Rangkaian Lampu Darurat Inverter Sederhana

Ads Metta EI Rev

WikiKomponen.comRangkaian Lampu Darurat Inverter Sederhana. Rangkaian ini sangat bermafaat terutama dapat dipergunakan dalam keadaan darurat dimana listrik sangat sulit untuk didapatkan disuatu daerah yang sering mengalami pemadaman listrik.

Rangkaian Lampu Darurat Inverter Sederhana

Saat ini, di Indonesia masih sering mengalami kekurangan pasokan listrik yang menyebabkan listrik sering mati. Hal ini karena perkembangan penggunaan listrik dari masyarakat yang terus meningkat melebihi kemampuan supply yang dapat disediakan oleh PLN.

Rangkaian Lampu Darurat Inverter Sederhana

Rangkaian Lampu Darurat Inverter Sederhana

Kekurangan tersebut menyebabkan seringnya terjadi pemadaman bergilir di negara kita, yang biasanya jika terjadi, maka malamnya akan gelap gulita. Untuk menyiasati hal tersebut, kita dapat membuat rangkaian yang dapat memberikan penerangan sementara selama listrik padam.

Rangkaian Inverter Menggunakan Transistor 2N3055 Dan Trafo Stepup

Rangkaian lampu darurat inverter sederhana yang akan dibuat tersebut menggunakan Aki 12-24 Volt untuk dapat bekerja. Hasil akhir sebelum ke trafo harus disesuaikan agar voltase yang dikeluarkan dapat sesuai dengan penggunaan. Berikut merupakan rangkaian yang dirancang untuk aki 12 volt.

Saat memesan trafo, ingatkan untuk membuat perbandingan input dan output voltase dengan input 12 Volt, dan output 240 volt sesuai dengan voltase kerja lampu TL. Sedangkan tujuan lainnya adalah agar voltase yang dihasilkan tidak mengalami drop hingga dibawah 220 Volt, sehingga dibuat 240 Volt yang merupakan voltase aman yang dapat diterima.

ads metta3

Rangkaian lampu darurat inverter sederhana ini cukup dapat diandalkan baik untuk keperluan diperahu, di rumah, vila maupun dimanapun yang listrik sering mengalam pemadaman. Besarnya arus yang dapat dihasilkan kendati terbatas, dapat saja dimodifikasi agar mampu menghasilkan arus yang lebih besar dengan beberapa modifikasi.

Fungsi trafo dalam rangkaian tersebut harus benar-benar diperhatikan supaya hasil akhir tidak mengalami drop. Rancanglah trafo tersebut dengan bantuan ahli yang sudah terbiasa dalam membuat komponen tersebut. Salah merancang dapat menyebabkan hasil rangkaian tersebut mengecewakan.

Rangkaian tersebut merupakan rangkaian dasar basic atau dasar untuk membuat rangkaian inverter yang lebih besar dengan frekuensi kerja yang langsung dapat dipakai. Kelebihan rangkaian tersebut adalah kesederhanaannya dan mudah dalam membuatnya. Selamat mencoba.

Baca Juga Artikel :

No Responses

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *