang Panas Buangan AC

Cara Kerja Pemanas Air Daur Ulang Panas Buangan AC

Sebelum freon panas didinginkan di outdoor unit, freon panas tersebut akan melalui coil yang dipakai untuk memanaskan air terebih dahulu.

Freon yang keluar dari coil tangki air tersebut kemudian baru dialirkan ke dalam unit outdoor standar AC. Selain itu, semua proses tidak terdapat perbedaan dengan cara kerja AC pada umumnya.

Keuntungan Dan Kelebihan AC Dengan Pemanas Air

Perpaduan kedua fungsi tersebut ternyata dapat menghemat energi cukup besar karena air yang dipanaskan sama sekali tidak menggunakan listrik untuk pemanasan elemen.

Dengan memanfaatkan sistem tersebut, ternyata diperoleh beberapa keuntungan yaitu:

  1. Hemat energi dan pemakaian listrik. Jika sebelumnya untuk memperoleh air panas harus menggunakan heater, maka dengan memanfaatkan panas buangan AC, maka heater tidak lagi diperlukan.
  2. AC menjadi lebih awet. Freon yang keluar dari evaporator akan lebih cepat didinginkan, sehingga dapat meringankan kerja kipas. Freon yang kembali ke Evaporator akan memiliki temperatur yang lebih dingin dari temperatur AC umumnya, sehingga meringankan kerja kompresor.
  3. Kecepatan pendingin AC lebih baik dan meningkat. Freon yang kembali ke indoor unit menjadi lebih efisien karena jumlah panas yang dapat diserap lebih banyak. Dengan demikian, maka kerja AC akan semakin efisien.

Walaupun di Indonesia saat ini tidak banyak yang menggunakan. Namun menurut perkiraan, penggunaan AC jenis ini akan semakin meningkat seiring waktu.

Cara kerja pemanas air daur ulang panas buangan AC dapat membantu menghemat ratusan ribu setiap bulannya dari tagihan listrik. Bisa dibayangkan jumlah penghematan dalam hitungan tahun.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *