Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Kerja Dan Fungsi Trafo CT Current Transformer

WikiKomponen.com – Cara Kerja Dan Fungsi Trafo CT Current Transformer. Sebuah CT dipakai saat pengukuran besar arus yang dipadukan dengan Ammeter sebagai indikator. Hal ini dilakukan saat pengukuran langsung terhadap rangkaian tidak memungkinkan. Pengertian CT di sini harus dibedakan dengan istilah CT ( Center Tap ) pada power transformer.

Cara Kerja Dan Fungsi Trafo CT Current Transformer

Mengukur besarnya arus pada tegangan tinggi hampir tidak dapat dilakukan karena akan merusak peralatan atau alat ukur. Hal ini karena keberadaan voltase yang tinggi ataupun amper yang sangat besar sehingga menyebabkan peralatan mengalami pemanasan yang berlebihan dan mengalami kerusakan.

Peningkatan suhu dalam peralatan juga dapat menyebabkan pengukuran menjadi kurang tepat.  Namun, tidak berarti hal tersebut tidak mungkin dilakukan. Untuk menyiasati hal tersebut, sebuah CT atau Current Transformer dapat dipergunakan

Ads Metta3

Prinsip Kerja Current Transformer

Untuk memahami cara kerja sebuah, kita dapat menggunakan prinsip kerja dari sebuah trafo voltase ( VT ). Dalam arus AC, sebuah arus yang dialirkan kedalam lilitan akan menghasilkan medan magnet dalam coil tersebut. Medan magnet tersebut akan mengalir kembali melaui lilitan lain yang berada berdekatan dengan medan magnet tersebut tanpa perlu terhubung ke sumber listrik secara fisik.

Perbedaannya dengan CT adalah bahwa CT hanya memiliki 1 atau 2 lilitan pada primer, sehingga CT dapat juga disebut dengan sebuah trafo step up.

Cara Memasang Current Transformer

Agar sebuah CT dapat bekerja, CT tersebut harus dilalui oleh sebuah konduktor yang berfungsi sebagai lilitan primer. Artinya, pada setiap phase baik 1 phase maupun 3 phase, hanya salah satu kabel dari setipa phase saja yang dipergunakan. Sedangkan kabel yang lain tetap terhubung tanpa melalui CT.

Jenis Current Transformer

Current Transformer atau CT sendiri dapat digolongkan menjadi beberapa jenis menurut bentuk, class dan spesifikasinya. Pada peralatan tertentu persyaratan class sangat penting untuk diperhatikan. Namun, umumnya peralatan yang banyak menggunakan CT cukup menggunakan jenis CT umum yang cukup murah harganya.

Spesifikasi CT yang harus diperhatikan adalah nilai perbandingannya antara lain:

  • 400/5A
  • 600/5A
  • 800/5A

Dari segi bentuknya, CT dapat digolongkan menjadi

  • Wounded core
  • Stack core
  • Split core

Fungsi Current Transformer ( CT )

Fungsi utama dari sebuah CT adalah mengukur arus yang mengalir dalam sebuah rangkaian terutama dalam pembacaan arus dalam aliran voltase tinggi dalam jaringan distribusi. Selain itu, ct juga dipergunakan untuk pembacaan pada meteran listrik yang saaat ini  banyak beredar dengan penunjukan besarnya arus yang mengalir dalam setiap phase.

Cara Kerja Dan Fungsi Trafo CT Current Transformer

Fungsi lain dari sebuah CT adalah untuk proteksi peralatan. Dengan meningkatkan jumlah lilitan pada sekunder CT, maka arus yang mengalir dapat diperkecil menjadi lebih kecil dibandingkan dengan arus yang mengalir di primer.Hal ini bertujuan untuk melindungi peralatan seperti resistor dalam ammeter. Pemasangan relay juga seringkali disertakan sebagai pemutus overload untuk tujuan perlindungan dalam kondisi tertentu.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *