Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Arti Standarisasi Dibalik Logo Lambang CE Mark

WikiKomponen.com – Apa Arti Standarisasi Dibalik Logo Lambang CE Mark pada sebuah produk? Seberapa penting atau tujuan logo atau lambang tersebut? Saat ini hampir semua produk elektronik dan mainan impor yang kita jumpai mencantumkan lambang tersebut walaupun tidak semuanya. Namun, sudah saatnya kita mengetahui sekilas mengenai artinya.

Dapat dipastikan bahwa keterbukaan pasar bebas akan menuntut produsen lokal untuk mencantumkan logo atau lambang tersebut sebagai persyaratan agar produk dapat beredar di negara tertentu.

Arti Standarisasi Dibalik Logo Lambang CE Mark

CE mark atau logo CE mempunyai arti bahwa produk tersebut telah memenuhi persyaratan keamanan dan diizinkan beredar di kawasan EEC atau European Econmic Area.

Ads Metta3
Arti Standarisasi Dibalik Logo Lambang CE Mark

Arti Standarisasi Dibalik Logo Lambang CE Mark

Logo tersebut menunjukkan bahwa produk yang dijual tersebut telah memenuhi persyaratan keamanan yang meliputi berbagai aspek keamanan baik untuk produk elektronik , peralatan maupun mainan anak-anak.

Logo CE tidak berarti bahwa produk harus diproduksi di wilayah EEC, tetapi lebih ditekankan kepada produk tertentu yang wajib diverifikasi sendiri sebelum beredar di kawasan EEC. Produsen wajib melakukan verifikasi internal sebelum mengajukan pencatatan di badan sertifikasi.

Produk Wajib CE

Produk-produk yang diwajibkan untuk mencantumkan logo CE antara lain:

-Peralatan medis
-Peralatan masak dan yang menggunaksn gas sebagai bahan bakar
-Seling pengangkut manusia
-Hemat energi untuk produk yang berhubungan dengan energi.
-Bahan peledak dan keamana
-Pemanas Air
-Kulkas dan peralatan pendingin.
-Mesin, alat ukur dsn peralatan medis
-Peralatan emisi, timbangan manual, dan peralatan bertekanan.
-radio dan telekomunikasi.
-mainan dan peralatan mainan

Produk Yang Saat Ini Tidak Perlu CE Mark

– Kimia
-Obat-obatan
-Cosmetik dan produk makanan.

Arti standarisasi dibalik logo lambang CE Mark hanya diwajibkan untuk pemasaran produk di wilayah EEC saja. Sedangkan wilayah diluar kawasan tersebut tidak diwajibkan. Namun produk yang memenuhi standar tersebut biasanya memiliki rancangan yang lebih aman.

Sebagai contoh mainan anak-anak biasanya tidak memiliki sudut yang tajam yang memungkinkan untuk melukai kulit anak-anak. Jadi, loga tersebut sebenarnya bisa dijadikan patokan bagi orang tua untuk memilih mainan agar aman buat anak-anak.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *