Penyebab Suara Dengung Pada Speaker Audio Dan Cara Mengatasinya

WikiKomponen.com – Penyebab suara dengung pada speaker audio dan cara mengatasinya sering ditanyakan. Noise power amplifier baik speaker aktif rakitan maupun profesional harus dihilangkan. Hal ini karena suara yang sangat menggangu. Hal ini bisa disebabkan oleh kondisi jaringan dan instalasi listrik yang kurang memperhatikan ground, sehingga berpotensi menyebabkan noise.

Selain itu terdapat banyak sekali penyebab dengung seperti noise kipas, noise kualitas komponen, impedansi tidak balance dan sebagainya.

Penyebab Suara Dengung Pada Speaker Audio Dan Cara Mengatasinya

Berdasarkan penyebabnya, terdapat beberapa penyebab noise audio maupun video. Namun, penyebab utama yang paling sering adalah ground loop. Ground loop noise terjadi karena terdapat beberapa peralatan listrik yang dipasang atau dihubungkan secara bersama menggunakan sumber listrik dengan beberapa titik sumber lokasi yang berbeda baik dalam satu jaringan rumah maupun pada jaringan berbeda.

Ads Metta3

Biasanya noise yang ditimbulkan dapat berupa hum atau dengung, atau berupa garis strip pada layar TV yang terus menerus berlangsung selama peralatan dinyalakan.

Kualitas amplifier atau peralatan audio yang berharga jutaan akan menjadi tidak berarti bila sudah menghadapi suara dengung yang semakin lama semakin keras.

Bahkan peralatan TV dengan layar yang serba canggih juga akan mengalami gangguan yang membuat kualitas gambar berpenampilan seperti TV rusak berharga murah.

Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Silakan baca lebih lanjut.

Cara Mengatasi Noise Atau Dengung Peralatan Audio

Cara termudah dalam mengatasi hal tersebut adalah menghindari menghubungkan berbagai peralatan menggunakan bebera sumber listrik. Semakin banyak sumber listrik yang dipergunakan, akan semakin memperbesar peluang terjadianya noise.

Tentu saja noise akan sangat mengganggu. Suara musik yang seharusnya jernih menjadi berdengung. Semakin audio yang disetel, dengung ikut membesar seperti suara perahu. Hal ini tentu saja sangat dominan terutama saat ruangan dalam keadaan sepi dan speaker terus bergetar mengeluarkan suara dengung.

Cara lain adalah memasang sebuah ground loop audio untuk menghilangkan suara dengung tersebut. Peralatannya pun cukup sederhana.

Saat ini sebuah Ground Loop Audio dijual sekitar beberapa puluh ribu rupiah hingga beberapa ratus ribu rupiah. Namun jika ingin membuatnya sendiri, biaya yang dikeluarkan biasanya tidak lebih dari Rp. 100.000.

Skema Ground Loop Audio Stereo

Penyebab Suara Dengung Pada Speaker Audio Dan Cara MengatasinyaSkema di atas merupakan contoh stereo audio isolator menggunakan 2 buah coil trafo isolasi sebesar 10KOhm berukuran 250 mA.

Kedua trafo tersebut dihubungkan dengan menggunakan sebuah socket audio stereo mini. Dapat juga skema di atas menggunakan socket RCA bila dihubungkan menggunakan kabel RCA pada amplifier.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *