Pengertian Definisi Dan Aplikasi IGBT Dalam Elektronik

WikiKomponen.com – Pengertian Definisi Dan Aplikasi IGBT Dalam Elektronik. Penggunaan dalam Inverter, AC drive, VSD, Servo, Motor Stepper, Power Supply Switching serta vector drive komponen IGBT ( Insulated Gate Bipolar Transistor ) dalam industri permesinan dan peralatan industri sudah sangat banyak dipergunakan.

Pengertian Definisi Dan Aplikasi IGBT Dalam Elektronik

Pengertian IGBT.

IGBT merupakan komponen semikonduktor dengan tiga terminal utama yang banyak dipergunakan sebagai switch yang mengkombinasikan kecepatan switching efisiensi tinggi. IGBT sendiri merupakan transistor yang dirancang dengan impedasi tinggi, sehingga tidak membebani rangkaian control terutama pada bagian driver.

Kelebihan IGBT

Bagian output IGBT memiliki tahanan yang sangat besar saat tidak menghantarkan arus, sehingga arus yang mengalir melaluinya sangat kecil. Sedangkan saat menghantarkan arus, memiliki tahanan yang sangat kecil. Sehingga berfungsi seperti sebuah saklar.

IGBT memiliki kecepatan dan frekuensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan transistor umumnya, karena itu sangat banyak dipergunakan pada pengendali alat penggerak motor.

Kekurangan IGBT

IGBT dijual dengan harga yang sangat mahal, hal ini membuat rancangan mesin menjadi lebih mahal jika menggunakan IGBT sebagai transistor driver. Rangkaian IGBT harus terus menerus disupply dengan voltase sebesar 2 volt untuk walaupun sedang tidak bekerja.

Hal inilah yang menyebabkan mengapa IGBT tidak banyak dipergunakan untuk peralatan elektronik rumah tangga yang memerlukan harga jual yang murah.

Seperti halnya dengan transistor, IGBT juga memiliki polaritas seperti halnya transistor. IGBT terdiri dari jenis Negatif dan Positif Drive.

Bentuk IGBT

IGBT biasanya dipacking dalam bentuk yang kompak. Umumnya IGBT mampu menangani arus antara 150A hingga 3600A. Kemampuan menangani arus yang besar ini membuat komponen tersebut sangat ideal untuk diaplikasikan pada peralatan yang memerlukan beban kerja yang berat seperti mesin industri, kereta api komuter serta berbagai peralatan yang menggunakan daya yang sangat ekstrim terhadap keselamatan.

Pengertian Definisi Dan Aplikasi IGBT Dalam Elektronik

Pengertian Definisi Dan Aplikasi IGBT Dalam Elektronik

Selain pengertian definisi dan aplikasi IGBT dalam elektronik, baca juga artikel tentang cara pengukuran IGBT pada bagian lain dari laman ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *