Pengertian, Fungsi, Cara Kerja Dan Hal Berkaitan Dengan Arduino

WikiKomponen.com – Beberapa hal yang akan dibahas dalam artikel kali ini meliputi definisi, kegunaan, kelebihan dan kekurangan, manfaaat, pengertian, fungsi, cara kerja dan hal berkaitan dengan Arduino serta jenis Arduino yang populer dipasaran.

Pengertian, Fungsi, Cara Kerja Dan Hal Berkaitan Dengan Arduino

Pengertian Arduino

Arduino adalah jenis software pengendali mikro berupa single board dengan lisensi open-source yang merupakan turunandari Wiring platform. Tujuan dirancangnya Arduino adalah untuk memudahkan penggunaan rekayasa elektronik untuk diaplikasikan pada berbagai bidang. Sedangkan perangkat kerasnya menggunakan prosesor Atmel AVR dengan bahasa pemrogram tersendiri yang sangat mirip dengan bahasa Pascal C.

Ads Metta3

Fungsi Dan Kegunaan Arduino

Arduino yang merukapakan platform open source dapat dipergunakan oleh siapa saja yang ingin merancang prototipe peralatan elektronik interaktif dengan memanfaatkan fitur yang tersedia secara gratis dan fleksibel. Papan Arduino menggunakan jenis mikrokontroler keluaran ATMega yang diproduksi oleh Atmel sebagai chip utama. Saat ini sudah banyak perusahaan yang memproduksi dengan chip yang berbeda. Walaupun demikian, bahasa program yang dipergunakan kompatibel dan diinput menggunakan bootloader ataupun menggunakan downloader melalui port ISP.

Arduino yang merupakan platform open source dapat dipergunakan oleh siapa saja yang ingin merancang prototipe peralatan elektronik interaktif dengan memanfaatkan fitur yang tersedia secara gratis dan fleksibel. Papan Arduino menggunakan jenis mikrokontroler keluaran ATMega yang diproduksi oleh Atmel sebagai chip utama.

Walaupun demikian, saat ini sudah banyak perusahaan yang memproduksi dengan chip yang berbeda. Walaupun demikian, bahasa program yang dipergunakan kompatibel dan diinput menggunakan bootloader ataupun menggunakan downloader melalui port ISP.

Karena Arduino merupakan mikrokontroler open source, maka arduino bebas dipergunakan untuk membaca sensor serta mampu mengendalikan periperal motor , mesin dan lampu. Ini memungkinkan setiap orang bebas mendownload Sebagai contoh, anda dapat merancang sebuah peralatan yang dapat menyala sendiri pada waktu tertentu dan mati setelah sekian lama dipergunakan. Membuat kontrol counter, bahkan router sendiri untuk terhubung ke internet.

Simulasi on of pada Arduino dapat dimanfaatkan untuk mengendalikan banyak hal yang berhubungan dengan listrik maupun motor serta robot. Arduino sangat luar biasa bila anda mengerti bagaimana cara kerjana dan cara mereka program yang bisa dipergunakan. Dengan experimen, maka banyak hal canggih yang dapat dihasilkan.

Pengertian, Fungsi, Cara Kerja Dan Hal Berkaitan Dengan Arduino

Manfaat Dan Kelebihan Menggunakan Arduino

Ada beberapa Kelebihan yang membuat Arduino banyak diminati. Hal-hal tersebut antara lain:

  • Murah
  • Operating Sistem Fleksibel
  • Bahasa Program Sederhana
  • Open Source

Harga Arduino Lebih Murah

Arduino memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan jenis mikro kontroler lainnya. Sebuah arduino dapat dibeli dengan harga hanya sekitar Rp. 200.000 saja dan sudah cukup bagus. Bahkan saya sempat membeli versi copy Arduino Uno R3 dengan harga kurang dari Rp. 75.000 setiap board di salah satu toko langganan saya dan bekerja dengan sempurna.

Operating Sistem Fleksibel

Perangkat lunak atau software Arduino dapat menggunnakan sistem operasi Windows, Macintosh maupun Linux.

Sistem mikrokontroler lebih terbatas pada Windows.

Bahasa Program Sederhana

Lingkungan pemrograman Arduino mudah digunakan untuk pemula, namun cukup fleksibel bagi pengguna tingkat lanjut untuk memanfaatkannya juga. Bagi para guru, ini mudah karena didasarkan pada Enviromental Pemrograman Pemrosesan, sehingga siswa belajar memprogram di lingkungan itu akan terbiasa dengan tampilan serta nuansa Arduino.

Software Open Source

Perangkat lunak Arduino diterbitkan sebagai software Open Source, tersedia untuk ekstensi oleh pemrogram berpengalaman. Bahasa dapat diperluas melalui perpustakaan C ++, dan orang-orang yang ingin memahami rincian teknis dapat membuat lompatan dari bahasa Arduino ke bahasa pemrograman AVR C yang merupakan dasar penggunaannya.

Demikian juga programer dapat menambahkan kode AVR C secara langsung ke dalam program Arduino  sesuka hati. Selain software, hardwarenya juga open source dan extensible. Arduino menggunakan chipset mikrokontroler ATMEGA8 Atmel dan ATMEGA328P.

Rancangan modul publikasikan di bawah lisensi Creative Commons, jadi perancang rangkaian berpengalaman dapat membuat versi modul tanpa harus terhambat lisensi. memperluasnya dan memperbaikinya.

Bahkan pengguna yang tidak berpengalaman pun dapat membangun versi circuit memotong roti dari modul untuk memahami cara kerjanya dan menghemat uang.

Kekurangan Atau Kelemahan Arduino

Arduino memiliki banyak kelemahan untuk dikembangkan menjadi perangkat yang canggih yang kompleks kendati untuk merancang beberapa kontrol sederhana dan sedang cukup baik. Namun sebagai pemula, kemudahan ini sangat diuntungkan.

Arduino hanya didukung secara resmi pada seri microchip keluaran Atmel AVR dan Atmel SAM. Ada port dan adaptasi ke beberapa MCU seperti ESP8266 atau bahkan seri NRF 51, tetapi sepertinya tidak didukung sepenuhnya. Umumnya Anda terbatas pada Atmel MCUs.

Perpustakaan referensi program Arduino tidak terlalu efisien pada bagian-bagian tertentu dan siklus RAM dan CPU limbah Arduino IDE sangat terbatas serta contoh editor kode yang sangat buruk. Namun hal itu bisa diperbaiki karena dapat diprogram ulang menggunakan editor yang berbeda untuk menulis kode sendiri.

Sebaiknya pergunakan PlatformIO sebagai rangkaian alat bantu dan editor seperti GitHub’s Atom, yang sangat mendukung Arduino. Referensi database Arduino mengendalikan banyak perangkat MCU Anda yang mungkin tidak Anda kenal sekarang. Misalnya, setidaknya menggunakan salah satu penghitung waktu di ATMega Anda. Jika Anda menggunakan referensi lain, atau perlu menggunakan penghitung waktu, terkadang Anda harus memikirkan banyak hal yang tidak dapat dilakukan kerangka Arduino, karena bertentangan dengan apa pun yang Anda butuhkan untuk penghitung waktu. Contohnya adalah PWM dan library SoftPWM.

Diperlukan waktu cukup lama untuk mengetahui bahwa Anda tidak dapat menggunakan semua PWM dan library SoftPWM di ATMega328 secara bersamaan karena keduanya menggunakan penghitung waktu dan menyebabkan kerancuan.

Demikian sekilas tentang definisi, kegunaan, kelebihan dan kekurangan, manfaaat, pengertian, fungsi, cara kerja dan hal berkaitan dengan Arduino serta jenis Arduino yang populer dipasaran.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *