Teknologi Cara Membuat Gabus Styrofoam Industri

WikiKomponen.comTeknologi Cara Membuat Gabus Styrofoam Industri. Bahan packing ini dibuat dengan melalui proses expansi menggunakan cetakan, uap air, gas pentane dan biji plastik EPS ( Expandable Polystyrene ). Hampir semua bungkusan alat elektronik menggunakan bahan ini sebagai pelindung dari kerusakan akibat pengiriman.

Teknologi Cara Membuat Gabus Styrofoam Industri

Permintaan yang terus meningkat setiap harinya membuat bisnis atau perusahaan pembuat gabus menjadi semakin penguntungkan dan menarik untuk dibangun. Proses pembuatannya juga tidak terlalu sulit. Berikut ini penjelasanya.

Teknologi Cara Membuat Gabus Styrofoam Industri

Teknologi Cara Membuat Gabus Styrofoam Industri

Bahan Baku Pembuatan Gabus

Untuk membuat gabus, bahan utama yang diperlukan adala biji plastik jenis EPS. Bentuk bahan baku ini berupa pasir berbentuk butiran bulat kecil berwarna putih bening sebelum dikembangkan.

Peralatan Pembuat Gabus

Untuk dapat menghasilkan gabus, peralatan yang diperlukan adalah cetakan, penghasil uap air, serta mesin penghembus biji plastik ke dalam cetakan.

Proses Pembuatan Gabus Styrofoam

Dalam teknologi cara membuat gabus Styrofoam industri, terdapat beberapa tahapan utama yang akan dilalui:

Tahap Polymerisasi

Tahap awal sebelum EPS di salurkan ke dalam cetakan, terlebih dahulu harus dicampur dengan menggunakan gas C5H12 atau gas pentana untuk membentuk Polymerisasi. Setelah melaui proses ini, biji plastik yang tadinya berbentuk pasir halus, kini telah dikembangkan menjadi butiran gabus bulat berukuran 50 kali atau bahkan 80 kali lebih besar.

Tahap Expansi Dan Stabilisasi

Besarnya butiran yang dikembangkan dapat diatur pada mesin dengan pengaturan temperatur hingga sekitar 90-120ÂșC, tekanan 1 kg/cm3 dan lama proses. Tahap tersebut lebih mirip dengan peristiwa yang terjadi pada proses pembuatan pop corn.

Tahap Injeksi Material

Pembentukan gabus dapat berupa balok maupun sesuai bentuk barang yang akan dilindungi. Pembuatan cetakan untuk jenis pelindung TV maupun elektronik biasanya memiliki cetakan yang lebih rumit, sehingga pembuatan cetakan lebih mahal.

Tahap Penggabungan

Proses penggabungan dilakukan dengan melakukan pemanasan tahap kedua dan pembuangan gas dalam ruang cetakan, sehingga butiran-butiran dapat lebih mudah direkatkan dan dimampatkan membentuk sebuah kesatuan.

Proses Pendinginan Dan Pengeringan

Tahap terakhir dari pembuatan gabus styrofoam adalah proses pendinginan dan pengeringan. Gabus yang baru terbentuk biasanya akan mengandung uap air yang cukup tinggi. Uap air tersebut akan diuapkan secara langsung pada suhu ruang atau menggunakan sirkulasi udara.

Tahap Pemotongan

Pada pembuatan balok gabus, biasanya akan diikuti oleh proses pemotongan dengan menggunakan kawat pemotong menggunakan suhu tinggi di atas suhu lumer, sehingga hasil pemotongan akan lebih bagus dan rapi. Teknologi Cara Membuat Gabus Styrofoam Industri ini bertujuan memberikan gambaran sederhana cara pembuatan gabus. Semoga bermanfaat.

One Response

  1. A Hidayat 03/10/2016 Reply

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *