Tips Cara Mengatasi Dan Memperbaiki Air AC Menetes Atau Bocor

WikiKomponen.com – Karena seringnya pertanyaan tentang kebocoran AC ini ditanyakan, maka kali ini kita akan membahas beberapa tips cara mengatasi dan memperbaiki air AC menetes atau bocor. Kondisi kebocoran kurang tepat dikatakan sebagai kerusakan. AC banjir atau menetes merupakan bentuk tersumbatnya saluran pembuangan akibat kotoran atau debu pada bagian saluran pembuangan.

Untuk mengatasi hal demikian sebenarnya sangat mudah. Bahkan pekerjaan demikian dapat saja dilakukan sendiri tanpa bantuan teknisi. Simak penjelasan berikut ini.

Ads Metta3

Tips Cara Mengatasi Dan Memperbaiki Air AC Menetes Atau Bocor

Seperti yang telah di jelaskan di atas, kebocoran air pada sebuah unit indoor AC tidaklah tepat disebut sebagai sebuah kerusakan. Namun, hal demikian sering membuat panik pengguna karena air yang menetes mungkin saja merusak segala sesuatu yang berada dibawahnya.

Kondisi demikian sebenarnya dapat dengan mudah diatasi. Berikut ini merupakan trik dan tips agar bisa mengatasi kondisi tersebut.

  1. Membersihkan Saluran Pembuangan
  2. Membersihkan Saringan AC
  3. Membersihkan Evaporator AC
  4. Mengganti Selang

Tips Cara Mengatasi Dan Memperbaiki Air AC Menetes Atau Bocor

Membersihkan Saluran Pembuangan AC

Setiap unit indoor akan terdapat sebuah selang pembuangan air. Selang yang normal biasanya akan terus meneteskan air selama AC tersebut dalam keadaan hidup.

Namun, sering terdapat kejadian selang tersebut tersumbat oleh rambut, debu, atau kotoran, sehingga air yang seharusnya menetes keluar terhambat.

Kondisi demikian menyebabkan air akan terus tergenang di selang hingga mencapai ketinggian unit AC, sehingga air tumpah keluar dari unit tersebut. Hal inilah yang sering disebut orang dengan AC bocor.

Untuk mengatasi hal tersebut cukup mudah. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Caranya ambilah sebuah rotan, kawat gantungan baju, atau kabel antena.
  • Matikan semua aliran listrik ke AC dan lepaskan colokan listrik ke AC
  • Masukan rotan, atau kawat, atau kabel antena melalui ujung selang menuju ke atas hingga mencapai unit indoor AC.
  • Putarlah rotan, kawat atau kabel antena tersebut sehingga semua kotoran dan debu terbuka sumbatannya.
  • Jika air mengalir, berarti masalah telah teratasi sementara.

Membersihkan Saringan AC.

Menumpuknya kotoran di selang pembuangan biasanya disebabkan oleh karena debu saringan yang sudah tidak mampu menampung kotoran, sehingga terjatuh ke dalam unit dan terbawa oleh air menuju saluran pembuangan.

Agar tidak terlulang kembali, bersihkan saringan udara setiap bulan sekali. Dengan demikian, tidak akan ada kotoran yang menempel pada unit.

Membersihkan Evaporator AC

Hal ini sudah pernah dibahas sebelumnya pada artikel Tips Cara Merawat AC Agar Tetap Awet Dan Dingin Jadi tidak akan dibahas lebih lanjut.

Mengganti Selang Pembuangan AC

Selang biasanya tidak akan bocor tanpa sebab. Kemungkinan selang bocor hanya disebabkan oleh lapuknya selang karena pemakaian yang sudah lama. Atau rusak karena tidak hati-hati saat membersikannya.

Selang banyak dijual secara online di toko-toko online maupun toko elektronik. Cukup beli dan ganti dengan yang baru. Namun penggantian selang yang tertanam dalam dinding biasanya memerlukan bantuan teknisi.

Demikian sekilas tips cara mengatasi dan memperbaiki air AC menetes atau bocor. Semoga bermanfaat.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *