Prinsip Cara Kerja Kompor Induksi Magnetik Listrik Induction Cooker

WikiKomponen.com – Prinsip Cara Kerja Kompor Induksi Magnetik Listrik Induction Cooker menggunakan sistem medan magnet untuk menghasilkan panas. Wajan atau panci merupakan pemanas itu sendiri dalam hal sumber panas. Melalui induksi medan magnet terhadap wajan, wajan mengalami pemanasan akibat medan listrik yang dihasilkan oleh lilitan coil tembaga kompor induksi, sehingga tidak melalui proses perpindahan panas terlebih dahulu.

Prinsip Cara Kerja Kompor Induksi Magnetik Listrik Induction Cooker

Coklat Yang Mencair Hanya Pada Bagian Dengan Alas Logam . Prinsip Cara Kerja Kompor Induksi Magnetik Listrik Induction Cooker

Kompor Induksi Magnetik Listrik Induction Cooker

Seperti yang telah dijelaskan di atas, pada alat masak tersebut tidak terjadi perpindahan panas dari elemen menuju ke alat masak. Alat masak itu sendirilah yang dijadikan sebagai sumbar panas, sehingga peralatan tersebut sangat efisien dalam menggunakan listrik.

Ads Metta3

Tidak ada perpindahan panas. Seluruh listrik yang ditarik oleh alat ini langsung dipergunakan untuk memanaskan alat masak tanpa terjadi kerugian pada saat perpindahaan panas. Itulah sebabnya alat masak tersebut lebih efisien 20% dari peralatan masak yang menggunakan elemen maupun gas.

Kelebihan Kompor Induksi Listrik Magnetik

Kompor Induksi Lebih Bersih

Alat tersebut tidak memiliki elemen pemanas yang berpijar pada permukaan kompor, sehingga bila terkena masakan tidak akan lengket pada permukaan karena tidak bekerja pada bahan non logam. Tertumpah kecap tidak akan membuat kerak pada permukaan kompor.

Kompor Indusi Lebih Aman

Walaupun permukaan alat masak tersebut dapat berubah panas setelah dipergunakan, peralatan tersebut jauh lebih aman dibandingkan dengan pemanas jenis elemen.

Kekurangan Kompor Induksi Listrik Magnetik

Berpotensi Mengganggu Kerja Alat Picu Jantung.

Karena bekerja dengan menggunakan medan magnet, alat tersebut berpotensi mengganggu peralatan alat picu jantung, sehingga sebaiknya orang yang memasang peralatan alat pacu jantung tidak terlalu dekat dengan alat masak tersebut. Walaupun informasi mengatakan peralatan tersebut cukup aman dalam jarak normal saat memasak, sebaiknya lebih berhati-hati terhadap resiko yang mungkin ada.

Konsumsi Listrik Yang Cukup Besar.

Pada model tertentu, konsumsi listrik cukup besar, sehingga tidak cocok untuk rumah sederhana yang hanya menggunakan listrik 450 watt hingga 900 watt.

Menghasilakan Suara

Pada kasus tertentu, kompor listrik yang sedang dipergunakan sering menghasilkan suara baik dari kipas pendingin maupun dari permukaan kontak antara panci dan permukaan kompor. Namun hal ini biasanya tidak terlalu mengganggu karena hanya dalam level suara yang sangat kecil.

Cara Kerja Kompor Indusi Listrik Magnetik

Dalam sebuah kompor terdapat power supply yang mensupply coil induksi yang merupakan komponen utama dari kompor listrik tersebut. Biasanya listrik yang disupply ke dalam rangkaian bekerja pada frekuensi tinggi, sehingga proses induksi lebih efisien.

Prinsip Cara Kerja Kompor Induksi Magnetik Listrik Induction Cooker

Prinsip Cara Kerja Kompor Induksi Magnetik Listrik Induction Cooker

Seperti halnya dengan peralatan listrik seperti trafo, inti dari kompor tersebut merupakan alat masak itu sendiri. Karena alat masak bukan merupakan bahan yang baik sebagai inti trafo, maka inti tersebut berubah menjadi panas dengan cepat. Berbeda halnya pada trafo, inti justri menggunakan bahan yang sangat baik, sehingga tidak cepat jenuh dan panas.

Prinsip cara kerja kompor induksi magnetik listrik induction cooker ini lebih mirip seperti charger HP wireless yang belakangan sedang ngetrend. Tentu saja akhir dari output yang dituju sedikit berbeda dalam hal panas dan listrik.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *