Petir Merupakan Listrik Jenis DC

WikiKomponen.com – Tahukah anda bahwa petir merupakan jenis listrik DC ? Banyak orang yang selama ini beranggapan bahwa listrik AC sangat berbahaya karena dapat sangat mematikan, sehingga timbul asumsi bahwa petir merupakan listrik jenis AC. Padahal petir merupakan listrik jenis DC yang dihasilkan oleh muatan statik positif dan negatif pada awan.

Petir Merupakan Listrik Jenis DC

Petir Merupakan Listrik Jenis DC

Petir Merupakan Listrik Jenis DC

Sedangkan untuk listrik AC hanya dihasilkan oleh listrik buatan manusia melalui generator.

Ads Metta3

Mungkin karena tegangan yang sangat besar pada petir, akibatnya orang sering berganggapan bahwa listrik tersebut merupakan arus AC. Percikan api tersebut justri terjadi karena terjadinya pertemuan antara 2 kutup ion positif dan negatif yang terjadi di dalam gugusan awan di udara.

Pertemuan yang menyebabkan ledakan inilah yang menyebabkan timbulnya ledakan arus menuju ke bumi sebagai ground untuk pembuangan arus yang sangat basar saat hujan.

Sayangnya, arus yang demikian besar hingga saat ini belum mampu dimanfaatkan oleh manusia untuk kesejahteraan manusia. Sebaliknya petir hingga saat ini justru lebih banyak menibulkan kerusakan pada gedung tinggi, pohon dan rumah yang tidak menggunakan penangkal petir sebagai pengaman.

Petir akan terus mencari jalan untuk menuju ke bumi melalui baik penangkal petir maupun penghantar yang bisa ditemui disepanjang perjalanannya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *