Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Audio Amplifier Tidak Keluar Suara Saat Menggunakan Koneksi Kabel HDMI

WikiKomponen – Penyebab audio amplifier tidak keluar suara saat menggunakan koneksi kabel HDMI sering dijumpai, terutama peralatan modern antara lain laptop. Hal ini karena HDMI langsung menghubungkan menghubungkan seluruh audio maupun video ke TV, sehingga output audio di laptop tidak lagi mengeluarkan sinyal audio ke amplifier, tetapi dibypass langsung menuju TV melalui HDMI. Audio Amplifier Tidak Keluar Suara Saat Menggunakan Koneksi Kabel HDMI

Audio Amplifier Tidak Keluar Suara Saat Menggunakan Koneksi Kabel HDMI

Sebelumnya sudah pernah dibahas mengenai kelebihan dari menghubungkan peralatan modern menggunakan HDMI. Namun sebenarnya ada satu masalah yang sering sekali dihadapi oleh pengguna peralatan elektronik saat HDMI hadir. Salah satunya adalah masalah audio yang tidak keluar ke amplifier.

Saat menggunakan peralatan dengan output RCA, output tersebut dapat dihubungkan dengan menggunakan kabel RCA menuju amplifer yang akan menghasilkan suara lebih besar. Hal ini karena suara yang dihasilkan oleh TV biasanya lebih kecil. Sehingga untuk keperluan tertentu, audio yang keluar dari TV biasanya tidak memadai.

Ads Metta3

Namun pada peralatan yang menggunakan HDMI , hal ini hampir mustahil dilakukan. Peralatan modern banyak yang hanya memiliki output HDMI tanpa menyediakan RCA. Hal ini tentu sangat membingungkan terutama untuk audio karaoke, presentasi yang harus menampilkan video menggunakan HDMI, tetapi audio menggunakan amplifier, dan berbagai hal lainnya.

Jangan kuatir, ada beberapa cara untuk menyiasati hal tersebut.

Cara Menghubungkan Peralatan Menggunakan Output HDMI

Saat menggunakan HDMI, dengan sendirinya seluruh sinyal audio akan dialihkan ke HDMI, sehingga output ke RCA akan mati. Jadi, walaupun dihubungkan ke amplifier, suara tidak akan keluar. ( Khusus model tertentu masih memungkinkan setting di Player atau TV )

Bila peralatan yang anda gunakan terdapat output VGA, pakailah output tersebut. Sedangkan output audio dapat diambil dari output RCA atau output MIni. Dengan menggunakan output VGA, maka audio akan tetap dapat dihubungkan ke amplifier untuk menghasilkan suara. Sinyal audio akan tetap keluar dari RCA

Bila peralatan tersebut tidak memiliki ouput VGA, maka cara yang paling gampang saat ini adalah menggunakan adaptor atau extension yang merubah HDMI menjadi VGA + Jack output mini .

Dipasaran banyak dijual konverter atau adaptor tersebut. Cukup tambahkan alat ini, maka audio akan langsung dialihkan ke output mini, sedangkan video akan ditampilkan menggunakan VGA yang biasanya terdapat pada TV modern maupun proyektor. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *