Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Bahan Kimia Pelarut Untuk Proses Membuat PCB Atau Eching PCB

WikiKomponen.ComBahan Kimia Pelarut Untuk Proses Membuat PCB Atau Eching PCB. Kimia yang bagus untuk membuat PCB yang dibuat lebih rapi, bersih, cepat dan mudah dibersihkan. Terdapat beberapa pilihan kimia bagus sebagai pelarut lapisan tembaga untuk proses pembuatan PCB. Setiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Bahan Kimia Pelarut Untuk Proses Membuat PCB Atau Eching PCB

Ferric Chloric Atau FeCl3

Bahan kimia yang paling sering dipergunakan adalah jenis FeCl3. Ferric Chloric dijual dalam bentuk cair maupun bentuk bongkahan. Namun, yang lebih mudah ditemukan merupakan jenis bongkahan. Biasanya bahan tersebut dapat ditemukan di toko kimia.

Bahan Kimia Pelarut Untuk Proses Membuat PCB Atau Eching PCB

Bahan Kimia Pelarut Untuk Proses Membuat PCB Atau Eching PCB

Ads Metta3

Untuk mencampurkan bongkahan tersebut sebaiknya menggunakan bahan pengaman. Campuran air dengan bahan kimia tersebut akan menimbulkan panas dan gas. Untuk pengaman, sebaiknya menggunakan sarung tangan dan masker pada pencampuran pertama kali.

Selain itu, FeCl3 juga sangat korosif, sehingga harus menggunakan wadah yang terbuat dari bahan plastik. Jangan coba menggunakan bahan dari logam karena akan segera bocor dalam selang waktu beberapa menit. Selain itu, penggunaan logam juga akan merusak kemampuan cairan tersebut untuk melarutkan tembaga.

Hidrogen Peroksida

Cairan tersebut merupakan cairan yang banyak dipergunakan oleh industri PCB yang berproduksi secara komersial. Dalam penggunaanya, cairan kimia tersebut biasanya dicampurkan dengan cuka dan garam sebagai katalisnya. Selalu berhati-hati saat menangani bahan kimia berbahaya.

Cupric Chloride

Jenis kimia tersebut merupakan jenis asam kuat yang sangat bagus untuk melarutkan PCB. Namun hati-hati saat menangani HCL karena merupakan asam keras yang sangat berbahaya. Campuran yang umum dipergunakan adalah HCL + H2O2 dengan perbandingan 1:2.

Hasil yang diberikan ternyata jauh lebih cepat dan baik dibandingkan dengan FeCl3 atau Ferric Chloric. Apapun bahan kimia pelarut untuk proses membuat PCB atau Eching PCB, sebaiknya selalu dilakukan diruang terbuka. Hal ini karena gas yang dihasilkan sangat mengganggu pernafasan.

Bilaslah PCB yang sudah selesai dengan air mengalir hingga bersih dan cucilah kembali dengan menggunakan air sabun dan campuran cuka untuk menghasilkan permukaan PCB yang bening. Selamat mencoba.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *