Tips Cara Merawat Kipas Angin Agar Awet

WikiKomponen.com – Setelah sebelumnya membahas komponen utama kipas angin, kali ini wikikomponen akan berbagi tips cara merawat kipas angin agar awet , bersih , tidak berisik dan tidak cepat rusak.

Pengguna kipas angin di Indonesia terbilang sangat besar mengingat kondisi cuaca yang cukup panas dan lembab. Hal ini menyebabkan kondisi kipas angin cepat rusak karena pemakaian maupun kesalahan pemeliharaan dan perawatan. Tips Cara Merawat Kipas Angin Agar AwetTips Cara Merawat Kipas Angin Agar Awet

Tips Cara Merawat Kipas Angin Agar Awet

Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan untuk membuat kipas angin tetap awet walaupun sudah dipergunakan selama bertahun-tahun. Berikut ini merupakan beberapa tips diantaranya.

  1. Selalu matikan kipas angin saat tidak dipegunakan. Kipas angin memiliki usia pemakaian tertuntu yang dihitung dalam jumlah jam pemakain. Semakin sering kipas angin dipergunakan, maka akan semakin cepat kipat tersebut rusak. Supaya dapat bertahan lebih lama, sebaiknya kipas angin dimatikan saja. Selain menghemat listrik, biaya perawatan kipas angin juga akan lebih murah.
  2. Sering membersihkan kipas angin. Kipas angin yang sering dipergunakan akan menjadi kotor. Jika kotoran dibiarkan menempel terus, maka lama kelamaan akan membebani motor karena baling-baling menjadi berat. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya baling-baling, gril dan juga as motor kipas seringkali dibersihkan dan diberi pelumas.
  3. Hindarkan terkena tetesan air. Air yang merembes dari dinding, plafon ataupun tetesan jemuran pakaian dapat merusak kipas angin.
  4. Hati-hati saat membersihkan kipas angin. Jangan memperlakukan kipas angin dengan kasar saat membuka maupun memasang kembali kipas angin setelah dibersihkan.
  5. Keringkan baling-baling setelah dibesihkan atau dicuci. Pergunakan sabun lembut atau deterjen untuk mencuci.
  6. Perhatikan kondisi kabel kipas angin. Jangan sampai terkelupas atau rusak karena setrikaan saat dipergunakan sambil menyetrika. Jika ternyata rusak, segeralah ganti dengan kabel yang baru.
  7. Untuk kipas dinding dan gantung, pasanglah sebaik mungkin dengan hati-hati. jangan sampai terjatuh, sehingga kondisi kipas angin akan cepat rusak.
  8. Pasanglah timer agar kipas mati sendiri menjelang subuh.

Demikian beberapa tips cara merawat kipas angin agar awet yang diberikan hari ini. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *