Bentuk Aplikasi Dioda Laser Dan Cara Kerjanya

WikiKomponen.comBentuk Aplikasi Dioda Laser Dan Cara Kerjanya. Sebuah dioda laser dikenal juga dengan laser injeksi atau laser. Dioda tersebut merupakan komponen semikonduktor yang menghasilkan radiasi koheren. Maksud radiasi koheren adalah semua gelombang pada frekuensi dan fase yang sama untuk spektrum inframerah yang terlihat mata atau inframerah ketika arus melewati semikonduktor.

Bentuk Aplikasi Dioda Laser Dan Cara Kerjanya

Aplikasi Dioda Laser Dalam Peralatan Elektronik

Dioda laser digunakan dalam transfer data via serat optik, VCD ( Video Compact Disc) , CD Player, Laser printer remote kontrol, alarm, dan sensor gerakan. Berbeda dengan dioda konvensional yang dihasilkan melalui proses yang berbeda dengan intensitas yang lebih besar, dioda laser lebih banyak dipergunakan pada peralatan kecil.

Bahkan saat ini banyak pecinta rifle atau senapan angin yang memasang mata laser pada peralatan senapan angin. Mata laser kecil demikian sangat mudah ditemukan diberbagai situs online dengan sebutan dioda laser.

Ads Metta3

Laser dalam bidang elektronik juga banyak dipergunakan dalam pertunjukan musik, pertandingan serta berbagai pertunjukan panggung baik indoor maupun outdoor.

Aplikasi Dioda Laser Dalam Industri

Dioda intensitas besar dapat berupa dioda Neon Helium, Intrusi Rubi, Sistim Gas serta berbagai metoda dalam menghasilakan laser intensitas besar.

Jenis laser demikian saat ini banyak dipergunakan untuk industri percetakan, pengerjaan pemotongan logam, laser engraving atau ukiran plastik dan pembersihan permukaan logam.

Aplikasi Dioda Laser Dalam Dunia Kesehatan

Selain untuk industri, saat ini laser juga banyak dipergunakan untuk dunia kedokteran seperti untuk operaasi, pemutihan kulit, serta pengobatan.

Bentuk Aplikasi Dioda Laser Dan Cara Kerjanya

Bentuk Aplikasi Dioda Laser Dan Cara Kerjanya

Kelebihan Dioda Laser Dibandingkan Dioda Konvensional

  1. Ukuran Lebih Kecil Dan Berat : Jenis tertentu dari sebuah dioda laser dapat sekecil kurang dari 1 mm.
  2. Berat Lebih Ringan : Ukuran berat yang hanya beberapa gram sehingga mudah ditempatkan dalam peralatan portabel atau kecil.
  3. Memerlukan Daya Dan Voltase Rendah: Hanya memerlukan beberapa watt serta voltase yang sangat kecil untuk menghidupkannya. Arus yang diperlukan cukup hanya beberapa mA saja. Serta voltase yang hanya 3 Volt – 12 Volt sudah cukup untuk menghidupkan Dioda Laser.
  4. Aman Untuk Peralatan Rumah Tangga. Intensitas yang kecil dari laser jenis ini membuatnya aman dan ideal untuk peralatan portabel yang memerlukan pertimbangan faktor keamanan bagi penggunanya.
  5. Bentuk Berkas Berbentuk Kerucut. Berbeda dengan laser konvensional yang berbentuk garis lurus, bentuk dioda tersebut lebih mudah untuk dimodifikasi dengan sebuah lensa cembung untuk keperluan tertentu. Hal ini banyak dilakukan pada peralatan seperti laser optikal pickup pada optik VCD, DVD, serta CD Burner.

Bentuk aplikasi dioda laser dan cara kerjanya yang sederhana telah banyak dipergunakan untuk peralatan kecil di sekitar kita. Bahkan laser dioda telah banyak dipergunakan pada teknologi serat optik yang diklaim akan menjadi teknologi pengirim data masa depan yang paling ideal.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *