Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Alasan PLN Menggunakan Arus Listrik AC Dalam Jaringan Transmisi

WikiKomponen.com – Apa yang menjadi alasan PLN menggunakan arus listrik AC dalam jaringan transmisi masih sering dipertanyakan? Mengapa tidak pakai DC saja, padahal banyak peralatan rumah yang sudah menggunakan listrik arus DC?

Alasan PLN Menggunakan Arus Listrik AC Dalam Jaringan Transmisi

Pertama, untuk mengetahui alasan tersebut, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu sebuah persamaan yang menyatakan daya listrik yakni Daya = Voltase x Arus ( VA )

Ads Metta3

Dari persamaan dapat kita lihat bahwa untuk mendapatkan daya yang besar kerumah-rumah, maka diperlukan voltase yang tinggi atau arus yang besar.

Bila menggunakan voltase yang besar, maka hanya dengan arus yang kecil saja maka daya yang besar tetap dapat diperoleh.

Contoh Perhitungan Daya

Contoh 1

Arus 1 Amper

Voltase 1000 Volt,

Maka dari jaringan tersebut akan diperoleh 1000 VA

Contoh 2

Arus 1000 Amper

Voltase 1 Volt

Maka dari jaringan tersebut akan diperoleh 1000 VA juga

Permasalahannya untuk menyalurkan arus sebesar 1000 Amper memerlukan kabelĀ  yang sangat besar. Lalu harus bagaimana?

Jawabanya tentu saja voltase yang besar yang akan dipilih sebagai jalan keluarnya.

Mengapa Tidak Menggunakan Arus DC

Untuk mendapatkan arus DC dengan voltase yang sangat tinggi tidak lah mudah. DC tidak dapat di step up seperti halnya dengan arus AC.

Arus AC dengan mudah dapat di stepup dengan trafo, sedangkan arus DC tidak bisa di stepup menggunakan trafo. Akibatnya jika ingin menggunakan arus DC dalam jaringan, maka satu-satunya cara adalah menggunakan konduktor yang sangat besar agar daya yang besar dapat sampai ke konsumen akhir atau rumah-rumah.

Hal ini tentu sangat sulit dilakukan karena jaringan yang jaraknya jauh dari perumahan dan konsumen akhir. Nah, itulah kira-kira alasan mengapa hingga saat ini tidak ada jaringan listrik di dunia yang menggunakan arus DC langsung ke konsumen.

Bahkan pembangkit listrik seperti solar cell juta mengkonversi arus DC menjadi arus AC terlebih dahulu sebelum disalurkan ke pemakai akhir.

Inilah alasan PLN menggunakan arus listrik AC dalam jaringan transmisi, bahkan di dunia maju sekalipun, kecuali sumber arus berdekatan dengan pemakai akhir.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *