Cara Kerja Charger HP Wireless Serta Kelebihan Kekurangannya

Cara Kerja Charger HP Wireless Smartphone Serta Kelebihan Kekurangannya

WikiKomponen.comBagaimana cara kerja charger HP Wireless serta kelebihan Kekurangannya? Kemajuan teknologi handphone membuat pengisian baterai tidak lagi memerlukan kabel berupa colokan mini USB. Saat ini perusahaan handphone besar telah berhasil memproduksi jenis charger ini secara masal. Cukup letakan smartphone anda di atas charger, maka pengisian baterai pun langsung berlangsung.

Bagaimana efisiensinya ? Keamanan nya? Seberapa praktis charger tersebut ?  Berikut ini pembahasan lengkap tentang cara kerja charger HP Wireless serta kelebihan kekurangannya.

Cara Kerja Charger HP Wireless Serta Kelebihan Kekurangannya

Cara Kerja Charger Tanpa Kabel Atau Wireless

Handphone tersebut menggunakan sistem induksi elektromagnetik untuk memindahkan energi dari unit charger menuju ke unit charger pada handphone. Dalam unit charger terdapat sebuah induktor yang bertugas merubah energi listrik menjadi energi magnetik. Energi tersebut kemudian ditangkap oleh sebuah induktor lain yang berada di handphone untuk dirubah kembali menjadi listrik dengan berbagai regulasi dan pengaturan voltase sebelum masuk ke dalam baterai.

Ads Metta3
Cara Kerja Charger HP Wireless Serta Kelebihan Kekurangannya
Cara Kerja Charger HP Wireless Serta Kelebihan Kekurangannya

Kelebihan Charger Handphone Tanpa Kabel

Kemajuan dalam bidang wireless tidak hanya dari segi transfer data. Bahkan saat ini pengisian baterai pun telah dapat dilakukan tanpa kabel. Hanya dengan meletakan hanphone ke atas unit wireless charger, handphone anda akan langsung terisi baterai secara otomatis.

Kelebihan charger jenis ini terletak pada beberapa hal yaitu:

  • Tidak perlu menghubungkan kabel dan colokan USB ke handphone, sehingga lebih cepat.
  • Terhindar dari kerusakan konektor USB karena sering dipergunakan untuk mengisi baterai.
  • Lebih hemat kabel charger akibat kerusakan USB mini pada bagian pengisian.
  • Praktis karena dapat menghentikan charging saat handphone berbunyi dengan hanya menjauhkan dari charger dan mengisi kembali baterai setelah selesai menggunakan handphone terutama pada jenis baterai Litihum.
  • Compatible untuk semua jenis handphone karena tidak memerlukan colokan yang bermacam-macam.
  • Dapat ditempatkan di berbagai tempat umum seperti Airport, Cafe, restoran dan mall untuk umum tanpa perlu menyediakan berbagai macam charger dengan colokan berbeda untuk setiap merek.

Kekurangan Charger Tanpa Kabel

Charger wireless ternyata tidak se efisien charger kabel dalam hal efisiensi. Charger jenis ini lebih lama dalam mengisi baterai. Selain itu, penggunaan listrik juga lebih besar dari pada penggunaan pada jenis kabel. Hal ini disebabkan oleh karena sebagian energi dirubah menjadi panas.

Jenis charger ini juga memiliki harga yang sedikit lebih mahal karena mengandalkan teknologi yang lebih rumit dari pada charger umum.

Charger wireless membuat telepon atau smartphone anda tampak lebih tebal dan berat dibandingkan charger biasa. Unit charger umumya ditempatkan dibelakang casing yang lebih tebal, sehingga membuat HP terasa lebih tebal dan berat.

Artikel cara kerja charger HP Wireless serta kelebihan kekurangannya tersebut tidak bermaksud mempromosikan produk tertentu yang kebetulan telah di jual di Indonesia, tetapi lebih bersifat pembahasan singkat agar lebih memahami keunggulan teknologi ini. Semoga bermanfaat.

Author: Wikikomponen

2 thoughts on “Cara Kerja Charger HP Wireless Serta Kelebihan Kekurangannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *