Prinsip Cara Kerja Ammeter Dan Voltmeter

WikiKomponen.com – Apa itu ammeter? Bagaimanan cara kerjanya sehingga mampu mengukur besarnya arus yang mengalir dalam sebuah rangkaian listrik ? Mari kita pelajari prinsip cara kerja Ammeter dan Voltmeter yang banyak ditemukan di panel-panel peralatan listrik.Prinsip Cara Kerja Ammeter Dan Voltmeter

Prinsip Cara Kerja Ammeter Dan Voltmeter

Ammeters digunakan untuk mengukur arus listrik dalam satuan amper  atau sering disingkat dengan A. Nama tersebut diambil dari nama ilmuwan penemunya.

Amper merupakan unit pengukuran untuk menentukan besaran listrik yang bergerak melalui sirkuit. Hukum Ampere pada dasarnya menyatakan bahwa medan magnet dalam loop tertutup, atau sirkuit, berbanding lusurs dengan arus listrik dalam lingkaran itu.

Ads Metta3

Ammeter yang digunakan untuk mengukur arus yang lebih kecil beberapa nama antara lain milliampere dan mikroammeter. Lalu bagaimana cara kerja Ammeter ini?

Saat sejumlah arus dialirkan melalui lilitan coil yang berada dalam sebuah ammeter, maka akan menimbulkan medan magnet yang bergerak berlawanan arah dengan aliran listrik. Besaran magnet yang timbul akan menggerakkan sebuah poros penunjuk yang telah diatur sedemikian rupa, sehingga mampu nenunjukan sebuah angka yang ditandai pada panel penunjuk.

Prinsip dasar dari sebuah ammeter adalah hukum ohm yang menyatakan besarnya dasya yang mengalir sebanding dengan arus dan voltase.

Jenis-Jenis Ammeters

Terdapat berbagai macam ammeter yang ada dipasaran. Secara umum ammeter dapat dibagi dalam 2 jenis yaitu jenis :

  • Analog
  • Digital

Sedangkan berdasarkan cara kerjanya daspat dibagi menjadi :

  • Jenis Hot Wire
  • Jenis Induksi
  • Jenis Elektrostatis ( Lebih banyak dipergunakan di voltmeter )
  • Jenis Moving Coil Atau Magnet Tetap ( Paling banyak dipergunakan )

Jenis Magnet Tetap

Ammeter magnet tetap menggunakan sebuah magnet tetap dan sebuah galvanometer yang dilalui arus listrik. Ammeters digunakan untuk mengukur arus frekuensi tinggi dengan memanfaatkan prinsip panas. Panas yang diciptakan oleh arus listrik yang bergerak melalui kumparan dideteksi oleh termo kopel, yang membantu mendorong indikator bergerak.

Fungsi Ammeter

Ammeter dapat digunakan untuk membaca arus AC atau arus bolak-balik dan arus searah atau DC. Ammeter dapat ditemukan di panel listrik, peralatan listrik, power supply serta peralatan lainnya. Penggunaan ammeter biasanya berdampingan dengan voltmeter yang bertugas untuk menunjukan besaran voltase yang bekerja pada sebuah rangkaian.

Dengan menggunakan ukuran yang ditunjukan oleh kedua alat tersebut sebagai parameter, maka besarnya daya yang mengalir dalam sebuah rangkaian dapat diketahui secara mudah.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *