Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Kalibrasi Oven Agar Sesuai Petunjuk Pengatur Suhu Otomatis

WikiKomponen.comCara Kalibrasi Oven Agar Sesuai Petunjuk Pengatur Suhu Otomatis. Pemanggang kue tua tidak panas atau tidak sesuai dengan suhu yang tertera pada tombol pengatur, sehingga kue tidak matang atau hangus? Hal ini banyak dialami oleh oven tua yang sudah lama dipergunakan.

Oven yang telah lama dipergunakan biasanya mengalami perubahan settingan, sehingga saat anda memasang tombol pada suhu 400ºC, ternyata suhu dalam oven hanya mencapai 300ºC. Hal ini bukan hal yang jarang ditemukan.

Cara Kalibrasi Oven Agar Sesuai Petunjuk Pengatur Suhu Otomatis

Cara Kalibrasi Oven Agar Sesuai Petunjuk Pengatur Suhu Otomatis

Jangan terburu-buru mengganti dengan yang baru. Jika oven bisa bertahan bertahun-tahun, itu artinya oven tersebut oven berkualitas. Yang perlu dilakukan hanya mengkalibrasi ulang pengatur suhu, sehingga sesuai antara suhu pengaturan dan suhu pada kenyataan yang dihasilkan.

Ads Metta3

Cara Kalibrasi Oven Agar Sesuai Petunjuk Pengatur Suhu Otomatis

Cara yang dapat dilakukan untuk mengatur ulang petunjuk adalah menulis ulang suhu yang tertera pada oven sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Oven yang sudah lama dipergunakan umumnya akan mengalami perubahan, sehingga saat anda mengatur tombol pada posisi 400ºC, sebenarnya suhu yang dapat dihasilkan mungkin hanya 300ºC, atau bahkan lebih dari suhu tersebut.

Akibatnya thermostat bekerja terlalu cepat atau terlalu lambat, sehingga kue yang dibikin sesuai dengan petunjuk di resep tidak berhasil dibuat.

Yang harus dilakukan sebelum kalibrasi adalah melakukan pengukuran. Caranya :

  1. Aturlah suhu pada posisi 100ºC selama 10 menit, kemudian ukurlah menggunakan thermometer probe atau inframerah.
  2. Catat suhu yang sebenarnya dari pengukuran tersebut.
  3. Ulangi mengatur suhu pengaturan pada posisi 200ºC. Kemudian ukur kembali menggunakan thermometer.Lalu catat hasilnya.
  4. Lakukan secara berulang kali hingga mencapai suhu 80% dari kemampuan oven lalu matikan.

Jika oven bekerja dengan baik, maka suhu yang terukur seharusnya sama dengan yang tertera pada petunjuk pada pengatur thermostat.

Jika ternyata tidak sesuai, lakukan penyesuaian dengan cara menulis ulang angka yang tertera pada oven.

Kalibrasi sederhana ini dapat dilakukan dengan menggunakan spidol atau menempelkan kertas yang terlebih dahulu sudah ditandai dengan suhu yang sesuai pada posisi yang sesuai.

Dengan demikian, saat akan dipergunakan berikutnya, cukup atur pegatur suhu sesuai dengan petunjuk baru yang telah dikalibrasi. Cara Kalibrasi oven agar sesuai petunjuk pengatur suhu otomatis bertujuan untuk mempermudah kita mengatur suhu agar tidak terjadi kekeliruan. Dengan demikian, memasak menggunakan oven akan menghasilkan makanan yang sesuai dengan suhu masak. Selamat mencoba.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *