Cara Kerja Mesin Potong Laser Atau Plasma Cut

Cara Kerja Mesin Potong Laser Atau Plasma Cut

WikiKomponen.com – Bagaimana cara kerja mesin potong laser atau Plasma Cut, prinsip dan proses produksi untuk plate logam, kayu, plastik maupun akrilik dapat dilakukan oleh mesin jenis ini?

Plasma cut atau laser cut memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan proses produksi yang lain. Walaupun harga investasi yang harus dilakukan cukup besar, namun proses tersebut untuk jangka panjang jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya pemeliharaan dibandingkan dengan proses produksi jenis lainnya.

Prinsip kerja mesin jenis ini memanfaatkan pemisahan menggunakan panas bahkan tanpa terjadi kontak antara mesin dengan media.

Cara Kerja Mesin Potong Laser Atau Plasma Cut

Mesin laser cut bekerja menggunakan panas yang dihasilkan oleh sebuah sinar lasar berkonsentrasi tinggi yang diatur kedalaman potongnya sesuai dengan ketebalan plat.

Cara Kerja Mesin Potong Laser Atau Plasma Cut
Cara Kerja Mesin Potong Laser Atau Plasma Cut

Untuk mencegah kerusakan plat pada bagian yang tidak terkena laser agar tidak rusak, maka proses pemanasan harus sangat cepat dan terkontrol. Material yang terpotong harus dapat dipanaskan dengan cepat dan dibakar , dilumerkan, diuapkan atau bahkan disisihkan dengan bantuan media udara.

Biasanya untuk tujuan tersebut dipergunakan gas seperti oksigen, nitrogen dan sebagainya untuk mengisolasi penyebaran panas ke bagian sampingnya. Dengan demikian, hasil yang diperoleh dapat lebih presisi.

Untuk menghasilkan pola dan bentuk yang sesuai dengan yang diinginkan, jenis proses ini tidak menggunakan moulding, tetapi mengandalkan CNC untuk mengendalikan pola potongan sesuai dengan pola yang telah di input.

Kelebihan Lasar Cutting

Pada proses produksi menggunakan laser cut, terdapat beberapa kelebihan antara lain:

  • Tidak memerlukan cetakan
  • Dapat memotong plate hingga ketebalan 10mm
  • Kecepatan potong yang cepat, sehingga mempengaruhi ketelitian potong dibandingkan dengan pemotongan metoda lain.
  • Tidak terjadi kontak antara mesin dengan benda kerja, sehingga tidak memerlukan pemeliharaan pisau dari keausan seperti yang terjadi pada proses sejenis.

Seperti yang telah disebutkan di atas, proses produksi menggunakan mesin potong laser dapat diaplikasikan pada bahan mulai stanless steel, emas, alumnium, titanium, platinium, keramic, kristal bahkan semikonduktor.

Luasnya material yang dapat dikerjakan oleh mesin potong laser atau plasma membuat pemotongan hampir menjadi hal yang mustahil. Selain itu, penghematan yang dapat dilakukan oleh mesin tersebut untuk bahan besar sangat menghemat biasa pembuatan moulding. Cara kerja mesin potong laser atau plasma cut membuat biaya produksi untuk jumlah kecil menjadi jauh lebih murah.

Author: Wikikomponen

2 thoughts on “Cara Kerja Mesin Potong Laser Atau Plasma Cut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.