Pita Penyedot Atau Pembersih Timah Desoldering Wick

Ads Metta EI Rev

WikiKomponen.com – Fungsi utama pita penyedot atau pembersih timah Desoldering Wick adalah untuk membersihkan timah yang menempel pada permukaan jalur PCB atau lobang kaki komponen yang biasanya sulit dibersihkan dengan sedotan timah biasa.

Desoldering Wick ini banyak sekali dipergunakan pada PCB jenis SMD atau surface mount PCB yang memerlukan permukaan yang rata pada proses penggantian komponen.

Pita Penyedot Atau Pembersih Timah Desoldering Wick

Walaupun pita jenis ini telah lama ada, namun, ternyata banyak diantara teknisi yang masih belum memanfaatkan komponen tersebut. Cara yang dipergunakan masih sangat konvensional dengan mengandalkan keuletan dalam membersihkan menggunakan cairan siongka.

Pada dasarnya tidak ada salahnya menggunakan cara apapun untuk membersihkan. Yang terpenting adalah jalur PCB dapat dibersihkan tanpa merusak jalurnya dan tidak mengangkat jalur tembanganya.

Namun, Desoldering Wick ternyata sangat membantu terutama bagi para pemula yang menginginkan hasil solder seperti seorang teknisi profesional. Dengan menggunakan pita tersebut, masalah mengakat komponen dan sisa timah berlebihan pada jalur sudah bukan masalah lagi.

ads metta3

Cara Penggunaan Desoldering Wick

Pita penyedot atau pembersih timah Desoldering Wick dirancang dengan kemampuan seperti halnya sebuah vacum cleaner. Pita tersebut mampu menyedot semua timah seperti air yang diserap oleh sepotong spong.

Cara penggunaannya cukup mudah. Dengan cara meletakan pita tersebut pada permukaan yang ingin dibersihkan, kemudian panaskan dengan menggunakan mata solder di atas pita tersebut.

Maka timah yang menempel pada komponen SMD maupun jalur PCB akan terangkat ke dalam lubang kecil dalam pita. Dengan demikian, komponen akan mudah sekali diangkat.

Pita Penyedot Atau Pembersih Timah Desoldering Wick

Pita Penyedot Atau Pembersih Timah Desoldering Wick

Harga Desoldering Wick

Dari segi harga memang pita pembersih ini tidak dapat dikatakan murah. Sifatnya yang sekali pakai buang cukup menguras biaya. Namun dari segi kemampuan membersihkan yang dimiliki, pita tersebut sangat bermanfaat dan sangat membantu pekerjaan yang sulit sekalipun.

Yang pasti menggunakan pita pembersih Desoldering Wick mencegah jalur PCB rusak akibat pemanasan berlebihan menggunakan cara lain. Hanya bagian timah yang ingin diangkat yang mengalami pemanasan, sehingga hampir tidak mungkin jalur terkelupas.

Namun pemakaian pita penyedot atau pembersih timah Desoldering Wick harus latihan terlebih dahulu. Semakin sering menggunakan, anda akan semakin ahli dalam menggunakan. Hampir semua service center besar akan melibatkan pita ini pada kondisi tertentu. Sekalipun sudah menggunakan mesin desoldering.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *