Tips Cara Menghindari Bahaya Oven Microwave Akibat Kesalahan Pemakaian

WikiKomponen.comTips Cara Menghindari Bahaya Microwave Akibat Kesalahan Pemakaian. Ledakan, kebakaran, kerusakan, bahkan keracunan akibat peralatan rumah tangga sering kali disebabkan oleh karena kesalahan pemakaian. Untuk itu kali ini kita akan melihat beberap tips mengenai agar terhindar dari bahaya ledakan dan kerusakan microwave.

Tips Cara Menghindari Bahaya Oven Microwave Akibat Kesalahan Pemakaian

Microwave merupakan peralatan dapur yang sangat membantu. Namun, sering kali kita mendengar terjadinya kebakaran atau bahkan ledakan. Sehingga selain bahaya bagi pemakainya, hal ini juga sering merusak peralatan.

Terdapat 6 kesalahan yang harus dihindari saat menggunakan Microwave yaitu:

Memasak Makanan Kaleng Dalam Keadaan Tertutup

Makanan kaleng yang akan dipanaskan sebaiknya dibuka dan dipindahkan ke piring keramik sebelum dimasukan ke dalam Oven Microwave. Memasukan makanan kalengan langsung ke dalam microwave akan sangat berbahaya karena tekanan yang besar dalam kaleng dapat menyebabkan ledakan yang berpotensi merusak microwave.

Tips Cara Menghindari Bahaya Oven Microwave Akibat Kesalahan Pemakaian

Tips Cara Menghindari Bahaya Oven Microwave Akibat Kesalahan Pemakaian

Menggunakan Peralatan Besi Logam

Sebaiknya tidak memasang atau memanaskan makan menggunakan wadah dari logam. Wadah dari logam akan cenderung memanas dengan sangat cepat, sedangkan makanan tidak mengalami pemanasan. Garpu dan sendok yang terbuat dari logam sebaiknya dikeluarkan sebelum Oven Microwave dihidupkan.

Memasak Telur

Memasak telur menggunakan Microwave memiliki resiko terjadi percikan, terutama pada bagian kuning telur. Hal dapat merusak microwave. Tertutama jika saat memasak telor dalam keadaan telor belum dipecahkan atau masih dengan cangkang telor utuh. Memasak telor dalam keadaan utuh akan menyebabkan ledakan yang akan merusak microwave.

Menggunakan Alat Masak Atau Wadah Plastik Berbahaya

Beberapa wadah plastik tidak boleh dipergunakan dengan menggunakan Microwave. Bahan yang dinyatakan sebagai bahan yang tidak boleh dipergunakan dengan Microwave biasanya akan menghasilkan zat yang berbahaya bagi kelenjar endokrin maupun sebagai pemicu gangguan kelenjar bening.

Makanan Dalam Plastik Vacum

Makanan yang di supermarket saat ini banyak yang dibungkus dalam plastik dengan sistem vakum untuk menghindari kerusakan. Namun, makanan tersebut harus terlebih dahulu di buka sebelum dimasukan ke dalam Microwave.

Memasukan kantong vakum dengan makanan di dalamnya akan menyebabkan ledakan.

Memasak Sup Dengan Microwave

Untuk sekedar memanaskan sup, sebaiknya aturlah porsi dalam piring, sehingga tidak sampai meluber ke dalam peralatan Microwave. Memasak sup hingga mendidih dengan menggunakan microwave bukanlah tindakan yang bijaksana.

Tips cara menghindari bahaya Oven Microwave akibat kesalahan pemakaian terjadi karena ketidaktahuan. Mulailah mengingat tips tersebut setiap saat sebelum menggunakan Microwave.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *